Skip to main content

DILEMA NASIB PENYULUH PERIKANAN AKIBAT OTONOMI DAERAH

Kapal tertambat

DILEMA NASIB PENYULUH PERIKANAN AKIBAT OTONOMI DAERAH - Diakui atau tidak, pada masa swatantra daerah sekarang ini, pengelolaan Penyuluh Perikanan (dahulu Penyuluh Pertanian Bidang Perikanan) berstatus PNS di tangan pemerintah wilayah masih dilingkupi beragam dilema.

Mulai minimnya akuntabilitas pada penempatan CPNS pasca rekrutmen, rendahnya kompetensi & profesionalisme, hingga perkara dianak tirikan. Disisi lain, jaminan kebebasan berserikat atau afiliasi organisasi di tingkat lokal menjadi persoalan tersendiri.

Persoalan akuntabilitas, diantaranya tercermin berdasarkan masih adanya perseteruan dalam penempatan CPNS sinkron dengan perpaduan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi RI pasca rekrutmen pada banyak sekali wilayah.


DILEMA NASIB PENYULUH PERIKANAN AKIBAT OTONOMI DAERAH



Alhasil, CPNS kumpulan Penyuluh Perikanan hasil rekrutment nir seluruhnya menjadi Calon Penyuluh Perikanan. 

Hal ini terjadi lantaran 2 hal, yang pertama pihak yang bersangkutan lebih memilih kerja kantoran, sehingga mereka menentukan untuk dinas pada SKPD kabupaten, sebagai akibatnya yg bersangkutan pun melakukan upaya-upaya buat mencapai keinginannya tadi.

Yang ke 2, pada sisi lain pihak pemerintah daerah meng-amin-i upaya-upaya ini. Selain itu, beberapa pemda masih menduga eksisitensi penyuluh perikanan masih kurang dibutuhkan di mata sebagian ketua wilayah. 

Formasi yg diusulkan sang pemda ke pemerintah sentra yg seyogyanya merupakan gambaran kebutuhan pada daerah, namun hanya sebagai “komoditas” saja.

“Kita siapkan 8 ribu penyuluh dengan komposisi tiga.188 penyuluh PNS, 1.500 penyuluh PPTK, dan tiga.312 penyuluh swadaya. Dengan jumlah tersebut, pada masing-masing kabupaten akan ada 20-25 penyuluh,” istilah Menteri Kelautan dan Perikanan 

Apabila Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan Penyuluh Perikanan berjumlah kurang lebih 3.188 penyuluh PNS, 1.500 penyuluh PPTK, & tiga.312 penyuluh swadaya, kasus penempatan CPNS pasca rekrutment di daerah ini akan menjadi tantangan akbar buat mencapai asa Bapak Menteri tersebut.

Terkait menggunakan rendahnya kompetensi dan profesionalisme penyuluh perikanan, hal ini diakibatkan masih kurangnya mendapat Pendidikan & Pelatihan (Diklat). Hingga ketika ini, pendidikan dan pelatihan yang masih digulirkan bagi penyuluh perikanan hanya sebatas diklat dasar jabfung tingkat terampil, diklat dasar jabfung taraf ahil, & diklat alih jenjang/ kelompok.
Sedangkan untuk diklat teknis & diklat manajemen hingga sekarang belum pernah diadakan bagi penyuluh perikanan. Di sisi lain, bagi penyuluh yang mempunyai inisiatif melakukan upaya peningkatan kompetensi & profesionalisme terkendala oleh jarak yg nisbi jauh dengan UPT Kementerian yg beredar di seluruh Indonesia, hal ini mengakibatkan biaya  transportasi & akomodasi yang besar .

Terkait dengan masih terjadi anak tiri, hal ini memang nyata terjadi pada beberapa daerah. Penyuluh Perikanan PNS masih dianggap Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) atau masih dipercaya sama dengan Penyuluh Pertanian PNS. Hal ini, menyebabkan masih terjadi Penyuluh Perikanan mendapat daerah kerja/ binaan penyuluhan hanya satu desa.

Hal ini menurut acara Kementerian Pertanian memang buat Penyuluh Pertanian, Satu Desa Satu Penyuluh. Bagaimana seorang penyuluh perikanan bekerja menggunakan cakupan daerah satu desa menggunakan potensi perikanan yg relatif sangat terbatas.

Semua pertarungan yg terjadi, mulai minimnya akuntabilitas pada penempatan CPNS pasca rekrutmen, rendahnya kompetensi dan profesionalisme, sampai masalah dianak tirikan harus menerima perhatian & dicarikan win win solution menurut pemerintah pusat, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, agar asa berakibat Indonesia Penghasil Perikanan Terbesar Tahun 2015 dapat tercapai.

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…