Teknik Pakan Alternatif Budidaya Ikan lele

Teknik Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele - Semakin mahalnya harga pakan ikan tentu saja menghasilkan rasa khawatir akan meruginya para pembudidaya ikan air tawar, termasuk pembudidaya ikan lele. Para pembudiaya ikan lele wajib  memutar otak supaya keuntungan tetap memuaskan. 

Salah  satu caranya artinya dengan membentuk pakan lele yg murah dan  permanen memenuhi kebutuhan pakan lele sampai masa panen tiba.  Seperti kita ketahui bahwa presentasi pemberian pakan mencapai 30 persen dalam kesuksesan seorang pembudidaya ikan lele.

TEKNIK PAKAN ALTERNATIF BUDIDAYA IKAN LELE


Teknik Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele
Teknik Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele
Beberapa pembudidaya ikan yg biasa memberikan pakan komersial buat budidaya ikan mendapat hasil yang mengejutkan setelah mengaplikasikan probiotik. dengan menggunakan probiotik pembudidaya ikan mengaku mampu menekan fcr (feed conversion ratio) pada penggunaan pakan komersial hingga 1 KG buat membuat 1 Kilo Gram ikan. 

Selain itu penggunaan probiotik juga mampu meningkatkan kecepatan saat pemeliharaan. 
Sesuai pengalaman dilapangan menggunakan menggunakan probiotik pertumbuhan ikan menjadi lebih cepat Bila dibanding tanpa probiotik. 

Selain itu tingkat kematian ikan pula mungil serta daging ikan yg dipanennya menjadi lebih padat. Dengan probitotik mampu mendapatkan akibat panen lele dengan kualitas yang baik.  Hal ini pada indikasikan dengan pertumbuhan ikan lebih cepat sebagai akibatnya dapat segera dipanen, berukuran ikan seragam, serta tak bau lumpur atau tanah. 

Probiotik ini dengan mudah bisa diperoleh di toko pakan ternak dengan beberapa brand seperti : em-4, probiofish, migro, raja lele serta lain-lain. 

Menggunakan adonan probiotik serta pelet ini membentuk metabolisme dan  pencernaan ikan sempurna. Sebagian besar , 90% pakan yang masuk ke tubuh akan menjadi daging ikan.

Namun software probiotik pada pakan ikan ini memang menuntut ketelatenan. Pasalnya pembudidaya ikan setiap hari wajib  melakukan pencampuran probiotik dengan pakan ikan. 

Pembudidaya ikan sendiri melakukan pencampuran probiotik dengan pakan ikan ini saat pagi hari yg lalu dipergunakan buat pemberian  pakan pagi dan  sore hari. 
Empat sak pakan (120 Kilo Gram) membutuhkan 1 liter probiotik yang spesifik digunakan buat adonan pakan ikan. 

Meski membutuhkan porto tambahan buat pembelian probiotik tetapi pembudidaya ikan mampu menerima keuntungan yang berlebih sebab biaya  pakan mampu ditekan.  Para pembudidaya ikan yg sudah mengetahui cara pencampuran pakan menggunakan probiotik dan  vitamin c yang benar umumnya semakin konfiden buat terus melakukannya.

Terdapat beberapa keuntungan pencampuran pakan dengan probiotik serta vitamin c ini, yaitu :

Penggunaan pakan lebih ekonomis

Karena sesudah pakan direndam menggunakan probiotik serta vitamin c yg dicampur dengan air menggunakan perbandingan 1 : 1, pakan mampu sebagai dua kali lipat jumlahnya. 

Hal ini sebab pellet dicampur dengan air, vitamin dan  probiotik menggunakan perbandingan pakan serta air 1 dibanding 1. Sebagai akibatnya pakan 1 Kilo Gram mampu sebagai 2 Kilo Gram serta pakan 1 sak (30an Kilo Gram) mampu sebagai 60 Kilo Gram menggunakan pakan yg memuai.

Pakan mampu eksklusif dicerna oleh usus ikan

Perendaman pakan dengan air menyebabkan pellet menjadi lebih lembut dan  lebih simpel untuk dicerna.Tekstur pellet lebih lembut Karena pellet sebelum direndam biasanya cenderung teksturnya lebih keras. Selesainya perendaman teksturnya akan lebih lembut sehingga sebagai mudah buat dicerna dan  diserap nutrisinya sang ikan.

Lebih berhemat tenaga bagi ikan

Dengan tekstur pakan selesainya direndam yg lembut ketika pakan ada didalam usus mampu pribadi dicerna sebagai akibatnya ikan tidak membutuhkan tenaga lebih untuk menghancurkan pellet ini. Pellet yang lembut ini mampu eksklusif diserap oleh saluran pencernaan ikan

Menambah nutrisi pakan

Menggunakan penambahan probiotik, saluran pencernaan ikan akan lebih baik sebab probiotik ini mampu pribadi diserap sekaligus didalam saluran pencernaan ikan ketika pakan dimakan oleh ikan. 

Didalam probiotik ini poly mengandung bakteri yg menguntungkan bagi usus ikan. Begitu jua apabila dicampur dengan vitamin c, daya tahan tubuh ikan mampu meningkat.

Baca Juga ; Budidaya Ikan lele Sistem C-First

Merangsang nafsu makan ikan

Pakar berasal jurusan perikanan ugm ir gandung hardaningsih menguraikan, dari banyak sekali riset, probiotik memang terbukti cantik buat pemeliharaan air kolam serta pemacu pertumbuhan ikan. 

Karena terdapat introduksi mikroba positif maka kolam menjadi lebih sehat dan  ikan pula lebih bertenaga terhadap stres dan  penyakit. Yang absolut, pertumbuhan ikan bisa sangat pesat sebab probiotik pula merangsang nafsu makan.

Opertumbuhan ikan menjadi lebih cepat dampak nafsu makannya meningkat dan  penyerapan pakan bisa lebih aporisma.

Otingkat kematian ikan pula kecil dan  daging ikan yang dipanen menjadi lebih padat

Obagus buat pemeliharaan air kolam sebagai akibatnya air kolam tidak mudah bau karena lumpur diproses secara alami oleh bakteri menguntungkan yg terdapat dalam probiotik tadi.

Baca Juga ; Panduan Lengkap Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Cara penggunaan probiotik

Terdapat 2 cara penggunaan probiotik yg bisa dimanfaatkan pembudidaya ikan buat mendongkrak hasil kolam budidayanya yaitu:

Ke 1 : dipergunakan didasar kolam/diaplikasikan ke air kolam.

Probiotik selain menambah nutrisi pakan ikan pula bisa dipergunakan buat menggemburkan tanah apabila diaplikasikan didasar kolam. Selain penggemburan dasar kolam ini probiotik jua bisa sekaligus memelihara kualitas air saat kolam diisi air nanti. 

Baca Juga ; Tips Terbaik Membuat Pakan Lele ( Pellet ) Alternatif

Terlebih lagi waktu probiotik ini jua diaplikasikan waktu ada air dikolam budidaya. Cara aplikasinya sangat simpel, probiotik ini relatif diguyurkan ke air kolam di pagi hari setiap dua minggu sekali agar air selalu sehat, tidak blooming serta penuh dengan plankton menjadi pakan alami.

Ke 2: dicampur ke pellet (pakan ikan).

Pencampuran probiotik dengan pellet selain buat memacu pertumbuhan ikan sendiri sekaligus pula mampu membentengi dari kemungkinan terkena penyakit atau stres. Karena menggunakan pencampuran probiotik itu ke pakan, pakan pelet ini juga mengandung bakteri-bakteri menguntungkan berasal probiotik tersebut.

Selain di budidaya pembesaran ikan, probiotik pula bisa dipergunakan pada pembenihan dan  pembesaran lele. Dengan pemberian  probiotik, pertumbuhan dan  daya tahan lele menjadi jauh lebih baik serta taraf kematiannya rendah.

Baca Juga ; Tips Budidaya Ikan Lele Agar Sukses

Jadi demikian sekilas wacana pakan murah dengan probiotik. Probiotik ini diibaratkan menjadi benteng pertahanan diri bagi tubuh ikan sebagai akibatnya usahakan diberikan sejak dini. Begitu bibit mau masuk kolam, tiga hari sebelumnya air kolam wajib  diguyur probiotik lebih dahulu agar syarat air cepat matang dan  tumbuh poly plankton. 

Selanjutnya, hadiah probiotik buat pemeliharaan air cukup dua minggu sekali atau waktu syarat air menurun kualitasnya. Cara ini tentunya sangat cantik buat dicoba, dan  buktikan sendiri kegunaannya

Baca Juga ;

0 Response to "Teknik Pakan Alternatif Budidaya Ikan lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close