Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran

Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran - Pada umumnya, para peternak atau pembudidaya ikan lele menjual ikan-ikan yang telah dipanen kepada para tengkulak. setelah dijual bukannya untung malah rugi.

Sebagian besar ada pula yang memasok warung makan dan restoran untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Tetapi apa jadinya kalau harga yang ditawarkan mereka terlalu rendah sehingga membuat kita hanya bisa balik modal atau malah rugi?

Solusinya untuk para petani lele atau pembudidaya lele adalah mengolah ikan lele tersebut menjadi suatu produk yang siap konsumsi agar nilai ekonomisnya naik. Anda harus memperhatikan landasan dasar ini dengan baik sebab percuma kalau olahan ikan lele yang dibuat ternyata tidak mampu memberikan keuntungan yang berarti. Nama juga suatu usaha dan usaha itu harus mendapatkan keuntungan atau propit.


Ingat dalam membuat olahan ikan lele tersebut, Anda tidak hanya mengeluarkan biaya, tetapi juga tenaga dan waktu. Sebisa mungkin jangan mengolah ikan lele menjadi produk yang harganya murah seperti ikan asin. Hindari pula menjadikan ikan lele tersebut sebagai pupuk tanaman. Karena Produk tersebut adalah produk yang harga jualnya lebih murah daripada kita menjual kepada ke tengulak,

Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran antara lain:

Ikan Asap

Jawa tengah memiliki masakan khas yang terbuat dari ikan asap yang disebut mangut. Biasanya digunakan ikan pari yang telah diasapi untuk membuat hidangan yang satu ini. Ternyata eh ternyata, ikan lele juga bisa dibuat menjadi ikan asap lho. Tujuan pengasapan adalah meningkatkan cita rasa dan menimbulkan aroma khas pada ikan tersebut. 

Walaupun harganya lebih mahal daripada ikan lele segar, ikan lele asap terbukti sangat disukai oleh konsumen. Bahkan beberapa orang yang tadinya tidak suka memakan masakan dari ikan lele mengaku doyan dengan ikan lele asap.

Nugget

Nugget pada dasarnya bisa dibuat menggunakan bahan dasar daging apapun. Termasuk daging ikan lele juga bisa diolah menjadi nugget yang lezat. Walaupun proses pembuatannya mudah dan bahan-bahan yang diperlukan pun sederhana, tetapi harga nugget yang mahal akan memberikan keuntungan tersendiri. Agar daya tahannya lebih lama, sebaiknya Anda memasukkan nugget ikan lele yang dibuat ke dalam kemasan kedap udara dan menaruhnya di freezer.

Bakso

Jika biasanya bakso terbuat dari daging sapi atau daging ayam, kini Anda bisa memproduksi bakso yang berbeda karena dibikin dari daging ikan lele. Berbeda dengan pembuatan nugget yang terbilang gampang, Anda membutuhkan beberapa kali percobaan untuk dapat menciptakan bakso yang memiliki rasa enak dan tekstur yang kenyal. Usahakan tekstur bakso ikan lele yang Anda buat mirip seperti bakso sapi atau bakso ayam sehingga konsumen tetap menyukainya.

Abon

Abon ikan lele bisa dijual dengan harga yang cukup mahal di pasar. Selain rasanya yang lezat, abon pun dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama meskipun tidak diletakkan di dalam kulkas. Abon ikan lele juga bisa menjadi teman makan berbagai hidangan. Tak ayal kalau penggemar abon ikan lele ini cukup banyak. Kami akan memberitahukan cara pembuatan abon ikan lele di artikel berikutnya.

Selai

Ikan lele juga bisa diolah menjadi selai yang menggugah selera lho? Selai ikan lele ini nantinya bisa dioleskan pada setangkup roti tawar untuk sarapan. Karena target konsumennya adalah kalangan masyarakat menengah ke atas, Anda harus membuat kemasan produk yang eye catching dan brandable. Pastikan juga rasa selai yang dibuat tetap menonjolkan rasa ikan lele yang berpadu dengan bumbu rempah-rempah yang sedap.

Demikian Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran

Semoga bermanfaat

Silahkan SHARE Agar petani Lele Bisa Sukses

Related Posts:

0 Response to "Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran"