Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran

Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran - Pada umumnya, para peternak atau pembudidaya ikan lele menjual ikan-ikan yang telah dipanen kepada para tengkulak. setelah dijual bukannya untung malah rugi.

Sebagian besar ada pula yang memasok warung makan dan restoran untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Tetapi apa jadinya kalau harga yang ditawarkan mereka terlalu rendah sehingga membuat kita hanya bisa balik modal atau malah rugi?

Solusinya atau pemecahan masalah untuk para petani lele atau pembudidaya lele untuk meningkat kan nilai tambah pada produk ikan lele adalah mengolah ikan lele tersebut menjadi suatu produk yang siap konsumsi agar nilai ekonomisnya naik. 

IDE OLAHAN LELE YANG LARIS DI PASARAN

IDE OLAHAN LELE YANG LARIS DI PASARAN
OLAHAN IKAN LELE

Anda harus memperhatikan landasan dasar ini dengan baik sebab percuma kalau olahan ikan lele yang dibuat ternyata tidak mampu memberikan keuntungan yang berarti. Nama juga suatu usaha dan usaha itu harus mendapatkan keuntungan atau propit.


Ingat dalam membuat olahan ikan lele tersebut, Anda tidak hanya mengeluarkan biaya, tetapi juga tenaga dan waktu. Sebisa mungkin jangan mengolah ikan lele menjadi produk yang harganya murah seperti ikan asin. 

Hindari pula menjadikan ikan lele tersebut sebagai pupuk tanaman. Karena apabila menjual denga menjadika produk pupuk maka bukannya bertambah malah akan mengurangi nilai jual.

Produk pupuk dari ikan lele tersebut adalah produk yang harga jualnya lebih murah daripada anda sebagai petani ikan lele  menjual kepada ke tengulak,

Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran antara lain:

Ikan lele Asap

Jawa tengah memiliki masakan khas yang terbuat dari ikan asap yang disebut mangut. Dalam Pembuata ikan asap Biasanya para pedagang menggunakan bahan dari ikan pari  Dan Ikan Pari selain susah untuk di dapatkan juga saat ini hasil dari perikanan tangkap tak bisa di pastika akan stocknya maka pilihan bisa menggunaka ikan lele sebagai bahan ikan asap. 

Tujuan pengasapan adalah meningkatkan cita rasa dan menimbulkan aroma khas pada ikan tersebut. 

Harga yang di tawarkan oleh produk ikan lele asap jelas lebih mahal dari pada produk ikan lele yang masih segar, Tetapi Peminat akan lele asap menjadikan peluang untuk meningkatkan nilai jual dan bisa menguntungkan para pembudidaya ikan lele.

Bahkan beberapa orang yang tadinya tidak suka memakan masakan dari ikan lele mengaku doyan dengan ikan lele asap.

Nugget ikan lele

Nugget adalah pangan yang populer untuk sebagai lauk dan pada dasarnya dalam pembuatan nugget  bisa dibuat menggunakan bahan dasar daging apapun. 

Bahan tersebut Termasuk menggunakan daging ikan lele juga bisa diolah menjadi nugget yang lezat. 

Walaupun proses pembuatannya mudah dan bahan-bahan yang diperlukan pun sederhana, tetapi harga nugget yang mahal akan memberikan keuntungan tersendiri. 

Dalam Membuat Produk Nugget dari bahan ikan lele maka permasalahan yang sering timbul ada masa lama dari produk tersebut. Untuk Memberi Usia atau ketahanan yang lebih lama maka di perlukan biaya tambahan untuk menyediakan sarana pengawat produk berupa kemasan yang kedap udara dan fasilitas freezer untuk menyimpan produk tersebut.

Bakso ikan lele

Jika biasanya bakso terbuat dari daging sapi atau daging ayam, kini Anda bisa memproduksi bakso yang berbeda karena dibikin dari daging ikan lele. Bakso Dari Olahan Ikan lele bisa di pastikan akan mempunyai rasa yang unik dan khas dari pada bakso yang biasa beredar di pasaran.

Berbeda dengan pembuatan nugget yang terbilang gampang, Anda membutuhkan beberapa kali percobaan untuk dapat menciptakan bakso yang memiliki rasa enak dan tekstur yang kenyal. Usahakan tekstur bakso ikan lele yang Anda buat mirip seperti bakso sapi atau bakso ayam sehingga konsumen tetap menyukainya.

Abon ikan lele

Abon ikan lele bisa dijual dengan harga yang cukup mahal di pasar. Selain rasanya yang lezat, abon pun dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama meskipun tidak diletakkan di dalam kulkas. Abon ikan lele juga bisa menjadi teman makan berbagai hidangan. 

Tak ayal kalau penggemar abon ikan lele ini cukup banyak. Untuk Membuat Abon Ikan lele maka tidak segampang dalam membuat bakso atau nugget karena sifat dari daging ikan lele yang cenderung berair maka dalam pembuatan perlu tekik yang mendetail. 

Dan Kami akan memberikan dan memberitahukan bagaimana cara pembuatan abon ikan lele  selain mudah dan enak hasil di artikel berikutnya.

Selai ikan lele

Ikan lele juga bisa diolah menjadi selai yang menggugah selera lho? Selai ikan lele ini nantinya bisa dioleskan pada setangkup roti tawar untuk sarapan. 

Karena target pasar atau konsumennya adalah kalangan masyarakat menengah ke atas, Anda harus membuat kemasan produk yang eye catching dan brandable. 

Produk selain ikan lele yang terkemas baik maka pembelinya juga akan merasa tertarik untuk membeli produk olahan ikan lele.

Pastikan juga bahwa rasa selai ikan lele yang dibuat tetap menonjolkan rasa ikan lele yang berpadu dengan bumbu rempah-rempah yang sedap.

Demikian Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran

Semoga bermanfaat

Silahkan SHARE Agar petani Lele Bisa Sukses

Post a Comment

Previous Post Next Post