Skip to main content

JENIS OLAHAN IKAN GABUS

JENIS OLAHAN IKAN GABUS - Seperti kita ketahui bersama bahwasanya manfaat akan ikan gabus sangat banyak selain itu usaha ternak gabus menjadi salah satu peluang yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat dan untuk menambah penghasilan yang lebih banyak . 

Dengan berkembangnya produk olahan dalam bentuk makanan olahan dapat meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan dan secara tidak langsung kebutuhan gizi dapat tercukupi. 

Selain itu dengan adanya pengembangan produk olahan dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat karena produk olahan yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis, seperti home industry atau industri dalam skala besar. Salah satu hasil olahan ikan gabus yang dapat dijadikan sebagai produk olahan

JENIS OLAHAN IKAN GABUS 

JENIS OLAHAN IKAN GABUS
JENIS OLAHAN IKAN GABUS
Maka produk Ikan gabus bisa di kembangkan sebagai produk olahan yang mempunyai harga jual lebih tinggi.

Pindang Ikan Gabus

Keripik Ikan Gabus

Ikan Gabus Asap

Kaki naga Ikan Gabus

Nugget Ikan Gabus

Abon ikan Gabus

Bakso Ikan Gabus

Siomay Ikan Gabus

Dan Masih banyak lagi produk Olahan lain nya.

Ikan Gabus dalam hal ini merupakan primadona dalam hal penyembuhan penyakit tulang. Dan kebanyakan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan gabus secara langsung merasa enggan di karenakan bentuk dari Ikan Gabus yang menyerupai Ular.

Sedangkan Untuk cara pengolahan nya sama dengan pengolahan produk produk perikanan yang lainnnya semisal ikan lele, gurame dan lain nya.

Ikan gabus merupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai kandungan gizi tinggi. Komposisi kimia daging ikan gabus bahan adalah 

- air 69 g, 

- kalori 74 kal, 

- protein 25,2 g, 

- lemak 1,7 g, 

- karbohidrat 0 g, 

- Ca 62 mg, 

- P 176 mg, 

- Fe 0,9 mg, 

- vitamin A150 SI dan 

- vitamin B1 0,04 mg.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi yaitu sebesar 25,2 g, ikan gabus juga mempunyai kandungan albumin yang tidak ditemukan pada ikan lainnya seperti ikan lele, ikan nila, ikan mas, dan ikan gurami. Fraksi protein yang terdapat pada ikan cod, ikan haddock, ikan hiu dan ikan gabus mengandung 16-22% albumin.

Albumin digunakan untuk meningkatkan tekanan osmotik plasma, menghindari timbulnya sembab paru – paru, gagal ginjal, sirosis hati, penyakit gastrointestinal dan carrier faktor pembekuan darah. 

Albumin mampu mengikat toksisitas logam berat dan obat – obatan yang tidak mudah larut seperti aspirin dan obat tidur, mencegah sel darah merah pecah dan pengangkut molekul–molekul kecil melewati plasma dan cairan utama ekstrasel.




Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…