Skip to main content

PROSES PENGOLAHAN CHIKUWA YANG ENAK DAN GURIH

Proses Pengolahan Chikuwa - Chikuwa bentuknya silinder mungil dengan warna kecokelatan di bagian tengahnya. Makanan ini dibuat dari adonan ikan, gula dan putih telur kemudian dibalutkan pada bambu atau pipa dan dipanggang hingga matang. Rasanya kenyal dan gurih mirip bakso ikan. 

Chikuwa ini adalah bahan makanan Jepang berupa olahan daging ikan berbentuk seperti tabung. dan bagian makanan beku dan mudah didapat di supermarket. 
Chikuwa bisa diolah sebagai campuran sup, ditumis atau dijadikan campuram hot pot. Saat membeli pilihlah yang bentuknya bagus dan sama besar. 

Daripada Membeli Chikuwa ,kita juga bisa membuatnya sendiri apabila mengerti dan mengetahui proses pengolahan dan pembuatannya.

Apabila pembutan chikuwa terlalu banyak maka tidak perlu khawatir karena Jika tak habis diolah simpan dalam lemari es atau freezer. Dan Bila sudah tersimpan maka suatu saat bisa kita masak lagi.

Chikuwa dibuat dari bahan surimi yaitu olahan daging ikan yang dicampur garam, gula, tepung, monosodium glutamat, dan putih telur. 

Baca Juga ; Syarat Ekspor Tilapia Ke Amerika Serikat

Setelah semua bahan dicampur rata, maka adonan dililitkan pada batang bambu kecil atau batang logam, lalu dikukus atau direbus. Istilah chikuwa bermakna "cincin bambu", merujuk kepada bentuknya setelah diiris.

Contoh populer variasi produk olahan surimi lainnya adalah kamaboko dan satsuma age. Tingkat konsumsi chikuwa реr rumah tangga di Tottori adalah yang tertinggi di Jepang selama 30 tahun terakhir. 
Karena harganya yang murah, bergizi, kandungan proteinnya cukup tinggi, serta rendah lemak, chikuwa populer sebagai kudapan di Jepang.

Semua jenis daging ikan putih dapat menjadi bahan surimi  dan bisa di olah menjadi chikuwa

PROSES PENGOLAHAN CHIKUWA

PROSES PENGOLAHAN CHIKUWA YANG ENAK DAN GURIH
Proses pembuatan Chikuwa pada dasarnya terdiri dari empat tahap, yaitu pengadonan,
pencetakan, pengukusan, dan pembakaran.

1. Pengadonan atau pencampuran Bahan Bahan

Proses pengadonan ini diawali dengan mencampurkan surimi Sebagai bahan pokok dengan garam, gula, maizena 

Dan pencampuran bahan bahan tersebut dalam konsentrasi yang berbeda yaitu 0%, 0,5%, 1%, 1,5%,dan 2% selanjutnya yang terakhir putih telur dicampur secara homogen. 
Pengadonan atau pencampuran bahan bahan harus benar-benar diperhatikan tingkat homogenitasnya karena akan mempengaruhi penampakan maupun tekstur dari produk akhir. 

Semakin Pas Pencampuran dan pengadonannya maka testur yang di dapatkannya akan semakin lembut dan halus

Bumbu yang ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan konsistensi nilai gizi, cita rasa, mengendalikan keasaman dan kebasaan, serta membentuk rupa produk serta memperpanjang masa simpan dan bukan merupakan bahan utama ( Winarno, 2008 ).

2. Pencetakan

Adonan chikuwa yang sudah merata kemudian dicetak dengan stik bambu dengan banyak adonan ± 15 gram. Adonan diratakan dulu dengan menggunakan plastik agar lapisannya lebih halus agar permukaannya lebih merata.

3. Pengukusan

Chikuwa yang telah dililitkan dengan stik bambu kemudian dikukus. Pengukusan ini bertujuan untuk lebih mematangkan produk dan mengurangi atau meminimaliskan jumlah bakteri yang ada pada daging ikan. 

Pengolahan bahan pangan yang memamfaatkan panas merupakan salah satu cara yang paling penting yang telah dikembangkan untuk memperpanjang umur simpan bahan pangan dan meningkatkan kelezatan makanan. Proses
pemanasan yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpan bahan pangan adalah pengukusan, pasteurisasi dan pensterilan. Sedang proses yang bertujuan meningkatkan kelezatan makanan adalah proses pemasakan (Harris, 1989).

Sebelum dilakukan pengukusan, panci pengukusan dipasang alat thermostat, thermometer digital dan heater untuk mendapatkan suhu yang diinginkan dapat tercapai dan stabil. 

Langkah pertama panci dipanaskan sampai suhu yang dikehendaki, setelah suhu stabil produk dimasukkan ke dalam panci. Lama proses pengukusan terjadi 15 menit, dan suhu70o

4. Pembakaran


Pembakaran chikuwa ini dilakukan dengan membolakbalikkan chikuwa yang telah dililitkan dengan stik bambu di atas kompor yang dilapisi dengan loyang diatasnya. Proses pembakaran ini dilakukan untuk menciptakan aroma yang khas dari chikuwa itu sendiri. 

Pembakaran chikuwa merupakan suatu cara pengolahan atau pengawetan dengan memanfaatkan pemberian senyawa kimia alami dari pembakaran bahan bakar alami. 
Melalui proses pembakaran akan terbentuk senyawa asap dalam bentuk uap butiran – butiran serta dihasilkan panas. Asap inilah yang menjadikan chikuwa akan sedikit menarik dan mempunyai rasa yang khas

Melalui pembakaran akan terbentuk aroma dan rasa yang khas pada produk dan warnanya menjadi kecoklatan. Pada pembakaran ini biasanya menggunakan suhu di atas 1000C dengan waktu beberapa menit (Winarno,1980).

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…