Skip to main content

TANAMAN UNTUK HAMA DAN PENYAKIT IKAN

Tanaman Untuk Hama Dan Penyakit Ikan - Pengelolaan perikanan khusunya perikanan budidaya terletak pada bagaimana kita bisa secara baik dapat menjaga kualitas air agar tetap stabil, Mengurangi tingkat Kematian dan bisa mempercepat Pertumbuhan ikan agar bisa cepat di panen. 

Selama ini Kematian Ikan di sebabkan oleh kualitas air yang jelek dan adanya penyakit dan hama yang menyerang ikan.

Berbicara tentang Kualitas air, kita bisa melalukam dengan Misalnya, mengelola air dengan membuang air sekitar sepertiga volume air setiap hari  dan usahakan air tidak kemasukan limbah dari luar seperti sabun dan limbah rumah tangga karena akan membuat kualitas air akan cepat rusak dan membunuh ikan. 

dan menjaga masuknya polutan juga akan mencegah timbulnya masalah kualitas air.

Untuk mempercepat pertumbuhan bisa di lakukan dengan Memberikan pakan tepat dosis, Atur juga bagaimana mengatur kepadatan tebar serta bisa mengelola  pengurangan tentang bagaimana ikan terhindar dari penyakit


Cara lain untuk meningkatkan kualitas air bisa di lakukan dengan penggunaan tanama men. Istilahnya perikanan herbal, perikanan yang menggunakan bahan bahan alami. Selain bahannya gampang di cari juga harga nya tidak membebani para pembudidaya.

Manfaat dari penggunaan tanaman di karenakan Kandungan kimia yang terkandung di  selain untuk memperbaiki kualitas air, juga bisa berfungsi untuk meningkatkan imunitas ikan atau daya tahan tubuh ikan, bisa juga mengobati penyakit pada ikan dan membunuh parasit parasit dan virus didalam kolam atau bisa memsterilkan air pada kolam baru di buat atau lama.

Tanaman herbal yang bisa di kelola sebagai bahan pestisida pada ikan dapat membantu masyarakat pembudidaya ikan untuk mengembangkan pengendalian dalam pengelolaan kualitas air pada budidaya ikan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber daya setempat yang terdapat dilingkungannya.

Tanaman Untuk Hama Dan Penyakit Ikan

A. Tanaman untuk Meningkatkan Kualitas Air

Ada berapa tanaman yang bisa di gunakan untuk meningkat parameter kualitas air. Berbagai teknik dan cara sering dilakukan para pembudidaya ikan untuk meningkatkan kualitas air, seperti memupuk. 

Tanaman Untuk Hama Dan Penyakit Ikan
Dengan teknik pakan alami seperti itu maka fitoplankton dan zoopflankton akan tumbuh subur. 

Beberapa Jenis tanaman yg bisa di gunakan atau dipakai dalam peningkatan Parameter kualitas air adalah sebagai berikut :

1. Tanaman Lempesan (Scutellaria discolor)

a. Kandungan Kimia : daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri

b. Bagian yang Digunakan : daun dan batang

c.
Cara Penggunaan

Untuk mencegah penyakit pada ikan menggunakan tumbuhan lampesan maka Bagian yang penting untuk meningkatkan kualitas air adalah kulit batang.  Kulit Batang inilah yng akan mengundang banyak zooplankton karena adanya pakan.


Cara pertama adalah potong tanaman ini sebanyak 30 Kg untuk kolam seluas 50 m2, jadi Misalnya Luas Kolam 2 x 5 atau 10 meter persegi maka penggunaan tumbuhan lampesan sebanyak 6 Kg


Setelah di potong lalu kulit batang tumbuhan lampesan dijemur selama 6 jam di terik matahari hingga layu. 


Setelah itu, masukan batang Lampesan ke kolam selama 2-3 hari. Biarkan saja kulit batang lampesan di dalam air karena dengan sendiri batang tersebut akan semakin mengecil


Batang kulit lampesan akan hancur sampai tersisa bagian kayu yang keras. Air kolam  akan berubah menjadi berwarna kehijau hijauan dan menumbuhkan fitoplankton sebagai makanan zooplankton.


Penggunaan Lampesan juga bisa mengurangi Tingkat Derajat keasaman air yang terlalu tinggi. Dimana asam yang tinggi akan berakibat buruk pada budidaya ikan khusunya  pertumbuhan ikan, seperti nafsu makan ikan kurang.  


2. Tetean (Durante repens)

Daun Tetean Berfungsi memperbaiki kualitas air 


a. Kandungan Kimia : daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol dan minyak asiri.


b. Bagian yang digunakan : batang dan daun


c. Cara penggunaannya ;


Pertama caranya, potong batang dan daunnya sebanyak 20 kg untuk kolam seluas 100m2.
Lantas batang dan daun yang telah terpotong di lakukan Perendaman dilakukan selama 5 hari.


Tanaman jenis ini selain menjaga kualitas air juga berfungsi dapat mengobati ikan stres dengan cara ambil 20 kg tetean untuk luas dasar kolam berukuran 24 m2.


Untuk Penanganan Stress Ikan, perendaman cukup di lakukan selama 2 hari yang ditandai air berwarna kehijau-hijauan

penebaran Bibit dilakukan setelah bibit di rendam dengaan tanaman tetean. Bibit ikan direndam selama 4 jam, kemudian dapat ditebar kekolam.

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…