Skip to main content

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN- Dalam pengelolaan kesehatan ikan, terdapat dua kegiatanyaitu pencegahan penyakit yaitu tindakan yang dilakukan sebelum terjadipenyakit dan kontrol (pengobatan) terhadap penyakit, yang merupakan kegiatan setelah ditemukan adanya penyakit pada tubuh ikan.

Cara pencegahan lebih disarankan untukdilakukan karena cara ini akan menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan,dibandingkan jika kita lakukan pengobatan. 


Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah:

a.  Mengelola kualitas air agar tetap pada kondisi optimal, agar ikan terhindar dari stress

b. Menjaga kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan sehingga ikan terjaga kesehatannya

c.  Melakukan sanitasi dan desinfeksi wadah dan alat yang digunakan.

d.  Melakukan karantina terhadap ikan yang baru masuk ke daerah pemeliharaan

e.  Mengisolir ikan yang terlihat ada gejala penyakit secara visual

f.  Mencegah penyakit dengan menambah bahan anti parasitik atau anti bakterial secara rutin/periodik.

Dan Cara pencegahan penyakit ikan yang baik tentu akan  memberikan keuntungan yang besar bagi pembudidaya.

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN
Apabila terpaksa dilakukan pengobatan ikan, makan perlu diperhatikan beberapa hal penting berikut ini, yaitu:

a.     Volume air

Volume air yang dipergunakan untuk pengobatan harus diukur atau diperhitungkan, karena akan mempengaruhi jumlahobat yang dipergunakan.  

Untuk efisiensi sebaiknya digunakan volume air yang kecil tetapi dilengkapi dengan aerasi yang memadai untuk menghindari terjadinya kekurangan Oksigen. Dan Cara tersebut termansuk dalam Cara pengelolaan Kualitas Air

b.    Jumlah Ikan

Jumlah ikan yang akandiobati juga harus diperhatikan, karena obat yang diberikan cenderungmemberikan dampak stress pada ikan, sehingga kebutuhan kadar oksigen dalammedia perlu ditambahkan dengan pemberian aerasi.

c.    Wadah Yang Digunakan

Sebelum melakukan pengobatan, harusdipilih wadah yang akan digunakan, yang berhubungan dengan volume air yangdigunakan untuk pengobatan dan jumlah obat menurut dosis yang digunakan.

d.    Penyakit Yang Menyerang

Sebelum melakukan pengobatan, harus diketahui dahulu jenis penyakit yang menyerang ikan, untuk menentukan jenis dan dosis obat yang akan digunakan.  

Jenis penyakit dapat diketahui dari gejala yang terjadi maupun melalui pengamatan secara makroskopis dan mikroskopis.  

Jika tidak memungkinkan untuk menentukan organisme penyebab menggunakan mikroskop,  gejala penyakit yang terlihat secara visual dapat menjadi pedoman bagi peternak yang telah berpengalaman.  Mencegah Penyakit pada budidaya ikan akan lebih baik dari pada pengobatan setelah sakit.

e.    Jenis dan Dosis Obat

Setelah diketahui jenispenyakit yang menyerang dan  penyebabpenyakit, barulah kita dapat menentukan obat dan dosis obat yangdigunakan.  

Keberhasilan pengobatan antara lain ditentukan oleh faktor ini selain tingkat keganasan dari penyakityang terjadi.  Sebagai pertimbangan lainadalah biaya produksi yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengobatan.  Obat harus dipilih yang efisien dan efektif kegunaannya.

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…