Pembuatan Kolam Terpal

Pembuatan Kolam Terpal

Penggunaan kolam terpal untuk budidaya ikan memang telah mnjadi tren. Karena dalam budidaya ikan, media kolam mempunyai peranan yang penting.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan kolam terpal sebagai media. Selain pembutannya gampang juga dalam hal pengawasan bisa lebih mudah.
Untuk membuat kolam sebagai media budidaya ada beberapanhal yang perlu di perhatikan. Dalam proses pembuatan, tahapan tahapan yang harus di lalui diantaranya :

- persiapan lahan

Alasan penggunaan kolam terpal salah satu adalah karena keterbatasan laham. Dan untuk memulai sebuah budidaya lahan menjadi faktor penentu tingkat keberhasilan.

Sebelum memulai membuat kolam dari terpal, hal yang perlu di perhatikan adalah persiapan lahan. Lahan yang baik untuk budidaya adalah lahan yang sesuai dengan syarat syarat akan penntun lahan. Hal yang di perhatikan diantaranya :
- pembuangan limbah air gampang
- jauh dari pemukiman
- jauh dari pembuangan air limbah rumah tangga
- dan tidak tertutupi oleh bangunan alias lahan langung bisa terkena sinar matahari.

2. Tentukan jumlah kolam terpal yang akan di buat

Setelah kita mengetahui akan luas dari lahan yang akan kita buat unyik sebagai tempat kolam terpal selanjutnya kita mentukan jumlah kolam lele yang akan kita buat.

Ideal dalam sistem budidaya seharusnya kita minimal mempunyai dua kolam terpal dengan alasan apabila di saat sudah mulai proses penyotiran mka fungsi dari kedua kolam terpal adalah satu untuk ikan yang cepat berkembang dan satu untuk tempat ikan yanhg susah berkembang.

3. Tentukan ukuran kolam

Setelah mengetahui luas lahan langkah selanjutnya adalah menentukan luas kolam terpal yang akan di buat. Semisal luas lahan ada 8 x 8 maka kolam luas kolam terpal yang di buat sebesar 7 x 7 untuk dua kolam. 

Tujuan tidak membangun seluruh luas lahan karena kita membutuhkan tempat untuk disaat pemberin paka. Teknik pemberian pakan yang baik adalah merata.

4. Menentukan kebutuhan terpal

Ada beberapa ukuran ukuran terpal yng ada di pasaran. Jadi penentuan pembuatan kolam jug harus memperhatikan ukuran ukuran terpal yang ada di pasaran.

Ukuran ukuran terpal ang ada di pasaran antara lain ;
- Terpal ukuran 2x 1
- Terpal ukuran 3x4
-  Terpal ukuran 5x6
- Terpal ukuran 6x8
Dan lain sebagainya. 

Semisalnya adi kita akan membangun luas lahan dengan luas 7 x 7 maka kebutuhan akan terpal sejumlah 9x9,dan di tengah 2 di buatkan sekat pemesiah agar menjadi 2 kolam

- pembuatan kolam terpal

* ratakan tanah  dan salah satu pojok kolam di buat lebih cekung tujunnya agar di saat pemanenan maka ikan akan berkumpul di atas cekungan tersebut.

* pemangan paralon dengan tujuan untuk membuang air di saat panen atau di saat akan mengganti air.

* pembuatan tepian kolam dengan maksud agar ada penahan di saat kolam terpal di isi air maka tekanan kolam bisa di tahan dengan tepian kolam. Untuj tepian kolam bis di buat dengan bambu, kayu atau tanah yang dileyakan di lauar sebagai sandaran terpal dan penahan air.

Demikian artikel yang sedikit ini semoga bisa membantu para pembudiaya dalam hal pebuatan kolam terpal.


Pembuatan Kolam Terpal






close
Pembuatan Kolam Terpal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar: