Skip to main content

CARA PEMBUATAN KOLAM TERPAL

Pembuatan Kolam Terpal

Penggunaan kolam terpal untuk budidaya ikan memang telah mnjadi tren. Karena dalam budidaya ikan, media kolam mempunyai peranan yang penting.

Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan kolam terpal sebagai media. Selain pembutannya gampang juga dalam hal pengawasan bisa lebih mudah.


Pembuatan Kolam Terpal
kolam terpal
Untuk membuat kolam sebagai media budidaya ada beberapanhal yang perlu di perhatikan. Dalam proses pembuatan, tahapan tahapan yang harus di lalui diantaranya :

- persiapan lahan

Alasan penggunaan kolam terpal salah satu adalah karena keterbatasan laham. Dan untuk memulai sebuah budidaya lahan menjadi faktor penentu tingkat keberhasilan.

Sebelum memulai membuat kolam dari terpal, hal yang perlu di perhatikan adalah persiapan lahan. Lahan yang baik untuk budidaya adalah lahan yang sesuai dengan syarat syarat akan penntun lahan. Hal yang di perhatikan diantaranya :
- pembuangan limbah air gampang
- jauh dari pemukiman
- jauh dari pembuangan air limbah rumah tangga
- dan tidak tertutupi oleh bangunan alias lahan langung bisa terkena sinar matahari.

2. Tentukan jumlah kolam terpal yang akan di buat

Setelah kita mengetahui akan luas dari lahan yang akan kita buat unyik sebagai tempat kolam terpal selanjutnya kita mentukan jumlah kolam lele yang akan kita buat.

Ideal dalam sistem budidaya seharusnya kita minimal mempunyai dua kolam terpal dengan alasan apabila di saat sudah mulai proses penyotiran mka fungsi dari kedua kolam terpal adalah satu untuk ikan yang cepat berkembang dan satu untuk tempat ikan yanhg susah berkembang.

3. Tentukan ukuran kolam

Setelah mengetahui luas lahan langkah selanjutnya adalah menentukan luas kolam terpal yang akan di buat. Semisal luas lahan ada 8 x 8 maka kolam luas kolam terpal yang di buat sebesar 7 x 7 untuk dua kolam. 

Tujuan tidak membangun seluruh luas lahan karena kita membutuhkan tempat untuk disaat pemberin paka. Teknik pemberian pakan yang baik adalah merata.

4. Menentukan kebutuhan terpal

Ada beberapa ukuran ukuran terpal yng ada di pasaran. Jadi penentuan pembuatan kolam jug harus memperhatikan ukuran ukuran terpal yang ada di pasaran.

Ukuran ukuran terpal ang ada di pasaran antara lain ;
- Terpal ukuran 2x 1
- Terpal ukuran 3x4
-  Terpal ukuran 5x6
- Terpal ukuran 6x8
Dan lain sebagainya. 

Semisalnya adi kita akan membangun luas lahan dengan luas 7 x 7 maka kebutuhan akan terpal sejumlah 9x9,dan di tengah 2 di buatkan sekat pemesiah agar menjadi 2 kolam

- pembuatan kolam terpal

* ratakan tanah  dan salah satu pojok kolam di buat lebih cekung tujunnya agar di saat pemanenan maka ikan akan berkumpul di atas cekungan tersebut.

* pemangan paralon dengan tujuan untuk membuang air di saat panen atau di saat akan mengganti air.

* pembuatan tepian kolam dengan maksud agar ada penahan di saat kolam terpal di isi air maka tekanan kolam bisa di tahan dengan tepian kolam. Untuj tepian kolam bis di buat dengan bambu, kayu atau tanah yang dileyakan di lauar sebagai sandaran terpal dan penahan air.

Demikian artikel yang sedikit ini semoga bisa membantu para pembudidaya Ikan dalam hal pebuatan kolam terpal.

Pembuatan Kolam Terpal

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…