Cara Menangkap Ikan Sidat

Cara Menangkap Ikan Sidat
Ikan Sidat
Cara Menangkap Ikan Sidat - Jenis Ikan Sidat adalah Ikan yang berbentuk seperti Belut dan Cara menangkapnya tidak langsung menggunakan tangan. Penangkapan Sidat bertujuan terkadang untuk di gunakan sebagai benih sebagai sarana dalam Budi daya ikan Sidat.

Ada dua Cara menangkap sidat dan cara tersebut di pastikan berhasil asal memang di tempat tersebut banyak terdapat ikan sidat. Dan Cara nya Antara Lain :

1. Cara Menangkap Ikan Sidat Dengan Pancing

Langkah pertama yang harus kalian punya merupakan alat-alat untuk memancing ikan tersebut alatnya adalah:
1.Senar atau kenur kira-kira panjangnya 3 atau 4 meter.
2. Ember akbar atau semacamnya.
3. Tongkat kecil kira-kira sebesar jempol atau bunda jari yang panjangnya kurang lebih satu meter .
4. Umpan. Dan umpannya adalah cacing .

Kalian harus cari cacing sebesar mungkin, sampai 20 atau 30 ekor , caranya merupakan : kenur yg panjang 3 meter itu ujungnya di kasih penitih atau penusuk menggunakan cara di talikan , sanggup di buat dari bambu atau sapu lidi atau sejenisnya kira-kira satu jengkal .
Lalu penusuk yang telah pada talikan dengan kenur, tusukan ke cacing berdasarkan ujung kepalanya sampai ujung ekornya secara berurutan .
& apabila sudah jadi, talukan umpan yg telah pada buat di ujung tongkat dengan cara pada belit-belit ;

Cara membelitkan ketongkat adalah: ujung kenur yang sudah pada pasang umpan ( cacing ) di talikan ke ujung tongkat ulurkan 2 umpan cacing lalu talikan lagi terus menerus sampai kelar.
Apabila umpannya sudah jadi lalu bawa ke selokan atau kali ( sungai ) yg terdapat ikan sidatnya, kemudian celupkan ke dasar kali sembari pada pegang ujung tongkatnya, tunggu sampai ada yg memakannya. Umumnya tida usang paling 10 atau 15 mnt ikan sidat  sudah poly yang mendekat.

Bila umpannya telah ada yang makan kemudian angkat menggunakan kencang tapi jangan terlalu kencang kemudian di masukan ke wadah ember atau semacamnya yang telah pada sediakan . Kemudian celupkan lagi ke dasar kali terus menerus



2. Cara Menangkap Ikan Sidat Dengan Perangkap / Bubu

Konstruksi

Bahan untuk bubu paralon adalah paralon yang biasa dipakai untuk keperluan saluran air menggunakan berdiameter antara 10-15 cm, panjang antara 60-80 cm atau tergantung impian masing-masing yg akan mengoperasikannya, pintu masuk bisa dibentuk berdasarkan plastik atau anyaman bambu sedangkan pengikat pintu masuk bisa dibuat berdasarkan ban pada bekas dengan lebar I-2 cm.

Metode operasi

Pemasangan bubu pada perairan, bisa dipasang satu demi satu lalu diuntai atau dipasang 2 atau tiga bubu pada satu ikatan kemudian dipasang menggunakan cara diuntai dengan jeda satu dan lainnya antara 5-6 m. Metode pengoperasiannya merupakan dengan cara memasang bubu pada perairan yang diperkirakan poly dihuni sang jenis ikan yang akan dijadikan target tangkapan, baik secara tunggal juga dipasang secara beruntai. Pemasangan bubu di perairan bisa dilakukan menjelang matahari terbenam.

Dan diangkat keesokan harinya dipagi han. Jumlah bubu yg akan dipasang sebaiknya diadaptasi dengan akbar kecilnya bahtera & kemampuan orang yang akan mengoperasikannya.

close
Cara Menangkap Ikan Sidat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar: