Jenis Ikan Nila

JENIS IKAN NILA -  Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Nile Tilapia.
Populasi ikan nila terbanyak telah ditemukan di kolam-kolam ikan di Chad dan Nigeria. Ikan nila ini telah tersebarluas ke berbagai daerah hinggga saat ini karena adanya campur tangan oleh manusia, mulai dari Benua Afrika, Asia, Amerika, Australia, dan Eropa.

JENIS IKAN NILA

jenis ikan nila
jenis ikan nila

Ikan Nila awalnya dimasukkan ke dalam jenis Tilapia Nilotica atau ikan dari golongan Tilapia yang tidak mengerami telur dan larva dalam mulut induknya, seiring perkembangan waktu, para ahli perikanan memasukkannya ke dalam jenis Sorotherodon niloticus atau kelompok ikan Tilapia yang mengerami telur dan larvanya di dalam mulut induk betina dan jantan.
Pada akhirnya, diketahui bahwa hanya betina saja yang mengerami telur di dalam mulutnya. Kemudian para pakar perikanan memutuskan nama ilmiah yang cocok untuk ikan ini adalah Oreochromis Niloticus atau Oreochromis Sp.

Jenis Jenis Ikan Nila Yang Cepat Besar

Ikan Nila Srikandi

Menteri kelautan dan perikanan telah merilis Jenis ikan nila srikandi pada tahun 2012, dimana balai penelitian pemuliaan ikan (BPPI) telah menghasilkan ikan nila jenis srikandi dan keunggulan dari ikan nila jenis ini yaitu tahan terhadap berbagai macam jenis penyakit dan sangat cocok bila di budidayakan di air payau.

Ikan Nila Sila Best

Ikan Nila Sila Best juga memiliki beberapa keunggulan yang lebih baik bila dibandingkan dengan ikan nila lokal yang biasa di budidayakan di masyarakat pada umumnya, dan ikan ini memiliki daya tahan penyakit mencapai 140 %, Fekunditas 3 sampai 5 kali, sedangkan sintasan nya dari 84,4 hingga 93,3% dan nilai tersebut dipercaya oleh beberapa pembudidaya lebih tinggi 8% bila di bandingkan dengan ikan nila lokal.

Selain itu ikan nila jenis ini juga mempunyai keunggulan yang menguntungkan bagi para peternak ikan nila. Bagaimana tidak, jika ikan nila lokal yang biasa di budidayakan oleh masyarakat memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk mencapai berat tubuh sekitar 400 -500 gram/ekor, Namun untuk ikan nila jenis ini hanya membutuhkan waktu 4 bulan saja.

Ikan Nila Gesit

Ikan nila jenis gesit ini sama juga dengan ikan nila yang biasa di budidayakan oleh masyarakat pada umum nya.  Untuk mendapatkan berat tubuh mencapai 400 – 500 Gram/ekor nya memerlukan waktu selama 6 bulan, namun ikan ini sangat lincah dan gesit geraknnya sesuai dengan nama nya.

Ikan Nila Nirwana

Ikan nila nirwana merupakan ikan nila yang berhasil di kembangkan oleh Balai Benih Ikan Wanayasa Purwakarta Jawa Barat. Keunggulan dari ikan nila nirwana yaitu dapat tumbuh dengan cepat yaitu untuk mencapai bobot sekitar 1 kg hanya memerlukan waktu selama 6 bulan saja.

Baca Juga ;

- Budidaya Ikan Nila Di Kolam Beton

- Budidaya Ikan Nila Di Lahan Sempit

Ikan Nila Larasati

Ikan nila jenis Nila Larasati ini merupakan ikan nila hasil persilangan antara ikan nila dan hitam ikan nila merah. Ikan nila ini mempunyai keunggulan yang cukup bagus dan bermanfaat, yaitu dapat berkembang dengan cepat dan memiliki daging yang lebih banyak bila dibandingkan engan ikan nila lainnya.

Ikan Nila Jatimbulan

Unit pelaksana teknis PBAT Jawa Timur telah melakukan rekayasa terhadap ikan nila dan menghasilkan ikan nila jenis baru yaitu ikan nila jatimbulan. Keunggulan dari ikan nila jatimbulan yaitu mempunyai rasa daging yang lebih kenyal dan pertumbuhan ikan ini juga lebih cepat bila di bandingkan dengan ikan nila lokal.

Banyaknya para pembudidaya yang  lebih leluasa dalam memilih  jenis ikan nila unggul dan menetapkan jenis lokasi yang cocok dengan ekosistem setempat, pemanfaatan hasil, dan proses pemasaran. Harga jual ikan nila pun tergolong tinggi yakni sekitar Rp. 25.000, – Rp. 35.000,-. 

Baca Juga;

- Cara Mudah Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Panen

- Perbedaan Ikan Mujaer Dan Ikan Nila

0 Response to "Jenis Ikan Nila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close