Pakan Alami Ikan Mas

PAKAN ALAMI IKAN MAS - Ikan Mas Adalah salah satu Ikan Air Tawar Yang dari dahulu merupakan Jenis Ikan Favorit masyarakat Indonesia. Selain rasa nya yang enak, Ikan Mas Juga Merupakan Ikan Yang Banyak Dagingnya.

Selain itu Secara Ekonomis, Budidaya Ikan Mas sangat menguntungkan sehingga Fakta ini lantas membuat harga ikan mas di Indonesia cukup tinggi dan tergolong stabil. Dan Menjadikan Ikan Mas salah satun komoditas yang cukup menjanjikan. Budidaya ikan mas sampai saat ini mempunyai potensi keuntungan yang begitu besar. Para pembudidaya ikan pada umumnya merawat dan memelihara ikan mas ini di tambak-tambak khusus. 

Para pembudidaya kebanyakan memberinya makanan ikan mas berupa pakan buatan untuk mempercepat proses pertumbuhan ikan mas. Walaupun sebenaranya pemberian pakan buatan akan menambah biaya cost produksi tetapi karena kebanyakan pembudidaya tidak banyak yang mengetahui tentang Pakan alami ikan mas yang cocok itu apa saja.

PAKAN ALAMI IKAN MAS

pakan ikan mas
pakan ikan mas

kesempatan Peluang untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar manakala ikan-ikan mas yang dibudidayakan sejak dari kecil tersebut mampu tumbuh dengan pesatnya dalam waktu yang singkat hingga mencapai bobot yang ideal untuk dijual ke pasar. 

Tetapi apabila biaya cost produksi tersebut bisa di tekan bukan tidak mungkin pembudidaya akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah.Pemakaian pakan buatan untuk ikan mas memang terbukti mampu meningkatkan kecepatan pertumbuhannya. Tetapi semakin mahalnya harga pakan ikan mas buatan akhir-akhir ini membuat biaya produksi semakin tinggi. 

Bahkan di beberapa tempat, harga pakan buatan terhitung sangat mahal hingga membuat petani akan merugi jika terus-menerus menggunakannya.  Satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah tersebut yakni menggunakan pakan alami  ikan mas yang notabene harganya lebih murah sehingga biaya produksi dapat ditekan.

Cacing Tanah

Penggunaan Cacing Tanah Sebagai Pakan alami Ikan mas Sudah sangat banyak di praktekan di sentra sentra perikanan. Hampir semua ikan menyukai cacing tanah sebagai makanannya. 

Apalagi ikan mas yang merupakan binatang omnivora dan mempunyai kebiasaan makan yang rakus sekali. Cacing tanah untuk pakan ikan banyak mengandung protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan mas. 

Selain itu Cacing tanah bisa di dapatkan dengan mudah hanya perlu alat cangkul untuk mencarinya, karena cacing tanah bisa di temukan di tempat sampah, tanah yang gembur dan kebun pekarangan rumah. Untuk pemberian pakan berupa cacing tanah pada ikan mas yang perlu di perhatikan adalah sebelum memberikan ke ikan mas lebih baik untuk di cuci terlebih dahulu.

Cacing Sutera

Penggunaan Cacing sutera untuk pakan ikan mas juga sangat disukai oleh ikan masCacing sutera ini biasanya banyak terdapat dan hidup di daerah perairan yang kotor dan tergenang. walaupun pada perkembangannya cacing Sutera saat ini banyak Yang Mulai Membudidayakan nya

Secara bentuk, cacing sutera mempunya Ukuran sangat halus dan berwarna merah muda. Sayangnya dalam pemberian cacing sutera kerap membawa bibit penyakit. Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkan cacing ini terlebih dahulu lalu merendamnya di air bersih selama 3 hari berturut-turut. Pemberian Pakan Berupa Cacing Sutra biasa nya di lakukan untuk Ikan Mas yang masih kecil.

Kroto

Kroto merupakan telur semut yang berjenis rang-rang. Ukurannya yang cukup besar membuat telur semut rang-rang juga berukuran lebih besar daripada jenis semut yang lain. Kroto mengandung protein yang sangat tinggi. 

Saat ini sudah banyak peternak kroto sehingga Anda bisa membelinya dengan mudah. Kalau ingin yang gratis, Anda bisa mencarinya di pepohonan yang rimbun. Kroto yang sudah didapatkan bisa langsung disebar ke kolam ikan mas.

Ulat Daun Pisang

Untuk Penggunaan Ulat Sebagai Pakan alami Ikan Mas dan Di antara jenis ulat yang lainnya, kami lebih menyarankan penggunaan ulat daun pisang.

Dimana Ulat daun pisang mempunyai banyak protein dan kandungan gizi yang besar dan sangat cocok sebagai makanan ikan mas.  

Selain Itu , Ulat daun pisang bisa ditemukan dengan mudah apabila banyak kebun pisang di sekitar area pertambakan. Jika Anda melihat daun pisang yang tergulung, kemungkinan besar ada ulat ini di dalamnya.

Sekam Padi

Jangan Lupa Juga Selain pakan yang mengandung daging, Ikan mas mengkonsumsi juga tanaman. Banyak Tanaman yang di rekomendasikan untuk sebagai pakan alami ikan mas diantara nya sekam padi.

Pemberian sayur-mayur sebenarnya sangat bagus tetapi harganya cukup mahal. Maka Dari itu Sekam padi menjadi alternatifnya. Kalau mau yang lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan sekam padi yang dicampur kotoran sapi, tetes tebu, tepung ikan, dan arang kelapa yang dibuat menjadi pelet .

Demikian Artikel Tentang Pakan Alami Ikan Mas semoga memberi manfaat untuk para petani dan pembudidaya ikan mas.

0 Response to "Pakan Alami Ikan Mas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close