Skip to main content

KANDUNGAN GIZI IKAN BETUTU

Kandungan Gizi Ikan Betutu - Ikan betutu adalah ikan yang mempunyai nilai hemat yang tinggi bukan hanya dikonsumsi lokal melainkan juga adalah komoditas ekspor. Harga ikan betutu ditingkat eksportir berkisar 120.000-190.000/kg, buat berukuran 300-400 g/ekor. 

Bisnis ikan betutu hingga ketika ini sebagian akbar masih tergantung berdasarkan penangkapan di alam.

Secara teknis ikan betutu memang masih sulit buat dibudidayakan. Namun melalui serangkaian uji coba yg dilakukan oleh para ahli, ikan betutu telah dapat dipijahkan baik secara alami juga menggunakan menggunakan rangsangan hormone. 

Kendala primer pada budidaya ikan betutu merupakan lamanya pertumbuhan ikan tadi. Untuk mencapai berukuran siap dibesarkan (50-100 g/ekor) membutuhkan saat kurang lebih 8-13 bulan sedangkan buat mencapai ukuran konsumsi (1-dua ekor/kg) membutuhkan waktu lebih kurang 2,lima tahun. 

Salah satu faktor yg menentukan dalam keberhasilan budidaya perikanan merupakan kualitas benih & pakan yg baik. Pakan tadi harus memenuhi syarat kualitas & kuantitas yg baik. 

Lantaran dengan hadiah pakan yg berkualitas baik maka akan didapatkan pertumbuhan yang baik juga. Kualitas menurut pakan yg baik merupakan kandungan gizi yg tinggi, seperti protein yang diperlukan oleh benih ikan.

Kandungan Gizi Ikan Betutu

Kandungan Gizi Ikan Betutu
IKAN BETUTU
Salah satu pakan alami yg disenangi benih betutu merupakan cacing tubifex. Cacing tubifex adalah jenis pakan alami yang baik bagi pertumbuhan benih ikan. Cacing ini mempunyai kandungan protein yang tinggi yaitu sekitar 58,20%. 

Cacing tubifex ukuran panjang 1–2 cm, sebagai akibatnya dapat diberikan pada benih betutu yg ukuran 3–lima centimeter, lantaran sesuai dengan bukaan ekspresi benih betutu yang berukuran 2 mm.

Jenis ikan air tawar satu ini memang telah sangat sulit di jumpai baik pada sungai tempat daerah asal hidupnya maupun pada pasar–pasar dan harganya lumayan mahal itupun umumnya hanya terdapat pada pasar-pasar tradisional yg tidak jauh dari loka daerah asal ikan betutu tadi. 

Walaupun sebenarnya ikan betutu ini adalah ikan komoditi ekspor yang sangat tinggi peminatnya maka tak jarang ikan ini hanya tersedia di restoran–restoran yang mahal. Langkanya ikan betutu ini mungkin ditimbulkan sang prilaku manusia yg sangat hobi merusak dan mencemari loka hayati ikan betutu ini. 

Dulu pada kampung-kampung masih terdapat banyak sekali pedagang yg menjual ikan betutu ini namun kini   sudah sangat jarang kita temui. Permintaan yang banyak menjadi susahnya menemukan ikan betutu.

Mungkin salah  satu penyebabnya merupakan konduite masyarakat yang senang menangkap ikan menggunakan cara meracuni sungai dengan obat buat menangkap ikan homogen obat kimia buat hama atau sejenis insectisida. 

Dan dampaknya sangat berbahaya sekali buat ekosistem perairan sebab banyak ikan yg mabuk dan meninggal. Dan yg paling mengerikan lagi yang mati nir hanya ikan–ikan besar tetapi ikan–ikan mini   & hampir seluruh jenis hewan air yang hidup di sungai tadi ikut mangkat . 

Ini kentara sangat Mengganggu ekosistem sungai bahkan biota air yang lain ikut punah. Dan apa bila insan mengkonsumsi ikan yg terkontaminasi racun maka akan membahayakan kesehatan dalam manusia mampu–sanggup yg memakannya pula mampu ikut terkena racun. 

Maka berdasarkan itu memang penting sekali pencerahan rakyat agar kita lebih bijak pada mengambil sebuah tindakan agar dapat terus menjaga kelestarian alam/lingkungan.

Betutu (Oxyeleotris marmorata) merupakan nama sejenis ikan air tawar meskipun agak sporadis yg berukuran akbar ikan yang menyebar pada Asia Tenggara hingga Kepulauan Nusantara ini digemari pemancing karena tarikannya yang bertenaga dan datang-tiba. 

Nama-nama lainnya pada pelbagai daerah di Indonesia merupakan bakut, bakutut, belosoh (nama generik), boso, boboso, bodobodo, ikan terbelakang, gabus ndeso, ketutuk, ikan malas, ikan hantu & lain-lain. 

Dalam bahasa Inggris diklaim marble goby atau marble sleeper merujuk dalam pola-pola rona pada tubuhnya yg serupa batu alam kemerahan.

Ikan betutu jua dianggap mengandung khasiat tertentu bagi kaum perempuan   dan bagi kaum laki-laki . 

Bagi kaum wanita ikan betutu dipercaya bisa menciptakan awet muda dan dapat menambah kehalusan kulit karena poly mengandung vitamin B1, B2, B6 vitamin F, & vitamin E sehingga bisa Mengganggu proses penuaan. 

Bagi kaum laki-laki  ikan betutu dianggap banyak mengandung enzim & hormon eksklusif sebagai akibatnya dapat menambah keperkasaan menjadi laki-laki . Dan tentu masih banyak lagi khasiat dan manfaat ikan betutu yang belum di ketahui sang masyarakat.

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…