Jenis Ikan lele Mutiara

Jenis Lele MUTIARA- Dibentuk dari perkawinan persilangan strain ikan lele Mesir, Paiton, Sangkuriang & Dumbo yang diseleksi selama 3 generasi dalam karakter pertumbuhan. Lele jenis Baru ini di harapkan akan lebih meningkat kan produsi dari jenis ikan air tawar.

lele mutiara adalah lele yang lebih unggul dari lele jenis terdahulu semisal lele dumbo, phyton dan sangkuriang. Ada beberapa keunggulan dan kelebihan dari kita membudidaya lele sangkuriang.

Ikan lele mutiara ini dilepaskan ke rakyat dari Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 77/KEPMEN-KP/2015. Dan Surat tersebut sebagai bukti bahwa lele mutiara adalah jenis lele yang di akui dan di uji oleh pemerintah.

Jenis Lele Mutiara

Jenis Lele Mutiara
LELE MUTIARA
Lele Mutiara memang belum terlalu di kenal oleh masyarakat dan lele jenis ini akan menggantikan jenis ikan lele yang sebelumnya. Karena alasan yang pertama adalah keunggulan dari lele mutiara.

Keunggulan Jenis Lele Mutiara

Laju pertumbuhan tinggi: 10-40% lebih tinggi daripada benih-benih lain

Lama pemeliharaan singkat: usang pembesaran benih tebar berukuran 5-7 centimeter atau 7-9 cm dengan padat tebar 100 ekor/m2 berkisar 40-50 hari, sedangkan dalam padat tebar 200-300 ekor/m2 berkisar 60-80 hari. Bahkan ada yang bisa panen dalam 5o hari

Keseragaman ukuran Sama tinggi: termin produksi benih diperoleh 80-90% benih siap jual dan pemanenan pertama pada termin pembesaran tanpa sortir diperoleh ikan lele ukuran konsumsi sebesar 70-80%. Keragaman ukuran menjadikan dalam proses pembesaran akan lebih merata

Rasio konversi pakan (FCR = Feed Conversion Ratio) relatif rendah: 0,6-0,8 pada pendederan dan 0,8-1,0 pada pembesaran.

Daya tahan terhadap penyakit relatif tinggi: sintasan (SR = Survival Rate) pendederan benih berkisar 60-70% dalam infeksi bakteri Aeromonas hydrophila (tanpa antibiotik).

Toleransi lingkungan relatif tinggi: suhu 15-35 oC, pH lima-10, amoniak < 3 mg/L, nitrit < 0,3 mg/L, salinitas 0-10 ‰.

Produktivitas relatif tinggi: produktivitas pada termin pembesaran 20-70% lebih tinggi daripada benih-benih strain lain.

jenis lele mutiara adalah Penggabungan beragam keunggulan masing-masing jenis ikan lele dimana pada tahap awal dilakukan melalui persilangan diantara keempat strain lele. Seperti ikan lele mesir, sangkuriang, dumbo dan phyton.

Karena keunggulan masing-masing strain lele tersebut tidak sama, maka jumlah masing masing induk yang digunakan dalam proses persilangan tersebut juga dibuat tidak sama.

Potensi Mitra Bisnis / Pemanfaat Produk :

  • Unit pembenihan warga  (UPR)
  • Unit pembenihan pemerintah (Dinas)
  • Pengusaha / industri perikanan
  • Rancangan hilirasi :
Jenis lele Mutiara Memang Belum setenar pendahulunya, tetapi sosialisasi oleh petugas di lapangan dengan memberikan gambaran yang baru tentang kualitas lele jenis ini maka dengan sendiri nya para pembudidaya lele akan menggunakannya.

Lele Mutiara bagi kalangan pembudidaya perlu eksperimen yang lebih , mengingat para pembudidaya cenderung meniru pembudidaya yang lainnya. Apabila ada salah satu pembudidaya ikan lele mutiara yang sukses maka peternak lele yang lainnya akan mengikuti.

Jenis Lele Mutiara

0 Response to "Jenis Ikan lele Mutiara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close