Skip to main content

MENAKAR KINERJA PENYULUH PERIKANAN

MENAKAR KINERJA PENYULUH PERIKANAN



Oleh: Toguan Sihombing, S.Pi


PENYULUH PERIKANAN
PENYULUH PERIKANAN
Dalam waktu dekat, kelihatannya akan ada awan cerah yang dapat kita (penyuluh perikanan) lihat dan memberikan era baru akan perubahan nasib sebagaimana yang dibayangkan dan diharapkan. 

Seiring dengan telah adanya hasil rapat kementerian KP dengan Komisi IV DPR dan semoga pengesahan anggaran perubahan lancar, tentunya hak-hak kita sudah didepan mata.

Sisi lain yang mungkin perlu saya tuliskan sebagai sebuah kerisauan adalah pengalaman dari mengikuti uji kompetensi profesi penyuluh dan kompetensi teknis sesuai bidang yang dipilih. 


Mari kita camkan bersama sejauh mana kita kompeten akan hal tersebut, jawabnya nanti apakah layak untuk mendapatkan hak semisal Tukin yang kita impikan.

Selain contoh diatas, capaian kinerja juga dapat kita lihat sendiri bagaimana realisasi SKP tahunan yang dibuat? Standar Kinerja Pegawai bisa saja kita stel sesuai keinginan, namun begitu banyak kendala dalam hal pembuktian fisiknya. 

Hasil capaian kinerja jika tak seiring dengan penilaian angka kredit point akan jadi masalah dikemudian hari dalam pengurusan kenaikan pangkat. Disinilah, kinerja baik dapat dilihat bila dapat naik pangkat setiap 2 tahun jalan terus sesuai irama kinerjanya tanpa tersendat-sendat.

Malam ini, ketika jam sudah diangka 03.30 dini hari. Tergugah pikiran saya untuk menuliskan unek-unek ini, apalagi terkait hal mulai terlihatnya kelambanan saudara-saudaraku seperjuangan dalam membuat laporan mingguan lewat aplikasi dan laporan bulanan dari Form A1 hingga Form B6. 

Dari pemantauan saya, kesulitan membuat secara jujur tidak sedikit yang merasakannya, bahkan sebagian masih ada yang menggunakan format lama. 

MENAKAR KINERJA PENYULUH PERIKANAN - Pada format baru ini, memang cukup menarik dengan adanya kolom NIK dan nomor HP ketua atau anggota kelompok. 

Bagi saya, ini sebuah tantangan dimana menurut penilaian saya pihak berkepentingan di atas mungkin sesekali akan melakukan kroscek ke pemilik nomor HP terkait kebenaran isi laporan tersebut.

Baca Juga : Sasaran Penyuluhan Perikanan

Dalam laporan itu, peningkatan produksi dan perkembangan omzet perlu dilaporkan. 

Dari kolom-kolom yang ada memang cukup baik untuk memandu kita untuk dapat menghasilkan kinerja yang baik. 

Model laporan seperti itu juga dapat memperkaya khasanah kita dalam memanfaatkan panduan seluruh item-item kredit point sesuai dengan jabatan fungsional masing-masing. 

Contoh, betapa terbatasnya pemikiran seseorang terkait apa yang ia usulkan bahan kredit pointnya padahal ia telah pada posisi penyuluh perikanan muda atau madya. 


MENAKAR KINERJA PENYULUH PERIKANAN

Sementara kunjungan anjangsana dan kunjungan kelompok masih jadi favorit padahal itu nilai angka kredit pointnya tidak seberapa. Mengapa tidak dipilih nilai yang lebih besar? 

Disinilah teruji kompetensi dalam hal pembuktian kinerja yang ada kait-kaitannya dengan pikiran, mengolah kata dan data baik tertulis maupun lisan, baik cetak maupun elektronik. 

Serta aksi nyata lapangan penguasaan teknis dan trampil sesuai bidang kompetensinya yaitu apakah bidang budidaya, tangkap dan pengolahan.

Kita perlu perbaikan diri kalau ingin negara ini memberikan imbalan setimpal bahkan lebih dari yang diharapkan. Imej penyuluh yang hanya jago seperti juru bicara pemerintah mari kita tambah komposisinya dengan aksi nyata lapangan. 

Baca Juga :Penyuluh Perikanan Di Himpit kemajuan Zaman

Orang bisupun dapat berperan sempurna sebagai penyuluh, tak harus mengeluarkan kata-kata, jika di tengah-tengah keluarga/famili atau masyarakat ia mampu menghidupi keluarga dari bisnis usaha kecilnya, tentu akan ada yang meniru usahanya, tak hanya itu, tentu masyarakat sekitarnya. 

Jika segala upaya yang dilakukan khususnya yang masih dalam koridor sektor perikanan mampu mendapatkan uang, tak perlu kita bicara menyuluh. tapi orang lain akan meniru.

Kenyataan seperti ini ada dimiliki seorang teman yang juga berprofesi sebagai penyuluh petikanan di provinsi lain. Dalam aktivitas sehariannya tak pernah saya lihat ada eksposnya di medsos, begitu juga penyuluh senior lain yang bahkan ada yang sudah punya perseroan terbatas (PT). 

Baca Juga : Ruang Lingkup Penyuluhan Perikanan 

Tentunya aktivitas mereka ini sudah lebih dulu mendapatkan Tukin menurut versinya karena dengan berkinerja baik ia dapat penghasilan dari kegigihannya dalam membangun bisnis, jaringan dan mampu mempekerjakan orang lain serta tak mengurangi takaran kewajiban atas statusnya sebagai ASN penyuluh perikanan.

Kesimpulan yang mungkin dapat saya sampaikan adalah kemauan dan kemampuan berpikir karena sudah mendekati masa senja jangan dibuat sebagai kendala dalam mengukir sebuah kinerja yang mumpuni.

Apalagi hari ini baru saja fajar menyingsing . Mari kita berbuat kearah yang lebih baik dan lakukan revolusi mental pada diri sendiri yang dapat berguna baik di dunia maupun akhirat. 


MENAKAR KINERJA PENYULUH PERIKANAN

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…