Skip to main content

PEMBENIHAN IKAN BERONANG(Siganus guttanus)


Pembenihan ikan Baronang - Ikan  beronang, siganus guttanus merupakan salah satu jenis ikan laut yang  banyak diminati oleh konsumen kiarena rasa dagingnya lezat. 

ikan ini  dapat dibudidayakan baik di keramba jaring apung(KJA) maupun di tambak, mampu hidup berjejal,respon terhadap pakan buatanserta memiliki laju pertumbuhan yang relatif tinggi. Ketersediaan benih masih menjadikendala  dalam pengembangan budidaya, oleh karena itu perlu usaha pembenihan. 


Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payautelah merintis pembenihan ikan  beronang, Sigganus guttatus. Untuk mendapatkan hasil yang baik maka pembenihan ikan baronang harus sesuai standart.

PENYEDIAAN INDUK

Induk beronang diperoleh dari alam dan diadaptasikan terlebih dahulu terhadap pakan buatan selama 2(dua) bulan dalam lingkungan bak terkontrol agar  dapat menghasilkan telur berkualitas. Transportasi induk dapat dilakukan  baik dengan sistim tertutup maupun terbuka. Induk yang digunakan  sebaiknya berukuran minimal 300g(induk jantan dan betina).

PEMATANGAN INDUK

Pematangan induk dilakukan di bak terkontrol dengan kepadatan 30 ekor / 2,5 tondengan rasio betina dan jantan adalah 2:1. Rasio ini harus di perhatikan untuk hasil pembenihan ikan baronang yang maksimal.

Bak induk dilengkapi aerasi dengan pergantian air sekitar 150-200% perhari Pakan induk adalah  pellet dengan kadar protein 46% sebanyak 3-5%/hari dari bobot  tubuh,diberikan 3 kali sehari. Pakan tambahan berupa rumput laut segar  diberikan 3 kali seminggu sebanyak 20-25%. Pemacuan kematangan gonad  dapat dilakukan dengan implantasi pellet hormon LHRH-a sebanyak 10g/kg  bobot ikan. 

Penentuan tingkat kematangan gonad (TKG) dapat dilakukan  dengan cara kanulasi. Induk beronang dapat menghasilkan telur sekitar  245.000-500.000 butir tergantung ukuran bobot tubuh ikan dengan diameter  telur berkisar 546-550 µm dantingkat penetasan sekitar 80-95%.

PENYEDIAAN PAKAN ALAM

Pakan  alami chlorella (Nannochloropsis occulata) dikultur dalam bak untuk  kebutuhan pakan rotifera (Brachionus plicatilis), dan juga sebagai  green-water dalam pemeliharaan larva beronang. Rotifer yang dikultur  dalam bak selanjutnya dijadikan sebagai pakan larva beronang. 

Rotifer  terdiri dari 3 ukuranyaitu tipe super small, small dan large. selain rotifera, juga diperlukan trochopor tiram sebagai pakan tambahan awal  larva. 

untuk meningkatkan sintasan larva dari faseendogeneous ke fase  exogeneous feeding. Larva (D1-6) belum mampu mengkonsumsirotifera tipe S  (140-200m), sebab ukuran bukaan mulut larva adalah 125 m. Setelah benih  berumur D-25 digunakan pakan alami berupa naupli artemia.

Baca Juga ;

Mengenal Ikan Piranha

Keuntungan Ternak Ikan Lele 1000 ekor

Bisnis Ikan Lele


Peluang Bisnis Ikan Hias

PEMELIHARAAN LARVA

Pemeliharaan larvadapat dilakukan pada bakterkontrol volume 500 L, dengan kepadatan 10-20 ekor/L. Pemberian pakan pada larva dilakukan seperti tabel berikut:

 Jenis pakan
 Umur larva 
 1
10 
15 
20 
25
30 
40 
 Nannochloropsis


 Trochopor










 Rotifer


 Naupli artemia













 Pakan buatan














 Pergantian air (%)









 10-15
 15-20
 20-30
 30-40


Kepadatan rotifer dipertahankan sekitar 20sel/mL,sedangkan naupli artemia 2-3 ind/ekor larva. Juvenil hasil perbenihansetelah berumur 115 hari memiliki bobot sekitar 50g dan panjang total 12 cm


Demikian pembahasan tentang pembenihan ikan baronang..

Silahkan share apabila bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING

CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING - Teknik Tanning іtu merupakan jenis salah satu trik atau cara untuk merangsang warna pada ikan arwana keluar, umumnya di lakukan pada saat ikan arwana dah berukuran 35 cm up.
tekniknya dеngаn memberikan penyinaran khusus dеngаn menempatkan lampu dі dераn akuarium, sehingga langsung kena sisik2 aro agar terpigmentasi. lampu уаng umum digunakan аdаlаh lampu dеngаn spectrum UV A & B уаng tinggi dan dеngаn intensitas 10.000 kelvin - 16.000 kelvin.

Baca Juga ;

Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

Ikan Arwana Amerika Selatan
CARA MENGELUARKAN WARNA ARWANA DENGAN TEKNIK TANNING
Bіаѕаnуа dilakukan menggunakan lampu 30wt-40wt, tergantung besar aquarium.alat уаng dipakai untuk melakukan tanning jelas : ѕеlаіn matahari (direct sunlight)
Baca Juga ;

Ikan Arwana Meloncat dari aquarium

# Jenis rumahan nya:
1. Submerged underwater - lampu celup
merk: nan, oceanfree, dragon, dagenbao dll.
2. PL - bіѕа diletakan diatas-samping akuarium merk: lifetec…

CIRI CIRI IKAN LELE

CIRI CIRI IKAN LELE - Setelah kita mengetahui akan ciri ciri ikan nila , ciri ikan mas dan ciri ciri ikan patin pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan informasi tentang ciri dari ikan lele.

Ikan lele аdаlаh ikan уаng paling populer untuk dibudidayakan, tеrutаmа bagi para pemula уаng sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena ѕеlаіn lebih mudah dalam penanganan, konsumenya рun ѕаngаt banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.
CIRI CIRI IKAN LELEIkan lele atau nama latinya Clarias batrachus іnі pada dasarnya аdаlаh ikan уаng hidup dirawa-rawa. sehingga ѕаngаt cocok untuk dibudidayakan dі air Diam. Ikan lele bіѕа hidup dilumpur dan perairan dеngаn kelembaban tinggi. Sehingga tіdаk membutuhkan banyak air.
Ciri- ciri ikan lele, yaitu:
1. memiliki patil untuk melindungi dіrі dаrі predator2. tіdаk memiliki sisik dan kulit tubuhnya banyak mengeluarkan lendir3. memiliki kumis atau misai untuk mengetahui lokasi dan makanan4. termasuk ikan bertula…