MENGENAL IKAN LOUHAN

MENGENAL IKAN LOUHAN

Mengenal Ikan Louhan - Jenis Ikan Eksotik ini merupakan jenis ikan yang indah dan memopunyai kharisnma. Ikan Lohan Tidak di jual untuk di konsumsi dan jenis Ikan Louhan atau Flowerhorn ini merupakan spesies hibrid. 

Spesies Hibrid mempunyai makna bahwa ikan louhan ini bukan asli dari penangkapan alam tetapi  merupakan hasil perkawinan silang. Perkawinan silang ini di lakukan oleh manusia dari beberapa jenis cichlid/siklid Amerika. 

Oleh karena itu terdapat banyak sekali jenis-jenis Louhan hasil dari berbagai perkawinan silang. 


Tetapi secara garis umum macam dan jenis-jenis louhan ini dapat di bagi ke dalam beberapa kategori besar yaitu 

- Chencu / Zhen Zhu(ZZ), 
- Kamfa alias Cinghwa , 
- Golden Base / Fader, 
- Golden Monkey / Kamalau

Untuk Mendapatkan Jenis ikan louhan yg sesuai  keinginan, baik bentukl maupun warna maka diperlukan proses panjang dan melelahkan. Proses tersebut dengan berbagai percobaan dan pengujian.

Bahkan kadang kadang diperlukan jenis jeis Louhan dengan beberapa generasi untuk mencapainya.(F1,F2 dll). 

 Mengenal Ikan Louhan

Belum lagi hasil perkawinan dari ikan louhan ini menghasikan sebagian ikan ( terutama jantan) yang steril / mandul sehingga tidak dapat dikembangbiakan lagi.

Dari ratusan anak ikan louhan ini akan disortir dan hanya beberapa saja yang akan di pilih sebagai calon indukan. Pemilihan Indukan Louhan berdasarkan pada keindahan warna dan bentuk kepala serta motif pada sisik ikan louhan.

Beberapa diantara hasil perkawinan silang itu bahkan mengalami cacat karena dilakukan inbreed (perkawinan sedarah) untuk "menciptakan" anakan louhan yang "seragam" yang memiliki trait atau sifat-sifat yang diinginkan. Kemungkinan berhasil lebih kecil daripada kemungkinan kegagalan.,

Sisanya anak kan indukan biasanya oleh pembudidaya louhan di singkirkan atau hanya di lakukan pembesaran biasa. karena jenis anakan louhan tersebut tidak sesuai dengan yang diinginkan. 

Butuh waktu kurang lebih 8 bulan bahkan 1,5 tahun untuk menunggu louhan anakan terutama jantan agar siap untuk dikawinkan kembali.

Misal saja untuk menghasilkan ikan berwarna Hitam dengan mutiara penuh di perlukan indukan yang akan menurunkan gen mutiara dan indukan yang akan menurunkan warna Hitam.

Dari proses perkawinan itu hanya beberapa ekor saja yang akan memenuhi kriteria itu. Kebanyakan anakan hanya akan mewarisi mutiara atau warna dari indukannya.  

Butuh beberapa generasi louhan agar ikan ini dapat sesuai dengan keinginan breeder. Oleh karena itulah mengapa harga ikan ini bisa mencapai harga yang sangat mahal.

 1. Jenis Louhan Chencu / Zhen Zhu / ZZ

Mengenal Ikan Louhan
Louhan cencu ini terkenal dari  dari perkawinan dari Trimac Cichlid (Cichlasoma trimaculatum)

Spesifik bentuk dari jenis louhan Cenchu / Zen Zhou Biasanya adalah  :
 
- Mata menonjol keluar dengan warna mata merah atau kuning, Jenis mata ini paling banyak adalah marna merah.

- ada marking di kepalanya, walaupun sekarang ada juga jenis kamfa memiliki marking dikepala

- mulutnya lebih "monyong" di banding jenis Kamfa dan mulut bawah lebih panjang dari mulut atas


- Mempunyai sirip serta ekor yang "lunak" atau lemas dan sirip lebih melambai serta Ada jarak yang lebar antara sirip dan ekor


- Tubuh Ikan cenderung Oval atau lebih terkenal dengan louhan mirip telur.


Dari jenis Chencu ini di kawin silangkan lagi menjadi banyak jenis /strain baru dalam diantaranya SRD (Super Red Dragon), Blue Dragon Louhan, Red Magma/ Super Red Magma (SRM) dan banyak lagi

2. Jenis Louhan Kamfa /Cinghwa

Jenis Kamfa ini muncul sekitar tahun 2000-2001. Jenis Ini memang Tidak seramai dengan jenis ikan cengzu dan peminatnya hanya segilintir saja.

Louhan Kamfa ini merupakan hasil persilangan dengan spesies dari genus Vieja. Persilangan ini menghasilkan louhan dengan sifat baru , seperti mulut pendek , mata cekung , dan jenong yang lebih besar. 

Penyebab kurangnya minat masyarakat terhadap louhan Kamda karena Jenis Kamfa ini relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis Cencu / ZZ 

Harga yang mahal juga di pengaruhi oleh tingkatt kesusahan dan kerumitan untuk pembiakan jenis kamfa dibandingkan cencu.  Selain itu waktu yang lama untuk dewasa juga menjadikan kamfa lebih mahal.

Ciri ciri louhan kamfa atau Chingwa lainnya antara lain,

 - Warna mata putih atau kuning ( walaupun jarang, ada juga beberapa yang berwarna merah ) ;
-  Matanya menjorok kedalam; Dan Kepala Tidak terlalu menonjol
- Memiliki sirip dan ekor yang kaku atau keras;
- Bentuk ekor seperti kipas ; merapat dengan sirip ;
- Tidak ada marking di kepala (tidak mutlak )
- Bibirnya lebih "kecil" bila di banding jenis Chencu, tertutup, mulut atas dan bawah rata
- Mempunyai bentuk tubuh lebih kotak di banding Chencu.


Jenis Kamfa louhan ini lebih susah dikembangbiakan karena ikan jantan dari Kamfa lebih lama untuk mencapai kematangan seksual yaitu sekitar 1,5-2 tahun dan diketahui beberapa memiliki masalah kesuburan terutama untuk jantannya. 


Walaupun belum dapat di pastikan namun dari  banyak kasus jantan dengan mata merah atau kuning memiliki kemungkinan lebih besar untuk fertile atau subur dibandingkan dengan mata putih.


Hasil perkawinan antara Louhan jenis Cencu dengan Kamfa sering di sebut ACDC atau ZZKamfa.


3. Jenis Ikan Louhan Faders / Golden Base


Dinamai faders ini karena jenis louhan ini pada suatu fase akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya  berwarna hitam gelap. menghilangnya warna karena siklus yang di alami oleh ikan tersebut. Apabila belum mengenal ikan louhan jenis ini maka para penghobby louhan akan kaget dan panik.


Setelah berganti  warna hitam, maka warna hitam itu sendiri akan memudar dan akhirnya berubah menjadi kuning atau merah. Sehingga nama Golden juga untuk panggilan jenis ikan louhan yang berwarna emas.

Terkadang orang menyebut hal ini sebagai "mutasi". Sifat Faders atau mutasi ini diperkirakan berasal dari genetik yang turun dari Red Devil Cichlid atau Midas Cichlid. 

4. Golden Monkey
 
Golden Monkey atau Kamalau ( kam = gold and malau = monkey ).Golden Monkey /Good Fortune/ Kamalau ini dibiakan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon di Bercham, Ipoh, Malaysia. Setelah 3 generasi Golden Monkey ini mulai di perkenalkan dan di jual pada 2001.
Salah satu ciri dari kamalau ini adalah bentuk mulutnya yang seperti monyetJenis ini juga memiliki tubuh "berotot"Jenis kemalau ini sudah sangat langka untuk ditemukan.


5. Red Texas Louhan


 Red texas ini konon merupakan hasil persilangan antara betina kingkong Parrots dengan Green Texas Cichlid Jantan. Seperti juga pada jenis Golden Base, mutasi atau fader menjadi faktor penentu dari kualitas jenis ini.
"Tingkatan" dari Red Texas

    Tidak Mutasi : Tingkatan Terendah.
    Kuning: Tingkatan Kedua terendah
    Oranye : kebanyakan Red Texas jatuh di kategori ini
    Coral: Lebih ke merah muda
    Merah:  Tingkatan tertinggi dan paling banyak di minati


6. Thai Silk Louhan



Thai Silk louhan ini memiliki "mutiara" / pearl yang menutupi seluruh tubuhnya. Makin penuh tubuhnya dengan mutiara makin tinggi nilai thaisilk ini.  


BACA JUGA

TIPS MEMILIH ANAKAN IKAN LOUHAN

CARA MERAWAT IKAN LOUHAN YANG TEPAT

CARA MEMBEDAKAN IKAN LOUHAN JANTAN DAN BETINA


 

close
MENGENAL IKAN LOUHAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment