PROBIOTIK UNTUK PENGIRIMAN BENIH IKAN

Probiotik Untuk Pengiriman Benih Ikan
Budidaya Ikan
Probiotik Untuk Pengiriman Benih Ikan -  Dalam usaha Budidaya perikanan Terkadang kita menganggap sederhana kegiatan pengangkutan ikan dalam rangkaian proses produksi, 

padahal benih yg sehat sesudah pengangkutan akan sangat berdampak terhadap kesuksesan budidaya. Jika dalam proses pengangkutan tidak mengindahklan keselamatan bibit dan keberlangsungan hayati benih maka di pastikan kapital buat proses produksi telah merugi dahulu.

Penelitian ini dilaksanakan dalam tanggal 29 Juli - 11 Agustus 2010 bertempat di Laboratorium Teknologi Budidaya dan Bisnis Perikanan, Fakultas Agribisnis dan Teknologi Pangan, Universitas Djuanda Bogor.


PROBIOTIK UNTUK PENGIRIMAN BENIH IKAN


Ikan Nila yang digunakan ukuran    3-five centimeter, sedangkan bakteri probiotik yg gunakan ada dipasaran, yaitu EM4. Benih ikan nila dari menurut petani ikan di wilayah Parung, Kabupaten Bogor. Ikan yg akan di angkut diberok terlebih dahulu selama satu hari sebelum pengangkutan. 

Benih ikan yang sudah diberok siap buat diangkut. Pengepakan benih ikan dilakukan menggunakan memasukkan ikan ke dalam kantong plastik yang sudah diisi air menggunakan extent lima liter. 

Air yang akan digunakan dari berdasarkan sumur yang telah diendapkan terlebih dahulu dianalisis menjadi records kualitas air awal. Air pada pada plastik ditambahkan bakteri.

Probiotik menggunakan takaran sesuai perlakuan. Kepadatan benih ikan tiap kantong plastik sebanyak four hundred ekor. 

Setelah ikan dimasukkan, kemudian diberikan oksigen dengan perbandingan 2:1 (2 buat oksigen & satu untuk air). Kantong kemudian diikat menggunakan karet & siap untuk diangkut.

Setelah pengepakan selesai, lalu benih ikan dinaikkan ke atas tunggangan roda empat buat diangkut selama 10 jam. 

Penempatan benih Ikan di mobil juga perlu ke hati - hatian. 

Karena jika tidak sahih dan pas pada penempatan di khawatirkan benih yang sudah di pak mengalami kebocoran & banyak yang mangkat  lantaran banyaknya guncangan.

Dalam waktu malam hari mulai dari pukul 20.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB dengan tujuan agar kondisi suhu tetap stabil. 

Baca Juga ; Probiotik Dalam Budidaya Perairan

Ikan yang sudah diangkut kemudian dipelihara di pada akuarium yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 

Setiap satu kantong plastik dimasukkan ke pada satu akuarium. 

Akuarium percobaan yang digunakan sebesar 12 butir dengan ukuran 50 x 30 x 30 cm3.

Ikan dipelihara selama 5 hari, diberikan pakan protesis dan dilakukan penyiponan buat menjaga kualitas air permanen premier. 

Penelitian ini memakai rancangan rambang lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiga kali ulangan. 

Perlakuan yg diberikan merupakan dosis hadiah bakteri probiotik (EM4), yaitu 0 ml, 5 ml, 10 mililiter, & 15 ml. Setiap perlakuan diulang three kali, sehingga terdapat 12 satuan percobaan.

Peubah yang diamati adalah kelangsungan hidup sehabis pengangkutan, kelangsungan hayati selesainya dipelihara selama 5 hari sehabis pengangkutan, & kualitas air. 

Untuk melihat imbas dilakukan analisis ragam. Jika masih ada pengaruh konkret, dilakukan uji lanjut dengan Uji Beda Nyata Terkecil dari Steel dan Torrie (1981) untuk melihat dosis probiotik yg menaruh kelangsungan hidup tertinggi.

close
PROBIOTIK UNTUK PENGIRIMAN BENIH IKAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment