4 Jenis Lele Untuk Budi Daya Ikan

Ikan lele
4 Jenis Lele Untuk Budi Daya Ikan - Sebelum Terjun sebagai pelaku Usaha budi daya ikan lele maka petani ikan di wajibkan untuk mengenal jenis jenis ikan lele yang akan di budidayakan. Karena jenis jenis ikan lele ini juga mempunyai beberapa keunggulan dan kekurangannya. Tetapi Pada dasarnya budidaya Ikan lele masih sangat menguntungkan.

Kadang Pembudidaya ikan lele masih banyak yang belum mengenal jenis ikan lele yang di budidayakannya. Walaupun secara umum dan yang sudah banyak terkenal diantara jenis ikan lele adalah jenis ikan lele dumbo. Tapi masih ada 3 lagi jenis yang perlu untuk di ketahui berikut 4 jenis lele untuk budidaya antara lain :

Berikut Jenis-jenis Ikan Lele :

- Lele Lokal, 

Lele lokal atau lele asli indonesia masih banyak yang membudidayakan nya. Dan kebanyakan para petani membudidayakan nya dengan kolam tanah. ikan lele dengan nama latin Clarias Batracus ini merupakan jenis ikan yang paling dikenal oleh masyarakat. Namun setelah masyarakat mengenal lele dumbo, lele lokal semakin jarang dijumpai pada usaha budidaya karena dianggap kurang menguntungkan. 

Bila dibandingkan dengan Lele dumbo, Lele lokal memiliki nilai FCR (Food Convertion Ratio) yang relatif tinggi, yang artinya jumlah pakan yang diberikan jumlah nya besar untuk mendapatkan daging dengan berat yang tinggi.
Di Indonesia sendiri, ada 3 jenis lele lokal, yaitu lele putih, lele hitam, lele belang putih dan lele merah. Diantara jenis lele lokal tersebut, lele hitam lebih banyak di budidayakan masyarakat, sedangkan lele putih biasanya digunakan sebagai ikan hias.


lele dumbo awalnya diekspor dari negara Taiwan pada tahun 1985. Sekarang ini ikan lele dumbo adalah jenis ikan lele yang paling banyak di budidaya karena pertumbuhan ikan lele jenis ini sangat cepat bila dibandingkan dengan ikan lele lokal. Menurut keterangan bahwasanya ikan lele dumbo adalah hasil perkawinan dari ikan lele asal Taiwan (Clarias Fuscus) dan ian lele asal Afrika (Clarias Mosambicus). Namun untuk mengetahui secara pasti perlu dilakukan penelitian seara lanjut untuk mengetahui asal-usul dari ikan lele dumbo.


Departemen Kementrian Kelautan dan Perikanan resmi melepas lele sangkuriang pada tahun 2004. Ikan lele sangkuriang dihasilkan dari indukan betina lele dumbo generasi ke-2 dan lele dumbo generasi ke-6. Nama Sangkuriang sendiri berasal dari cerita rakyat Jawa Barat tentang seorang anak yang bernama sangkuriang yang mengawini ibu nya sendiri. Sama hal nya dengan asal dari lele sangkuriang yang mengawinkan lele jantan dengan induknya sendiri.

- Ikan Lele Phyton, 

Jenis Ikan Lele Phyton mempunyai ketahanan terhadap cuaca dingin, tingkat kelangsungan hidup ikan lele phyton sampai bahkan lebih dari 90%, sementara nilai fcr ikan ini mencapai 1, itu artinya untuk mendapatkan ikan dengan daging 1 kg dibutuhkan pakan 1 kg yang dihitung dari mulai benih ditebar sampai panen dengan siklus pemeliharaan selama 50 hari.

Related Posts:

0 Response to "4 Jenis Lele Untuk Budi Daya Ikan"