Pembuatan Pelet Ikan Dari Ikan Rucah

Pembuatan Pelet Ikan dari Ikan Rucah - Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk menekan biaya produksi dalam usaha budidaya perikanan maka faktor yang bisa kita kurangi adalah biaya pemberian pakan. Karena biasanya biaya pakan menghabiskan sekitar 30 persen dari total biaya operasional dalam uisaha budidaya perikanan.

Ikan Rucah adalah Ikan yang tidak di manfaatkan secara maksimal baik dari segi pengolahan maupun dari segi permintaan pasar. Biasanya ikan rucah mempunyai harga lebih murah dari ikan yang segar atau belum rusak. 

Terkadang ikan rucah di manfaat kan kembali oleh beberapa orang untuk di jadikan pakan ternak seperti pakan bebek dan bahan pembuatan pelet ikan. Lantas bagaimana cara pembuatan pelet ikan dari ikan rucah yang sesuai dan bisa di gunakan oleh pembudidaya ikan.
Ikan rucah ini ikan-ikan yang tidak layak konsumsi. Mereka ikan kecil yang ikut terjaring pada saat nelayan mencari ikan-ikan yang layak jual (tongkol, tuna, dll). Saat ini Keberadaan ikan rucah memang sangat jarang karena saat ini penggunaan alat ta ngkap cntarang yang biasanbya mendapatka ikan rucah kini tidak beroperasi. 

 Pembuatan Pelet Ikan Dari Ikan Rucah

Pembuatan Pelet Ikan Dari Ikan Rucah
Nelayan menggunakan jaring cantrang bukan cara menangkap ikan yang baik, memang. Ikan-ikan ini biasanya tidak laku dijual untuk makanan manusia. Kalau buat hewan, cocok banget. Apalagi buat jadi campuran pakan alternatif Ikan. 

Harga ikan rucah relatif  murah. Sebakul  Rp 20.000 - Rp 30.000. Dalam membuat pelet sendiri harus di ukur nilai gizinya. Dan nilai gizinya anta lain pelet harus mengandung nutrisi, protein, lemak, dan serat yang seimbang dan sesuai untuk kemajuan perkembangan dari ikan.Kandungan protein di ikan rucah tinggi. 

Ikan Rucah Mempyunyai harga yang lebih murah di bandingkan dengan harga ikan yang sedikit besar. Adanya Penangkapan arad dan Cantarang menjadikan penangkapan ikan rucah semakin hari semakin tidak terkontrol.
 
menurut penelitan kladar protein ikan rucah bisa sampai 44 %. Murah & bergizi.Untuk takaran dalam pemberian protein pada ikan kita juga harus mengetahui berapa kebutuhan protein dan berapa usia yang sesuai dan ini adalah takaran nya. Untuk ikan dengan usia 1- 3 bulan maka membutuhkan kadar protein sekitar 35-50%. Sedangkan untuk usia ikan 4 bulan keatas maka kebutuhan akan protein nya sekitar 25-30%.

Cara Pembuatan Pelet Ikan Dari Ikan Rucah

- Giling Ikan Ikan Rucah Sampai Halus
- Campur Dengan Dedak halus sepertiga dari jumlah Ikan Rucah.
- Setelah Tercampur Di Giling Kembali agar Menjadi Seperti Adonan
- Lalu Pelet Ikan Rucah Bisa Langsung di gunakan Untuk memberi pakan Ikan.

Bahan Pembuat Pelet Ikan Selain Menggunakan Ikan rucah ada juga yang menggunakan ulat atau cacing sebagai bahan baku komposi Pembuatan Pelet Ikan.

Cara Membuat Pelet Ikan  Baik menggunakan Ikan rucah atau pun tidak sama sama menguntungkan karena cara yang di gunakan pada dasarnya sama yang berbeda hanya di bahan baku dan harga bahan baku.Untuk Harga Bahan baku Ikan rucah lebih ekonomis dari pada menggunakan Pelet buatan Pabrik


Untuk Referensi dalam cara buat pelet Ikan Nila sendiri bisa baca juga di
- Komunitas Perikanan
- Perikanan dan Kelautan

close
Pembuatan Pelet Ikan Dari Ikan Rucah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar: