Cara Memijahkan Lele

Indukan Lele
Cara memijahkan lele - pemijahan lele sebenarnya sanHat mudah dan gampang. Dan cara memijahkan lele antara beberapa jenis ikan lele bail lele sangkuriang, lele dumbo maupun lele phyton tidak ada perbedaan. 

Ada beberapa cara memijahkan lele dan cara tersebut tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihaan. Dengam memilih cara memijahkan lele yang tepat dan benar maka Basil dari pemijahan kita akan sukses serta mendapatkan benih yang bagus dan berkualias. Maka artikel ini untuk sedikit membantu cara memijahkan lele yang bail dan benar.
Untuk pemijahan lele ada 4 cara dan cara tersebut antara lain :

1. Pemijahan lele seara alami.

Cara Memijahkan Lele secara alami memang sangat di anjurkan agar kondisi indukan bisa terus berproduksi telor secara kontinyu dan berkualitas. Untuk pemijahan lele secara alami memang di perlukan keahlian dan ketepatan dalam memilih indukan yang sudah matang gonad.

2.Pemijahan lele dengan penyuntikan hormon perangsang.

Cara Memijahkan Lele jenis ini memang terbilang praktis dan tidak ada resiko kegagalan. Selain itu penggunaan hormone perangsang juga tidak memerlulan donor ikan. Karena kematangan gonad bisa di pacu dengan pemberian suntikan hormone perangsang. Saat ini hormone yang di gunakan untuk merangsang prose's pemijahan lele yang banyan di jual antara lain ovaprim dan chorulon.

Proses kerja dari hormon perangsang pemijahan lele adalah dengan mempengaruhi kerja dari kelenjar hifofisa yang berfungsi merangsang pertumbuhan dan pematangan sel telur. Untuk dosis penyuntikan hormone perangsang ini adalah 0,3 - 0,5 mm perkilo gram berat indukan lele. Apabila indukan lele seberat 2 kg maka dosis yang di berikan sekitar 0, 6 - 1 mm.

Untuk teknik penyuntikn hormone perangsang usahakan jantan dan betina di until semua.

3.Pemijahan lele dengan cara in vitro.

Cara Memijahkan Lele ini dimana pembuahan dilakukan oleh manusia di mana sel telur dimasukan kedalam wadah atau tabung. Teknik ini memerlukan tingkat ketelitian dan keahlian yang tinggi. Cara ini memang banyak yang tidak menguasai. Tahapan dalam pemijahan lele dengan in vitro antara lain :
- indukan jantan di bunuh dan diambil spermanya.
- indukan betina terlebih dahulu di suntik hormone perangsang.
- urut bagian perut indukan betina dan usahan del telur bisa keluar tuntas.
- taruh sel telur kedalam mangkuk
- kemudian campur sperma dan sel telur.
Untuk lebih detail bisa di NACA di artikel selanjutnya.

4. Pemijahan lele dengan penyuntikan hipofisa.

Cara Memijahkan Lele dengan hipofisa sama dengan pemijahan yang lainnya. Cuma untuk pemijahan ini di perlukan ikan donor. Tujuan dari ikan donor ini untuk diambil kelenjar hipofisa yang bertujuan sebagai penambah ransangan pada ikan lele.

Demikian artikel tentang Cara memijahkan ikan lele. Semoa artikel yang sedikit ini bisa bermanfat.
Baca juga tentang Peluang Bisnis Budaya ikan lele

Related Posts:

0 Response to "Cara Memijahkan Lele"