PAKAN IKAN LELE YANG BERPROTEIN TINGGI

PAKAN IKAN LELE YANG BERPROTEIN TINGGI - Hal yang paling penting ketika budidaya ikan lele  adalah makanan ikan lele, kita harus memberikan makanan yang bergizi agar ikan lele bisa berkembang dengan baik dan sehat. Sumber makanan yang paling penting untuk ternak lele adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi.


Salah satu makanan ikan lele yang mempunyai kandungan protein tinggi  adalah pakan alami yang merupakan pakan dari alam bahkan pakan ini terbiulang sangat menguntungkan dan sangat murah di pasaran.

PAKAN IKAN LELE YANG BERPROTEIN TINGGI

PAKAN IKAN LELE YANG BERPROTEIN TINGGI
Pakan Lele
ikan lele merupakan hewan yang masuk golongan Omnivora (memakan makanan tanaman dan hewan) dan membutuhkan antara 35% sampai 47% protein makanan pada umumnya.

Berikut adalah jumlah kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh lelel dari anakan sampai dewasa;

Anakan – 50% dan lebih banyak pada berat kering

Remaja – 35% sampai 40%

Dewasa – 30% sampai 40%

Jadi apa itu protein? Protein adalah senyawa organik yang terdiri dari rantai kecil molekul yang mengandung nitrogen yang disebut asam amino. Ada 20 asam amino umum, 12 di antaranya sangat penting untuk ikan guppy. Mereka disebut asam amino esensial. Yang lainnya disebut asam amino yang tidak penting. 

Asam amino non-esensial dapat digunakan untuk energi atau dipecah menjadi asam amino esensial.

Protein adalah komponen terpenting dari diet Ikan Lele karena asupan protein pada umumnya menentukan pertumbuhan.

Ikan Lele harus diberikan dengan jumlah asam amino esensial yang cukup dan proporsional. Penggunaan makanan Buatan Pabrik memang mempunyai banyak keuntungan dengan sudah terukurnya nilai protein di dalam nya. Tetapi Permasalahannya harga pakan pabrikan cenderung mahal dang sangat merugikan peternak lele.

Secara umum, jika makanan yang diberikan sejajar dengan struktur protein yang di miliki oeleh ikan lele sendiri, akan lebih ‘mudah dicerna’ dan menjadi berguna bagi si Ikan Lele.

Dengan demikian, 3 makanan terbaik yang bisa Anda pilih untuk memberi makan Ikan Lele Anda;

1. Ikan rucah

2. Bekicot atau keong sawah

3. Maggot atau belatung

4. Cacing Sutera

Ikan olahan olahan juga bagus tapi ingat bahwa pengolahan menghancurkan beberapa nutrisi di dalamnya. 

Kebanyakan peternak Ikan Lele akan menggunakan cacing sutera untuk ikan lele yang baru menetas karena ini adalah yang terbaik kedua dan lebih mudah disiapkan.


Kebanyakan peternak lele tahu bahwa makanan berprotein tinggi penting bagi guppies mereka tapi biasanya tidak tahu kenapa. Kentang goreng biasanya membutuhkan lebih banyak protein daripada Ikan Lele dewasa. 

Protein yang tidak digunakan untuk reproduksi jaringan digunakan sebagai energi.

Metabolisme protein ini terhadap gula menghasilkan pelepasan amonia beracun yang dieliminasi ke dalam air oleh insang (85%) dan ginjal (15%). 

Amonia yang dilepaskan ke dalam akuarium adalah polutan. Hal ini didetoksifikasi oleh bakteri filter yang menggunakannya sebagai sumber makanan.

Jadi jika seseorang menggunakan makanan ikan Lele dengan diet protein yang sangat tinggi, maka akan menambah beban pada sistem filtrasi dan memburuknya kualitas air. 

Dengan demikian bio filter yang kuat di tangki Ikan Lele dan secara teratur mengubah air sangat penting. Filter menghilangkan amonia. Ini adalah kunci pengelolaan air tangki Ikan Lele yang baik.

Sekian pembahasan untuk pakan lele yang mempuyai protein tinggi dan untuk lebih jelasnya bisa terus baca di blog penyuluh perikanan ini. Ternak Ikan Lele akan selalu terus menguntungkan.

close
PAKAN IKAN LELE YANG BERPROTEIN TINGGI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment