Skip to main content

Posts

Showing posts from July, 2017

MENAKAR KINERJA PENYULUH PERIKANAN

MENAKAR KINERJA PENYULUH PERIKANAN

Oleh: Toguan Sihombing, S.Pi

Dalam waktu dekat, kelihatannya akan ada awan cerah yang dapat kita (penyuluh perikanan) lihat dan memberikan era baru akan perubahan nasib sebagaimana yang dibayangkan dan diharapkan. 

Seiring dengan telah adanya hasil rapat kementerian KP dengan Komisi IV DPR dan semoga pengesahan anggaran perubahan lancar, tentunya hak-hak kita sudah didepan mata.

Sisi lain yang mungkin perlu saya tuliskan sebagai sebuah kerisauan adalah pengalaman dari mengikuti uji kompetensi profesi penyuluh dan kompetensi teknis sesuai bidang yang dipilih. 


Mari kita camkan bersama sejauh mana kita kompeten akan hal tersebut, jawabnya nanti apakah layak untuk mendapatkan hak semisal Tukin yang kita impikan.

Selain contoh diatas, capaian kinerja juga dapat kita lihat sendiri bagaimana realisasi SKP tahunan yang dibuat? Standar Kinerja Pegawai bisa saja kita stel sesuai keinginan, namun begitu banyak kendala dalam hal pembuktian fisiknya. 

Hasil capaian kin…

POTENSI GARIS PANJANG PANTAI INDONESIA

Potensi garis panjang pantai indonesiaPerlu sahabat penyuluh perikanan ketahui bahwa ada potensibkelautan dan perikanan indonesia yang belum teroptimalkan kan yaitu garis pantai.Indonesia memiliki garis pantai terpanjang keempat di dunia dengan panjang mencapai lebih dari 95.181 kilometer (km).
"Ada koreksi ternyata, ternyata panjang garis pantai kita 95.181 km. Panjang garis pantai tersebut apabila kita optimalkan seperti untuk budidaya dan petani garam mungkin indonesia tidak akan mengimpor garam kembali. Baik garam industri maupun garam perumahan.
Dari data sebelum di koreksi panjang garis pantai Indonesia dari 81.000 km menjadi 95.181 km ini telah diumumkan PBB pada 2008 lalu. Dan koreksi tersebut telah menetapkan bahwa garis pantai indonenesi terpanjang ke empat di dunia.
Dengan koreksi yang dilakukan PBB tersebut kini Indonesia justru berada di posisi keempat setelah Rusia. Dan potensi garis panjang pantai indonesia masih banyak yang terbengkalai.
Sedangkan negara pemilik gari…

JENIS DAN BENTUK PURSE SEINE

Jenis Dan Bentuk Purse seine
Jenis Dan Bentuk Purse Seine - Metode penangkapannikan dengan alat tangkap purse seine ialah dengan cara melingkarkan jaring pada sesuatu gerombolan ikan dengan jaring di bawah permukaan air (Ayodhoa), 
Penangkapan ikan denhan purse seine sudah berkembang lama. Biasanya penangkapan purse seine mnggunakan alat bantu penangkapan ikan berupa lampu dan rumpon. Selain itu terdapat juga power block untuk menarik jaring.
Tetapi di berbagai daerah Jenis dan bentuk purse seine berbeda beda dari  bentuk dan tipenya bermacam-macam. Lantas jenis dan macam purse seine antara lain :
1. Jenis purse seine Berdasarkan ukurannya
a. Mini Purse Seine (panjang < 300 m)
b. Purse Seine sedang (panjang ≥ 300 - ≤ 600 m)
c. Purse Seine besar (panjang > 600 m)

2. Jenis purse seine Berdasarkan kapal yang digunakan
a. One boat Purse Seine (kapal tungga)
b. Two boat Purse Seine (kapal ganda)

3. Jenis purse seine Berdasarkan sasaran ikan yang ditangkap
a. Sardine Purse Seine
b. Meckerel Purse …

DEFINISI PERIKANAN DAN PENANGKAPAN IKAN

DEFINISI PERIKANAN DAN PENANGKAPAN IKAN - Blog ini selalu membahas artikel tentang perikanan dan penangkapan ikan. Sebagai mana judul di atas maka sebagai penyuluh perikanan maka definis tentang perikanan dan penangkapan ikan harus di ketahui dan di mengerti.

Sebagai pelaku perikanan kita mesti harus mengetahui tentang makna perikanan dan makna dari penangkapan ikan.

DEFINISI PERIKANAN DAN PENANGKAPAN IKAN Definisi PERIKANAN
Definisi ini mengacu pada peraturan perundang undangan yaiti (UU No. 31 tahun 2004): dimana di situ di sebutkan bahwa perikanan adalah :
Semua kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan pemasaran, yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan.
Jadi sebagai penyuluh perikanan definisi perikanan tersebut harus dinpelajari semuanya. Begitu komplej arti sebuah perikanan maka ilmu tentang perikanan akan selalu berkembang.
Definisi Penangkapan Ikan
Definisi Pen…

ALAT TANGKAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN

Alat tangkap ikan ramah lingkungan - Teknologi penangkapan ikan dari tahun ke tahun semakin berkembang. Perkembangan alat penangkapan ikan didasari pada peningkatan hasil yang maksimal. Kondisi ini mengakibatkan muncul beberapa alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.
Alat tangkap ikan di harapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi nelayan. Oleh karena itu pengaturan tentang alat penangkapan ikan menjadi perhatian pemerintah. 
Dan pemerintah melalui kementrian kelautan dan perikanan telah mengeluarkan beberapa peraturan yang melindungi habitat ikan serta kesejahteraan nelayan. Seperti Permen 02 tahun 2015 dan permen 71 tahun 2016.
Alat tangkap ikan ramah lingkungan pada saat ini sedang di gencarkan dengan tujuan menjaga kelestarian sumber daya ikan dan keberlangsungannya.
Adapun kriteria alat tangkap ikan ramah lingkungan antara lain :
- mempunyai Selektiitas yang tinggi
Selektifitas yang di maksud adalah hasil tangkapan bisa di seleksi. Antara yang bisa di manfaatkan dan bisa berkemb…

IDE OLAHAN LELE YANG LARIS DI PASARAN

Ide Produk Olahan Lele Yang Laris Di Pasaran - Pada umumnya, para peternak atau pembudidaya ikan lele menjual ikan-ikan yang telah dipanen kepada para tengkulak. setelah dijual bukannya untung malah rugi.
Sebagian besar ada pula yang memasok warung makan dan restoran untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Tetapi apa jadinya kalau harga yang ditawarkan mereka terlalu rendah sehingga membuat kita hanya bisa balik modal atau malah rugi?
Solusinya atau pemecahan masalah untuk para petani lele atau pembudidaya lele untuk meningkat kan nilai tambah pada produk ikan lele adalah mengolah ikan lele tersebut menjadi suatu produk yang siap konsumsi agar nilai ekonomisnya naik. 

IDE OLAHAN LELE YANG LARIS DI PASARAN
Anda harus memperhatikan landasan dasar ini dengan baik sebab percuma kalau olahan ikan lele yang dibuat ternyata tidak mampu memberikan keuntungan yang berarti. Nama juga suatu usaha dan usaha itu harus mendapatkan keuntungan atau propit.

Ingat dalam membuat olahan ikan lele tersebut, A…

MENSTERILKAN KOLAM YANG BARU BUAT

Mensteriilkan Kolam Yang Baru Di Buat - Sebagai wadah untuk memelihara atau budidaya ikan. Peranan Kolam menjadi sangat Penting. Dimana Kolam yang baik, bersih dan sehat akan menjadikan habitat yang sangat bagus bagi ikan di dalamnya. 

Sebagai pembudidaya dan penghobi Ikan sering kita membuat sebuah kolam dan karena ingin kolam tersebut steril maka air dalam kolam kita biarkan dahulu mengendap dan setelah beberapa hari air tersebut kita kuras dan di buang.

MENSTERILKAN KOLAM YANG BARU BUAT
Kegiatan yang seperti itu di rasa kurang efektif dan effisien, Padahal terdapat beberapa trik sederhana agar membantu mempercepat proses sterilisasi kolam ikan ini. Para pembudidaya atau penghoby ikan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Cara nya adalah sebagai berikut Untuk Kolam Tanah 

Cara mensterilkan kolam tanah yang baru di buat ada beberapa cara yaitu - Menjadikan kering dengan menimbun daun daun
- Menebar bubuk kapur di dinding dinding kolam dan dasar kolam

CACING SUNGAI UNTUK BUDIDAYA IKAN

Cacing Sungai Untuk Budidaya Ikan - Cacing Sungai Yang sering kita lihat sebenarnya mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. 

Karena Cacing Sungai Yang ada sebenarnya bisa di manfaatkan untuk pakan pakan ikan kecil pada semua budidaya ikan. 

Baik itu budidaya ikan lele, budidaya ikan gurame, budidaya ikan nila, atau budidaya ikan hias. Dalam perkembangnya cacing sutera diolah sebagai pakan yang paling di gemari oleh para pembudidaya ikan.

Cacing sungai . Cacing sutera bisa di gunakan untuk budidaya perikanan sebagai pakan ikan ikan kecil. Sebenarnya cacing sutera atau cacing sungai sangat mudah untuk di budidayakan, tetapi apabila kita mempunyai sungai yang kondisi cacing sutera melimpah maka budidaya cacing tidak perlu di lakukan

CACING SUNGAI UNTUK BUDIDAYA IKAN
Adapun langkah-langkah/ Cara - cara  untuk menangkap cacing sungai/ cacing sutera antara lain :
- Cacing Sungai / Cacing Sutera biasanya hidup di sungai sungai yang kotor.Lakukan survei terlebih dahulu untuk mencari tahu lokasi sunga…

CERITA PENGEPUL CACING SUTERA

Cerita Pengumpul Cacing Sutera - Pekerjaan sebagai petani cacing mungkin terasa aneh untuk didengar. Namun pekerjaan tersebut memang ada dan dilakukan oleh mereka, para penduduk tepi Sungai Cisadane yang memanfaatkan sungai tersebut sebagai tempat cacing berkembang biak. 
Pak Sarba adalah salah satu penduduk tepi Sungai Cisadane yang bekerja sebagai petani cacing. 

Beliau dan teman-teman satu profesinya menyebut diri mereka sebagai pencari “harta karun”. Harta karun yang dimaksud adalah cacing sutra yang hidup di dasar Sungai Cisadane. Cacing sutra tidak dapat hidup dan berkembangbiak di semua dasar sungai. 
CERITA PENGEPUL CACING SUTERA
Sungai Cisadane merupakan salah satu sungai yang menjadi tempat berkembang biak cacing halus itu. Salah satu faktornya adalah karena banyaknya pabrik tahu dan tempe di sekitar sungai yang membuang limbahnya ke Sungai Cisadane. 

Limbah dari pabrik tahu dan tempe ini membantu perkembangbiakan cacing sutra, sehingga hal itu dimanfaatkan oleh penduduk di pingg…

KANDUNGAN NUTRISI PADA KEPITING

Kandungan nutrisi kepiting- Kepiting cangkang lunak atau soft shell crab adalah salah satu makanan laut (seafood) di dunia yang terkenal karena kelezatannya. 

Kelezatan kepiting menjadikan kepiting sebagai primadona dalam bisnis restoran seafood. Permintaan akan kepiting untuk pasar lokal menjadikan penangkapan kepiting menjadi tak terkontrol.
Produk kepiting ini belum dikenal luas manfaat nya oleh masyarakat Indonesia meskipun banyak diproduksi di Indonesia. Masyarakat indonesia hanya menilai dari rasa yang timbul setiap mengkonsumsi kepiting padahal dari berbagai penelitian  begitu banyak manfaat yang bisa di dapatkan selain rasa yang enak. KANDUNGAN NUTRISI PADA KEPITING
 Kandungan dan manfaat dari kepiting antara lain :
• Kaya akan protein
Kandungan protein kepiting kurang lebih sekitar 22 gr/100 gr. Kandungan yang tinggi setelah kandungan ikan. Kandungan asam aminonya juga berprofil lengkap. Asam amino yang jumlahnya paling tinggi tiap 100 gramnya adalah glutamate 3474 mg, aspartat 24…

CARA MEMBUAT KEPITING GANTI KULIT

Cara Membuat Kepiting Ganti Kulit - BAYAM MELUNAKKAN CANGKANG KEPITING

Bayam (Amaranthus sp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. 

Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting (Anonim b, 2010).

Bayam relatif tahan terhadap pencahayaan langsung karena merupakan tumbuhan C4. Batang berair dan kurang berkayu. 

Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, berwarna hijau, merah, atau hijau keputihan. 

Bunga tersusun majemuk tipe tukal yang rapat, bagian bawah duduk di ketiak, bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan. 

Bijinya berwarna hitam, kecil dan keras (Anonim b, 2009).

Baca Juga ;

- Mengenal Bagian Tubuh Kepiting Bakau

- Budidaya Kepiting Bakau Polikultur dengan Rumput Laut

- Mengenal Kepiting Soka

CARA MEMBUAT KEPITING GANTI KULIT
Ditemukan bahwa bayam mengandung hormon molting yang secara alami di…