Baku Mutu Air Untuk Budidaya Ikan



Dalam melaksanakan usaha perikanan khususnya untuk budidaya sangat diperlukan  peranan kualitas air yg sangat penting dan menentukan suatu keberhasilan, mengapa demikian??? Karena air berfungsi sebagai media internal dan eksternal. Sebagai media internal air berfungsi sebagai bahan baku untuk reaksi dalam tubuh, pengangkut bahan makanan ke seluruh tubuh, pengangkut sisa metabolisme untuk dikeluarkan dari dalam tubuh dan pengatur atau penyangga suhu tubuh. Selain itu juga berfungsi sebagai media eksternal sebagai habitatnya. Oleh karena itu air yang memenuhi baku mutu kualitas air akan menunjang kehidupan dan pertumbuhan ikan.

Related Posts:

Aplikasi serbuk arang aktip untuk beberapa komoditas akuakultur


Arang aktif adalah adsorben limbah terlarut yang serbaguna. Pori-pori yang banyak dan gugus fungsinya yang beranekaragam menyebabkan arang aktif digunakan untuk banyak fungsi pengolahan limbah. Serbuk arang aktif dibuat dengan menghaluskan granule arang aktif sampai berukuran meshsize 90.

Ikan Nila Payau
Pada pembesaran ikan nila serbuk arang aktif diaplikasikan untuk air dengan dosis 0,5% dan kanji sebanyak 0,5% dari total pakan. Sedangkan pada pakan dilakukan metode coating dengan dosis serbuk arang aktif 1,5% dan kanji 1,5%. Dengan cara ini diperoleh kelangsungan hidup ikan nila 85% pada kepadatan 30 ekor/m2; panen 3 bulan dari ukuran 3-5 cm; FCR 1,3.

Related Posts:

ALAT TANGKAP PURSE SEINE


ALAT TANGKAP PURSE SEINE
I.Definisi purseseine
Purse Seine atau juga sering disebut “pukat cincin” karena alat tangkap ini dilengkapi dengan cincin untuk mana “tali cincin” atau “tali kerut” di lalukan di dalamnya. Fungsi cincin dan tali kerut / tali kolor ini penting terutama pada waktu pengoperasian jaring. Sebab dengan adanya tali kerut tersebut jaring yang tadinya tidak berkantong akan terbentuk pada tiap akhir penangkapan.
Prinsip menangkap ikan dengan purse seine adalah

Related Posts: