PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN- Dalam pengelolaan kesehatan ikan, terdapat dua kegiatanyaitu pencegahan penyakit yaitu tindakan yang dilakukan sebelum terjadipenyakit dan kontrol (pengobatan) terhadap penyakit, yang merupakan kegiatan setelah ditemukan adanya penyakit pada tubuh ikan.

Cara pencegahan lebih disarankan untukdilakukan karena cara ini akan menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan,dibandingkan jika kita lakukan pengobatan. 


Beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah:

a.  Mengelola kualitas air agar tetap pada kondisi optimal, agar ikan terhindar dari stress

b. Menjaga kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan sehingga ikan terjaga kesehatannya

c.  Melakukan sanitasi dan desinfeksi wadah dan alat yang digunakan.

d.  Melakukan karantina terhadap ikan yang baru masuk ke daerah pemeliharaan

e.  Mengisolir ikan yang terlihat ada gejala penyakit secara visual

f.  Mencegah penyakit dengan menambah bahan anti parasitik atau anti bakterial secara rutin/periodik.
 
Dan Cara pencegahan penyakit ikan yang baik tentu akan  memberikan keuntungan yang besar bagi pembudidaya.

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN
Apabila terpaksa dilakukan pengobatan ikan, makan perlu diperhatikan beberapa hal penting berikut ini, yaitu:

a.     Volume air

Volume air yang dipergunakan untuk pengobatan harus diukur atau diperhitungkan, karena akan mempengaruhi jumlahobat yang dipergunakan.  

Untuk efisiensi sebaiknya digunakan volume air yang kecil tetapi dilengkapi dengan aerasi yang memadai untuk menghindari terjadinya kekurangan Oksigen. Dan Cara tersebut termansuk dalam Cara pengelolaan Kualitas Air

b.    Jumlah Ikan

Jumlah ikan yang akandiobati juga harus diperhatikan, karena obat yang diberikan cenderungmemberikan dampak stress pada ikan, sehingga kebutuhan kadar oksigen dalammedia perlu ditambahkan dengan pemberian aerasi.

c.    Wadah Yang Digunakan

Sebelum melakukan pengobatan, harusdipilih wadah yang akan digunakan, yang berhubungan dengan volume air yangdigunakan untuk pengobatan dan jumlah obat menurut dosis yang digunakan.

d.    Penyakit Yang Menyerang

Sebelum melakukan pengobatan, harus diketahui dahulu jenis penyakit yang menyerang ikan, untuk menentukan jenis dan dosis obat yang akan digunakan.  

Jenis penyakit dapat diketahui dari gejala yang terjadi maupun melalui pengamatan secara makroskopis dan mikroskopis.  

Jika tidak memungkinkan untuk menentukan organisme penyebab menggunakan mikroskop,  gejala penyakit yang terlihat secara visual dapat menjadi pedoman bagi peternak yang telah berpengalaman.  Mencegah Penyakit pada budidaya ikan akan lebih baik dari pada pengobatan setelah sakit.

e.    Jenis dan Dosis Obat

Setelah diketahui jenispenyakit yang menyerang dan  penyebabpenyakit, barulah kita dapat menentukan obat dan dosis obat yangdigunakan.  

Keberhasilan pengobatan antara lain ditentukan oleh faktor ini selain tingkat keganasan dari penyakityang terjadi.  Sebagai pertimbangan lainadalah biaya produksi yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengobatan.  Obat harus dipilih yang efisien dan efektif kegunaannya.

PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN

close
PENGELOLAAN KESEHATAN IKAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny