MENGENAL CACING RAMBUT

Mengenal Cacing Rambut - Cacing Rambut sangat Populer di kalangan Para pencinta dunia perikanan Indoensia khusunya para pembudidaya Ikan. Karena Peranan dari Cacing rambut untuk mensuplay kebutuhan pakan untuk benih benih ikan yang baru diopijahkan.

Cacing Rambut lebih terkenal di beberapa daerah dengan nama yang berbeda beda semisalnya  Cacing Sutra, Cacing Cacing Tubilex atau sebutan Untuk jenis Pakan alternatif pembudidaya berupa cacing Rambut.

Saat ini Budidaya Akan cacing rambut semakin mengkilap, karena permintaan akan cacing sutera atau cacing rambut banyak datang dari para pembudidaya pembenihan ikan. Biasanya cacing rambut di dapatkan dari pengambilan di sungai atau selokan.

Cacing rambut di gunakan untuk memberi pakan pada bibit bibit ikan yang baru menetas, Untuk dosis pemberian pakan cukup dengan memberikan cacing rambut di kolam atau media pembenihan ikan.

Seperti pada pembenihan ikan lele, pemberian cacing rambut di mulai pada usia benih pada usia 2 minggu sampai usia sebulan,

Pemberian pakan bisa terus menerus untuk mengurangi penggunaan pakan pabrikan. Selain itu cacing rambut juga bisa di gunakan untuk pemberian pakan ikan yang lainnya.

Mengenal Cacing Rambut

Mengenal Cacing Rambut
Selain mendapatkan cacing rambut dari alam atau selokan, cacing rambut juga bisa di dapatkan dari usaha pembudidayaan cacing sutera atau cacing tubilex.

Untuk cara pembudidayaannya kita harus terlebih dahulu mengerti tentang habitat atau syarat hidup dari cacing rambut.

Budidaya cacing rambut bisa menggunakan media ember ataupun media kolam terpal atau kolam plastik. Dan habitat dari cacing rambut yang perlu kita ketahui adalah cacing rambut atau cacing sutera biasa hidup di aliran yang kotor dan banyak mengandung limbah.

Cacing rambut masih tergolong dalam hewan hermaprodit yang berkembang biak melalui telur.
Dan Cacing rambut mengalami pembuahan secara eksternal. yaitu dimana telur yang dibuahi oleh jantan akan membelah jadi dua sebelum saat menetas. 

Syarat hidup cacing rambut  yang perlu di ketahui oleh pembudidaya antara lain :
  
- Cacing rambut biasanya hidup di tingakat keasaman atau pada pH : 5. 5 – 8. 0

- Untuk temperatur Suhu cacing rambut memerlukan suhu yang baik antara: 25 – 28 c

- Cacing rambut memerlukan DO( oksigen terlarut ) berkisar 2, 5 – 7, 0 ppm

- Air yang pelan atau tidak terlalu deras debitnya. Untuk kebutuhan jumlah debit air secukupnya dan tidak terlalu besar mengingat cacing rambut  ini sangat kecil.

Untuk Cara Budidaya cacing rambut Bisa mengikuti trik di bawah ini 

- lahan uji coba berupa kolam tanah/terpal atau bisa menggunakan ember untuk kolam bisa menggunakan kolam berukuran 8 x 1,5m dengan kedalaman 30 cm.
 
- Dasar kolam atau media uji coba ini hanya diisi dengan sedikit lumpur ,Usahakan agar lumpur tidak terkontaminasi bakteri atau mengandung limbah
  
- Apabila matahari cukup terik, jemur kolam minimum sehari. Bersamaan dengan itu, kolam dibersihkan dari rumput atau hewan lain yang berpotensi menjadi hama bagi cacing sutra, seperti keong mas atau kijing.
 
- Pipa Air Keluar (Pipa Pengeluaran/Outlet)dicek kekuatannya dan pastikan berfungsi dengan baik.Pipa Pengeluaran ini sebaiknya terbuat dari bahan paralon berdiameter 2 inci dengan panjangsekitar 15 cm.
 
- Usai pengeringan dan penjemuran, usahakan kondisi dasar kolam bebas dari bebatuan danbenda-benda keras lainnya. Hendaknya konstruksi tanah dasar kolam relatif datar atau tidak bergelombang.
 
- Dasar kolam diisi dengan lumpur halus yang berasal dari saluran atau kolam yang dianggap banyak mengandung bahan organik hingga ketebalan dasar lumpur mencapai 10 cm.
 
- Tanah dasar yang sudah ditambahi lumpur diratakan, sehingga benar-benar terlihat rata dantidak terdapat lumpur yang keras.
 
- Untuk memastikannya, gunakan aliran air sebagai pengukur kedataran permukaan lumpur tersebut. Jika kondisinya benar-benar rata, berarti kedalaman air akan terlihat sama di semuabagian.
 
- Masukkan kotoran ayam kering sebanyak tiga karung ukuran kemasan pakan ikan, kemudiansebar secara merata dan selanjutnya bisa diaduk-aduk dengan kaki.
- Setelah dianggap datar, genangi kolam tersebut hingga kedalaman air maksimum 5 cm, sesuaipanjang pipa pembuangan.
 
- Pasang atap peneduh untuk mencegah tumbuhnya lumut di kolam.
 
- Kolam yang sudah tergenang air tersebut dibiarkan selama satu minggu agar gas yang dihasilkan dari kotoran ayam hilang. Cirinya, media sudah tidak beraroma busuk lagi.
 
- Tebarkan 0,5 liter gumpalan cacing rambut dengan cara menyiramnya terlebih dahulu di dalam ember atau baskom agar gumpalannya buyar.
 
- Cacing rambut yg sudah terurai dan terberai berai ini kemudian ditebarkan di kolam budidaya ke seluruh permukaan kolam secara merata.
 
- Seterusnya atur aliran air dengan pipa paralon berukuran 2/3 inci Penggunaan ukuran paralon ini agar debit air yang keluar tidak terlalu deras.


Cacing rambut atau cacing sutera bisa di budiyakan dengan intensif. Teknik budidaya cacing sutera ini sangatlah menguntungkan.

 
 Mengenal Cacing Rambut



close
MENGENAL CACING RAMBUT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment