MENGENAL TENTANG BUDIDAYA IKAN

Mengenal Budidaya Ikan - Kita acapkali mendengar istilah istilah budidaya ikan, ternak ikan atau pelihara ikan. Padahal kita belum mengerti sepenuhnya tentang arti budidaya ikan. Padahal makna dari budidaya ikan sangat luas dan komplek.

Budidaya ikan merupakan salah satu Pilihan cara lain usaha yg layak dicoba apalagi di ketika ekonomi semakin sulit. Dimana masyarakat kesulitann dalam mencari penghasilan maka dengan memelihara ikan ada tambahan untuk keperluan sehari hari ikan.

Dan pengertian Budidaya Ikan adalah segala sesuatu mengenai pemeliharaan ikan, pengolahan ikan hasil & semua upaya yang menaruh manfaat dan  hasil baik produk, jasa & distribusi.

Kesulitan ekonomi akan mengakibatkan kita secara spontan kita akan memutar otak mencari peluang bisnis yang sempurna, yaitu usaha bisnis di sektor perikanan budidaya. Usaha ternak yg ternyata pula layak buat dilirik merupakan budidaya ikan. Banyak Pilihan jenis ikan apa yg akan kita budidayakan.
Mengenal Budidaya Ikan
Budidaya Ikan

Peluang bisnis ternak ikan ini jua relatif menggiurkan dengan keuntungan pada perkirakan lebih kurang 50% buat tiap masa panennya. 

Bahkan apabila kita lebih kreatif lagi maka keuntungan bisa lebih berdasarkan itu. Karena permintaan akan ikan di dukung dengan manfaat dari ikan yang cukup banyak. Apalagi masyrakatat sudah mengetahui tentang Kandungan Nutrisi Pada Ikan

Walau seluruh masih ada faktor lain yg berpengaruh seperti kapital, kondisi kolam, jenis ikan, pakan dan beberapa faktor lain yg ikut berperan pada budidaya Ikan. 

Karena dalam proses Budidaya ikan terdapat nyawa binatang yang wajib  kita perhatikan.

Mengenal Budidaya Ikan

Seperti kita ketahui bahwa taraf konsumsi ikan & permintaan pada negara kita sangat tinggi. Di Indonesia saja permintaan ikan baik ikan air tawar mauopun ikan laut sangat signifikan perkembangannya. 

Permintaan tadi masih belum sanggup terpenuhi semuanya dan itu merupakan alasan kenapa Budidaya ikan sangat menggiurkan.

Dengan taraf masa panen yg cepat berkisar 2-tiga bulan untuk ikan konsumsi serta harga ikan yg stabil maka bisnis ini patut dicoba yg merupakan peluang bisnis yg layak diperhitungkan. 

Walaupun terdapat beberapa jenis ikan yg pada budidaya mampu memakan waktu yg lebih lama   seperti Budidaya ikan gurame. Tetapi hal tadi bukan lah hambatan lantaran pembudidaya mampu melakukan usaha semua itu.

Tetapi ada beberapa hal yang sangat disayangkan sampai waktu ini permintaan pasar terhadap ketersediaan ikan masih belum sanggup terpenuhi secara most useful, bahkan masih bisa terbilang sangat jauh di bawah goal permintaan pasar, 

sebenarnya perkara tersebut mampu teratasi dengan catatan jika melakukan bisnis usaha budidaya ikan dilakukan secara intensif & continiu.

Selain itu minimnya pengetahuan dalam hal bisnis usaha budidaya ikan pula menciptakan beberapa sebagian mayoritas warga  pada Indonesia merasa kesulitan, bahkan tidak sporadis kegagalan pun kerap di alami karena seringkali kali nir di barengi menggunakan taktik yang sempurna.

Budidaya ikan membutuhkan beberapa hal yg harus diperhatikan salah  satunya adalah kualitas air atau Baku Mutu air untuk budidaya ikan berdasarkan loka atau wadah pemeliharaan. 

Perairan yg dipakai untuk pembudidaya ikan wajib  banyak mengandung zat-zat yg diharapkan ikan & jua bukan termasuk perairan yg tidakn rawan banjir.

Permukaan air juga nir boleh tertutup rapat sang flora seperti tanaman -flora air ataupun dedaunan lain. Karena Manfaat daun daunan dan tanaman sangatlah Banyak

PH air pula harus dalam kategori yg regular pada artian tidak terlalu asam ataupun basa. Suhu air pula harus stabil & tentu saja air yg digunakan tidak mengandung zat berbahaya bagi kesehatan ikan.

Selain kondisi lingkungan syarat bibit yang akan kita pakai buat budidaya ikan jua sangat berpengaruh. Hal ini sanggup menjadi hambatan terutama waktu kita akan memindahkan bibit ikan menurut pada jarak tempat yg jauh.

Yang perlu diingat ketika dalam budidaya ikan terutama ketika kita akan memasukkan ikan ke dalam kolam jangan eksklusif melepas ikan abaikan ikan tetap dalam plastik buat sementara ketika selesainya kondisi suhu air pada plastik & loka yang akan kita jadikan lokasi ternak ikan sudah dirasa seimbang silahkan melepas bibit ikan tadi.

Faktor lain yg pula berpengaruh dalam budidaya ikan adalah tentang makanan dan kesehatan ikan. Kita harus menaruh nutrisi yg relatif sehingga nantinya ikan akan tumbuh dengan best dan memberikan laba yang aporisma bagi pembudidaya.

Pembudidaya Ikan Dalam Hal Pakan Harus bisa mengelola dan manajemenkan. Apabila di rasa banyak sumber daya yang bisa di Gunakan sebagai Pakan Buatan Maka bisa mengurangi modal produksi pembudidaya.

Untuk Para pembudidaya Ikan agar hasil dari budidaya tersebut mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi lagi maka bisa di lakukan penanganan atau pengelolaan Hasil perikanan.

Peran Penyuluh Perikanan juga sangat di perlukan untuk menjaga agar pembudidaya bisa merasakan sukses. Dan jenis ikan budidaya inilah yang bisa menjadikan sukses diantaranya adalah Budidaya ikan lele, Ikan Mas, Ikan Gurame dan ikan nila.

0 Response to "MENGENAL TENTANG BUDIDAYA IKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close