Mengenal Bagian Tubuh Kepiting Bakau

Mengenal Bagian Tubuh Kepiting Bakau- Memahami Struktur dan morfologi dari Bagian Kepiting Bakau adalah sebuah keunikan yang tersendiri. 

Kepiting termasuk binatang yang Unik karena kepiting bisa hidup di darat dan di air. Kepiting termasuk hewan dan Ikan. Keunikan tersebut menjadikan perlunya kita mengetahui tentang Karakteristik Tubuh Kepiting.
Mengenal Bagian Tubuh Kepiting
Kepiting Bakau

Kepiting walaupun secara bentuk tubuh sama tetapi secara jenis dan ukuran berbeda beda. Mengingat Kepiting sama saja dengan kita mengetahui sisi keunikan dari kepiting. Seperti hanya kepiting bakau yang biasanya di hutan bakau atau mangrove.

Mengenal Kepiting bakau berarti kita mengenal struktur tubuh kepiting dan fungsinya Serta cara reproduksi kepiting.Kepeting Mempunyai Harga Komoditas yang tinggi dan biasanya kepiting jual belikan dalam kondisi hidup. Selain itu ada kepiting yang menjadi tren yaitu tentang kepiting soka atau kepiting lunak.

Struktur tubuh kepiting secara umum Kepiting merupakan hewan yang termasuk dalam subfilum Crustacea ordo Decapoda (yang berarti Kepiting “berkaki sepuluh” serta mengacu pada sepuluh  alat gerak). 

Jenis Kepiting

Jenis Kepiting dapat dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu kepiting Brachyura (kepiting yang sebenarnya) dan kepiting Anomura (kepiting “semu”).Dan Untuk Jenis Dibawahnya belum sepenuhnya terdata dan mudah di temukan.

Ada Perbedaan Mencolok antara Kepiting Semu dan Kepiting sebenarnya. Karena Biasanya untuk kepiting semu mempunyai 3 pasang kaki gerak dan kepiting sebenarnya mempunyai 4 pasang kaki gerak.

Kembali Lagi Kepada Kepiting Bakau, Dalam morpologi kepiting bakau Terdapat perbedaan karakter meristik yang dimiliki oleh ketiga spesies kepiting bakau yang ditemukan di kawasan mangrove.

Jenis Kepiting bakau yang dominan diantaranya adalah Scylla olivacea, Scylla serrata dan Scylla paramamosain,

Hewan kepiting bakau dikelompokkan ke dalam Phylum Athropoda, Sub Phylum Crustacea, Kelas Malacostraca, Ordo Decapoda, Suborder Pleocyemata dan Infraorder Brachyura
Mengenal Bagian Tubuh Kepiting Bakau

Bagian Mulut Kepiting 

Bagian mulut kepiting diselimuti oleh maxilliped yg rata, dan Anggota depan dari carapas tidak merubah sebuah rostrum yg panjang.  Organ Mulut tuntuk makan lewat capit kepiting yang membantu untuk memasukan makanan.

Bagian Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih (phyllobranchiate) dan insang Inilah yang membantu kepiting bakau untuk hidup di kadar oksigen yang rendah.

Bentuk insang kepiting bakau menyerupai dengan insang udang, namun dengan struktur yang berbeda. 

Insang yang terdapat di dalam tubuh berfungsi untuk mengambil oksigen biasanya sulit dilihat dari luar. Insang terdiri dari struktur yang lunak terletak di bagian bawah carapace.

Bagian Capit Kepiting

Capit kepiting sangat kuat dan mempunyai fungsi sebagai pertahanan diri. Selain itu bagian capit kepiting bakau juga mempunyai peranan sebagai peremuk makanan dan membantu proses makan. 

Karena bentuk mulut kepiting yang di  bawah karapas sehingga untuk makan perlu di bantu capit.

Bentuk Mulut Kepiting yang kecil di karena kan juga kepiting memiliki rangka yang keras dan kuat.

Bagian Kaki Kepiting

Kepiting Bakau mempunyai 3 pasang kai jalan dan satu pasang kaki renang .Kaki yang berbentuk runcing dan penuh dengan bulu bulu kecil mempunyai peranan dan fungsi yang unik. 

Kaki yang runcing berfungsi agar di saat bergerak di darat maka cengkraman kaki terhadap tanah semakin kuat dan bisa bergerak cepat. 

Sedangkan Bentuk Yang melengkung tersebut mempunyai fungsi di air. Dimana dengan kaki yang melengkum maka kepiting bakau akan bergerak bebas di air.

Untuk Bullu bulu yang terdapat di kaki berfungsi untuk mendeteksi adanya maka. Pendeteksian tesebut berdasarkan pengindraan oleh zat kimia yang dikeluarkan oleh kepiting bakau.

Bagian Antena Kepiting

Selain mengandalkan bulu pada kaki , Kepiting juga menggunakan antena di antara depan matanya. Tujuannya untuk mengetahui antara bahaya dan makan. Kepiting menggunakan kombinasi keduanya

Bagian Mata Kepiting.

Kepiting memiliki sepasang mata yang terdiri dari beberapa ribu unit optik. Matanya terletak pada tangkai, dimana mata ini dapat dimasukkan ke dalam rongga pada carapace ketika dirinya terancam.

Ada duri duri di bagian mata kepiting, letak posisinya enam diantara kedua mata dan sembilan berada di samping kanan dan kiri kepiting

Badan Kepiting

Badan atau Tubuh kepiting umumnya ditutupi dengan exoskeleton (kerangka luar) yang sangat keras dan biasanya di sebut carapas. Carapas tersebut untuk melindung bagian lunak kepiting seperti mulut, perut dan mata.

0 Response to "Mengenal Bagian Tubuh Kepiting Bakau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close