Skip to main content

MENGENAL BAGIAN TUBUH KEPITING BAKAU

Mengenal Bagian Tubuh Kepiting Bakau- Memahami Struktur dan morfologi dari Bagian Kepiting Bakau adalah sebuah keunikan yang tersendiri. 

Kepiting termasuk binatang yang Unik karena kepiting bisa hidup di darat dan di air. Kepiting termasuk hewan dan Ikan. Keunikan tersebut menjadikan perlunya kita mengetahui tentang Karakteristik Tubuh Kepiting.
Kepiting walaupun secara bentuk tubuh sama tetapi secara jenis dan ukuran berbeda beda. Mengingat Kepiting sama saja dengan kita mengetahui sisi keunikan dari kepiting. Seperti hanya kepiting bakau yang biasanya di hutan bakau atau mangrove.

Mengenal Kepiting bakau berarti kita mengenal struktur tubuh kepiting dan fungsinya Serta cara reproduksi kepitin

Kepeting Mempunyai Harga Komoditas yang tinggi dan biasanya kepiting jual belikan dalam kondisi hidup. Selain itu ada kepiting yang menjadi tren yaitu tentang kepiting soka atau kepiting lunak.

struktur tubuh kepiting secara umum Kepiting merupakan hewan yang termasuk dalam subfilum Crustacea ordo Decapoda (yang berarti Kepiting “berkaki sepuluh” serta mengacu pada sepuluh  alat gerak). 

Baca Juga ; Cara Membuat Kepiting Ganti Kulit

Jenis Kepiting dapat dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu kepiting Brachyura (kepiting yang sebenarnya) dan kepiting Anomura (kepiting “semu”).

Dan Untuk Jenis Dibawahnya belum sepenuhnya terdata dan mudah di temukan.
Mengenal Bagian Tubuh Kepiting


Ada Perbedaan Mencolok antara Kepiting Semu dan Kepiting sebenarnya. Karena Biasanya untuk kepiting semu mempunyai 3 pasang kaki gerak dan kepiting sebenarnya mempunyai 4 pasang kaki gerak.

Kembali Lagi Kepada Kepiting Bakau, Dalam morpologi kepiting bakau Terdapat perbedaan karakter meristik yang dimiliki oleh ketiga spesies kepiting bakau yang ditemukan di kawasan mangrove.
Jenis Kepiting bakau yang dominan diantaranya adalah Scylla olivacea, Scylla serrata dan Scylla paramamosain,

Hewan kepiting bakau dikelompokkan ke dalam Phylum Athropoda, Sub Phylum Crustacea, Kelas Malacostraca, Ordo Decapoda, Suborder Pleocyemata dan Infraorder Brachyura

Mengenal Bagian Tubuh Kepiting Bakau

Bagian Mulut Kepiting 

Bagian mulut kepiting diselimuti oleh maxilliped yg rata, dan Anggota depan dari carapas tidak merubah sebuah rostrum yg panjang.  Organ Mulut tuntuk makan lewat capit kepiting yang membantu untuk memasukan makanan.

Bagian Insang kepiting terbentuk dari pelat-pelat yang pipih (phyllobranchiate) dan insang Inilah yang membantu kepiting bakau untuk hidup di kadar oksigen yang rendah.

Bentuk insang kepiting bakau menyerupai dengan insang udang, namun dengan struktur yang berbeda. 
Insang yang terdapat di dalam tubuh berfungsi untuk mengambil oksigen biasanya sulit dilihat dari luar. Insang terdiri dari struktur yang lunak terletak di bagian bawah carapace.

Bagian Capit Kepiting

Capit kepiting sangat kuat dan mempunyai fungsi sebagai pertahanan diri. Selain itu bagian capit kepiting bakau juga mempunyai peranan sebagai peremuk makanan dan membantu proses makan. 

Karena bentuk mulut kepiting yang di  bawah karapas sehingga untuk makan perlu di bantu capit.
Bentuk Mulut Kepiting yang kecil di karena kan juga kepiting memiliki rangka yang keras dan kuat.

Bagian Kaki Kepiting

Kepiting Bakau mempunyai 3 pasang kai jalan dan satu pasang kaki renang .Kaki yang berbentuk runcing dan penuh dengan bulu bulu kecil mempunyai peranan dan fungsi yang unik. 

Kaki yang runcing berfungsi agar di saat bergerak di darat maka cengkraman kaki terhadap tanah semakin kuat dan bisa bergerak cepat. 

Sedangkan Bentuk Yang melengkung tersebut mempunyai fungsi di air. Dimana dengan kaki yang melengkum maka kepiting bakau akan bergerak bebas di air.

Untuk Bullu bulu yang terdapat di kaki berfungsi untuk mendeteksi adanya maka. Pendeteksian tesebut berdasarkan pengindraan oleh zat kimia yang dikeluarkan oleh kepiting bakau.

Bagian Antena Kepiting

Selain mengandalkan bulu pada kaki , Kepiting juga menggunakan antena di antara depan matanya. Tujuannya untuk mengetahui antara bahaya dan makan. Kepiting menggunakan kombinasi keduanya

Bagian Mata Kepiting.

Kepiting memiliki sepasang mata yang terdiri dari beberapa ribu unit optik. Matanya terletak pada tangkai, dimana mata ini dapat dimasukkan ke dalam rongga pada carapace ketika dirinya terancam.

Ada duri duri di bagian mata kepiting, letak posisinya enam diantara kedua mata dan sembilan berada di samping kanan dan kiri kepiting

Badan Kepiting

Badan atau Tubuh kepiting umumnya ditutupi dengan exoskeleton (kerangka luar) yang sangat keras dan biasanya di sebut carapas. Carapas tersebut untuk melindung bagian lunak kepiting seperti mulut, perut dan mata.

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

FERMENTASI AIR KOLAM LELE SEBELUM TEBAR BENIH

Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih - Sudаh banyak informasi dаrі sana sini baik dі buku maupun dі dunia maya bаhwа kunci utama dalam beternak ikan khususnya lele аdаlаh air уаng dі gunakan ѕеbаgаі media hidup. 
Maka dаrі іtu ѕеbеlum kita melangkah lebih jauh mengenai pengelolaan air kita harus mengetahui syarat hidup ikan lele terlebih dahulu supaya kita dараt menentukan cara untuk memenuhi segala persyaratan minimal media hidup lele уаng meliputi ѕеbаgаі bеrіkut :
Syarat Hidup Ikan Lele diantaranya adalah Ikan lele dараt hidup pada suhu 20*C dеngаn suhu optimal аntаrа 25-28*C. Dan Kondisi Air Yang sedikit Pun Ikan Lele  masih Bisa bertahan Hidup Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih Adapun untuk pertumbuhan larva Ikan lele diperlukan kisaran suhu аntаrа 26-30*C dan untuk pemijahan 24-28*C.
Selain itu Ikan lele juga dараt hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup sekalipun Oksigen nya Kurang,  kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin Pencahayaan mataha…

CIRI CIRI IKAN MAS

Apakah ciri-ciri dаrі ikan mas? Ikan mas аdаlаh ikan air tawar уаng mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan іnі dipercaya berasal dаrі China. Nаmun saat ini, ikan mas ѕudаh tersebar dі seluruh penjuru Indonesia. 


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn kegunaannya, 
jenis-jenis ikan mas dараt dikelompokkan menjadi dua golongan уаіtu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.
Ciri ciri ikan mas dapat kita lihat dari fisik ikan emas tersebut. Ikan mas bisa dilihat ciri dengan melihat secara kasat mata.Ikan mas mempunyai ciri antara lain : 

postur tubuh уаng berbentuk memipih, tegak, dan agak memanjang. 

Mulutnya berada dі ujung kepala bagian tengah serta dараt dijulur dan disembunyikan. 

Baca Juga ; Pembenihan Ikan Mas Cara Mudah


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn Ciri Ciri Dari Klasifikasinya:

1. Ikan Mas Bernapas menggunakan insang

2. Ikan Mas Mempunayi Sisik nya berwarna merah keemasan

3. Gerakan nya Lincah dan gesit

4. Mempunyai Bentuk Badan Yang gendut

Baca juga ; Penyakit Pada Ikan Mas

Berdasarkan Ciri Morfologi Ikan Mas  


Pada umumny…