Jenis Jenis Ikan Gurame

Jenis Jenis Ikan Gurame  - Jenis-Jenis Ikan Gurame Beserta Gambar Dan Penjelasannya Lengkap – Ikan Gurami/Gurame/Grameh (Osphronemus goramy) аdаlаh salah satu jenis ikan air tawar уаng banyak digemati ѕеbаgаі ikan konsumsi dі Asia Tenggara dan Asia Selatan. Sеlаіn ѕеbаgаі ikan konsumsi, ikan іnі јugа dipelihara dі kolam maupun akuarium.

Klasifikasi ilmiah Ikan Gurame


- Kingdom: Animalia

- Filum: Chordata

- Kelas: Actinopterygii

- Ordo: Perciformes

- Famili: Osphronemidae

- Genus: Osphronemus

- Spesies: Osphronemus goramy

Ikan gurami memiliki tubuh уаng lebar dan pipih. Gurami іnі semula menyebar dі pulau-pulau sunda besar уаіtu Sumatera, Jawa dan Kalimantan, tарі kini terlah banyak dipelihara dі berbagai negara dі Asia tеrutаmа Asia Tenggara dan Asia Selatan serta Australia.

Dі alam, gurame banyak hidup dі sungai, rawa atau kolam termasuk air payau. Gurame іnі merupakan ikan omnivora, ia memakan tumbuhan, serangga, ikan kecil dan barang уаng membusuk dі air. 

Terdapat 8 jenis ikan gurame diantaranya gurame soang, gurame jepun, gurame batu, gurame paris, gurame bastar, gurame bluesafir, gurame porselen dan gurame kapas.

Setelah Kita mengetahui bagaimana budidaya gurame yang baik dan menguntungkan. 

Maka kita wajib mengetahui jenis jenis gurame yang bisa untuk di budidayakan. Jenis Gurame ada lebih dari dua jenis dan jenis tersebut sangat mudah untuk di budidayakan.

Ada beberapa jenis Gurame diantaranya Gurame soang, Gurame jepun, Gurame paris, Gurame bastar, Gurame batu dan Gurame porselin

Jenis Jenis Ikan Gurame

Gurame Soang

Jenis Gurame Soang
Gurame Soang

Gurame Soang atau Gurame Angsa ini adalah jenis gurame yg dari menurut Jawa Barat terutama Ciamis dan sekitarnya sebagai akibatnya jenis gurame ini pula dianggap menggunakan gurame jawa barat.

Gurame soang memiliki ciri-karakteristik 

- mempunyai dahi yg menonjol baik jantan juga betinanya seperi angsa. 

- Bentuk tubuh gurame jenis ini pipih memanjang, 

- mempunyai warna tubuh kombinasu putih & hitam dengan bagian ekor ada rona kemerahan yang hanya akan terlihat kentara saat masig kecil (kurang dari 1 tahun). 

- Gurame soang bisa tumbuh sampai sepanjang 65 cm dengan berat mencapai 8 kg.

Gurame Jepun

Jenis Gurame Jepun
Gurame Jepun
Gurame jepun atau Gurame jepang ini merupakan jenis gurame yg mempunyai berukuran lebih kecil menurut gurame soang. 

Ukuran gurame jepun yaitu kurang lebih 45 centimeter buat panjangnya dengan bobot sekitar tiga,5-4 kg.

Jenis gurame ini lebih dikenal pada daerah Jawa Tengah, dan banyak yang menyatakan bahwa jenis gurame ini adalah gurame asli Jawa Tengah.

Gurame ini mempunyai rona hitam pekat dalam bagian atas tubuhnya dan mempunyai sisik putih dengan garis gelap sebagai akibatnya terlihat keabu-abuan, 

Saat masih berumur kurang menurut satu tahun, gurame ini terlihat agak berwarna kebiruan.

Gurame Paris

Jenis Gurame Paris
Gurame Paris
Gurame paris ini memiliki tubuh berwarna oranye. 

Tetapi sebenarnya, gurame jenis ini memiliki warna dasar merah cerah hanya saja terdapat rona putih dibagian tubuhnya sehingga tampak berwarna oranye. 

Berat maksimal  ikan gurame paris yaitu sekitar 1,lima kg.

Gurame Bastar

jenis Gurame Bastar
Gurame Bastar
Gurame bastar mempunyai rona abu-abu kehitaman dan berwarna putih pada bagian kepalanya. Gurame jenis ini memiliki sisik yg lebar & mempunyai pertumbuhan yg cepat.

Gurame Kapas

jenis Gurame Kapas
Gurame Kapas
Gurame ini mempunyai warna putih keperakan terlihat misalnya warna kapas menggunakan sisik yang lebar & keras/kasar. Pertumbuhan ikan gurame ini cukup cepat, ikan ini bisa tumbuh dengan bobot mencapai 1,5 kg.

Gurame Blue safir

jenis Gurame Blue Safir
Gurame Blue safir
Jenis gurame ini memiliki warna hitam kemerahan, hampir sama dengan gurame lain yang terlihat kemerahan. Ikan gurame bluesafir dapat mencapai panjang aporisma lebih kurang 35 cm & berat kurang lebih 4 kg.

Gurame Batu

Jenis Gurame Batu
Gurame Batu
Jenis gurame batu ini paling jarang dijumpai karena budidaya ikan ini masih sedikit. Gurame batu mempunyai ciri-karakteristik berwarna hitam merata dengan sisik yg keras/kasar.

Gurame ini mempunyai pertumbuhan yg lambat dan ukuran maksimalnya tidak terlalu akbar. Saat erumur satu tahun, ikan ini hanya berbobot 0,5 kg.

Gurame Porselin

Jenis Gurame Porselin
Gurame Porselin
Gurame porselin mempunyai rona merah muda yg verah menggunakan warna putih dibagian bawahnya. Ikan ini mempunyai berukuran kepala yang kecil. 

Pertumbuhan gurame jenis ini cukup cepat menggunakan bobot rarta-homogen mencapai dua kg.

Semoga artikel Tentang Jenis jenis Ikan Gurame bisa menambah wawasan dalam prospek budidaya gurame dan menambah pengetahuan tentang budidaya gurame

0 Response to "Jenis Jenis Ikan Gurame"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close