Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi - Ikan air tawar mempunyai beberapa jenis dan spesies yang banyak ikan tawar merupakan ikan yang menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau.Keaneka ragaman ikan air tawar memang masih kalah dengan spesies dan jenis ikan air laut. Namun untuk Konsumsi Ikan tawar masih banyak peminatnya. 

Jenis ikan air tawar konsumsi kebanyak berasal dari hasil Budidaya dan pembesaran ikan .Ada banyak pilihan konsumsi untuk menentukan jenis ikan air tawar yang layak untuk di konsumsi.Jenis air tawar konsumsi masih didominasi oleh ikan mas, lele, patin, nila dan gurami. Jenis ikan tersebut banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia juga banyak dikembangkan jenis ikan lain seperti belut dan nilam.
Jenis Ikan Mas
Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang tingkat konsumsi paling dahulu terkenal dari pada jenis ikan air tawar yang lainnya.

Ikan Mas biasanya di olah untuk di konsumsi dalam bentuk pepes ikan mas, atau ikan goreng. Dagingnya yang mempunyai tektur gampang hancur menjadikan ikan mas gampang di konsumsi,

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

Ikan Tawar Konsumsi jenis ini termasuk primadona, karena jenis ikan lele sangat mudah di dapatkan. Selain itu ikan lele termasuk ikan yang mudah dan menghasilkan untuk di kembang biakan.

Ikan lele bisa kita temui di setiap penjual makanan di pinggir jalan. Dan bentuk Olahan untuk konsumsi, ikan lele biasanya di goreng dan di asap. 

Saat ini karena berlimpahnya ikan lele muncul produk produk olahan untuk konsumsi dari ikan lele semisal produk abon lele, bakso lele dan nughet lele.

Ada jenis ikan lele yang sering di budidayakan masyarakat antara lain : Jenis Sangkuriang, Jenis Phyton, Jenis Dumbo dan jenis Lokal.


Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi
Ikan nila adalah ikan air tawar yang mudah untuk di kembangkan. Selain modal yang sedikit dalam budidaya ikan nila di air tawar, ikan nila juga pasar konsumsinya masih tinggi. Ikan nila hampir mirip dengan ikan mas. 

Ketidaksukaangan Konsumen terhadap jenis ikan air tawar yang satu ini adalah mempunyai duri  sangat banyak. walaupun begitu ikan nilai mempunyai harga yang relatif stabil dan menghasilkan panen yang amat banyak


Ikan Gurame termasuk jenis ikan air tawar yang mahal diantara  yang lainnya. Harga yang tinggi di karena lama dalam proses pemanen. Ikan gurame relatif besar besar untuk ukuran ikan konsumsi. Dan jenis ikan gurame biasanya di budidayakan di daerah pegunungan dan bukit.

Ikan Gurame selain lama dalam pemanenan, untuk pemeliharaan juga terbilang sulit. Oleh karena itun banyak pembudidaya ikan menjadikan ikan gurame sebagai ikan budidaya sampingan.


Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi
ikan Patin adalah ikan aiar tawar yang termasuk dalam kelompok ikan catfish dan bentuk tubuhnya hampir mirip dengan ikan lele. Ikan Patin dapat hidup di perairan dengan kandungan oksigen relatif rendah. 

jenis ikan Patin sangat responsif terhadap pakan buatan serta memiliki pertumbuhan yang cepat sehingga termasuk ikan yang berukuran besar. Berbeda dengan ikan lele tidak terlalu besar dalam proses pemanenannya.

Dalam Perkembangan Konsumsi, Jenis ikan patin di sukai di daerah jawa barat. Berbeda dengan ikan lele yang hampir masyarakat indonesia mengkonsumsi. ada negara yang tingkat konsumsi jenis ikan patin tertinggi dan negara itu adalah Thailand.


Demikian artikel tentang jenis ikan air tawar konsumsi yang mudah di budidayakan dan sangat populer di masyarakat indonesia.  Setelah Kita mengetahui maka selanjutnya adalah lebih Mengenal Budidaya Ikan dimana kita akan mempelajari beberapa hal diantaranya :

Ciri Benih Ikan yang Baik dan Berkualitas

Mencegah Penyakit Pada Budidaya Ikan 

Pengelolaan Kualitas Air 

Baku Mutu Air Untuk Budidaya Ikan

 

 

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

3 komentar:

Selladrt said...

yang enak tu cuma ikn mujaer bro heheheh..

trmksih infonya kawan

Selladrt said...

kunjungan pgi yang enaktu ikan mujaer bro heheheh

Mas Glend said...

Saya paling tertarik dengan ikan lele. Karena sejak kecil saya terbiasa mengkonsumsi ikan tersebut