Kandungan nutrisi kepiting

Kandungan nutrisi kepiting
Kandungan nutrisi kepiting
Kandungan nutrisi kepiting- Kepiting cangkang lunak atau soft shell crab adalah salah satu makanan laut (seafood) di dunia yang terkenal karena kelezatannya. Kelezatan kepiting menjadikan kepiting sebagai primadona dalam bisnis restoran seafood. Permintaan akan kepiting untuk pasar lokal menjadikan penangkapan kepiting menjadi tak terkontrol.

Produk kepiting ini belum dikenal luas manfaat nya oleh masyarakat Indonesia meskipun banyak diproduksi di Indonesia. Masyarakat indonesia hanya menilai dari rasa yang timbul setiap mengkonsumsi kepiting padahal dari berbagai penelitian  begitu banyak manfaat yang bisa di dapatkan selain rasa yang enak.


 Kandungan dan manfaat dari kepiting antara lain :

• Kaya akan protein

Kandungan protein kepiting kurang lebih sekitar 22 gr/100 gr. Kandungan yang tinggi setelah kandungan ikan. Kandungan asam aminonya juga berprofil lengkap. Asam amino yang jumlahnya paling tinggi tiap 100 gramnya adalah glutamate 3474 mg, aspartat 2464 mg, arginin 1946 mg, lysine 1939 mg dan leusin 1768 mg.

• Kaya asam lemak omega-3

Seperti halnya hasil hewani laut lainnya, kepiting juga kaya asam lemak omega-3 yaitu sebesar 407 mg /100 gr. Omega 3 tersebut terdapat paling banyak apabila kepiting tersebut hasil dari penangkapan ikan bukan dari penangkaran atau pembudidayaan.

• Tinggi kandungan vitamin B12

Kepiting juga mengandung vitamin B12 yang tinggi yaitu sekitar 10,4 mcg/100 mg. Kandungan ini sudah mampu mencukupi kebutuhan harian vitamin B12 sebesar 174%. Selain itu kepiting juga mengandung niacin dan riboflavin dalam jumlah yang cukup baik untuk kesehatan.

• Kaya mineral zinc, copper dan selenium

Sebagai hasil laut, kepiting juga kaya kandungan mineral. Kandungan mineral yang tertinggi untuk 100 gr kepiting adalah selenium 48 mcg (68% kebutuhan harian), copper 0,7 mg (37% kebutuhan harian) dan zinc 5,5 mg (36% kebutuhan harian).

Setelah Kita mengerti tentang apa yang terkadung dalamn kepiting maka kandungan tersebut apakah bermanfaat untuk manusia. Manfaat kandungan yang ada pada kepiting bisa di jelaskan satu persatu. Dan Manfaatnya sangant banyak , diantara Manfaat kandungan nutrisi kepiting (Anonim, 2010), yaitu:

* Kandungan protein yang tinggi berfungsi vital bagi tubuh sebagai pembentuk enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, dan pembentuk sistem kekebalan tubuh

* Kandungan vitamin B12 sangat baik untuk menghasilkan energi dan pertumbuhan, meningkatkan metabolisme asam amino dan asam lemak, produksi sel darah merah, serta meningkatkan kesehatan syaraf dan kulit

* Asam lemak omega-3 dalam kepiting berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mencegah penyakit kardiovaskular (jantung), meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi sistem syaraf dan kesehatan mata, dan meningkatkan kecerdasan otak bila diberikan sejak dini.

* Mineral selenium berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel dari radikal bebas penyebab kanker dan penyakit jantung. Selenium diyakini berperan dalam mencegah kanker dan pengrusakan kromosom, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri serta mencegah peradangan.

* Mineral copper berfungsi sebagai komponen enzim redox, pembentukan selda rah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, serta mencegah penyakit tulang dan syaraf.

* Mineral zinc berfungsi untuk komponen pembentuk enzim-enzim tubuh, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat, mencegah kerontokan rambut.

* Kerang sangat cocok untuk menu diet yang tinggi protein karena mengandung lemak jenuh yang sangat rendah hanya 0,2 gram/ 100gram.

Lantas apakah anda akan berhenti memakan kepiting, atau anda akan terus mengkonsumsi nya setelah tahu betapa banyak kandungan nutrisi dan manfaatnya di dalamnya


.

Related Posts:

0 Response to "Kandungan nutrisi kepiting"