Skip to main content

CIRI BENIH IKAN BAIK DAN BERKUALITAS

Ciri Benih Ikan Baik dan Berkualitas
Ciri Benih Ikan Baik dan Berkualitas
Ciri Benih Ikan Baik dan Berkualitas -  BENIH BERKUALITAS

Dalam Dunia Budidaya Perikanan, Faktor benih berkualitas mempunyai prensentase keberhasilan sekitar 30 persen. Dimana benih yang baik dan berkualitas maka dalam pemanenan hasil akan lebih menguntungkan. 

Sebagai pembudidaya ikan setidaknya mengetahui ciri benih ikan yang baik dan berkualitas.Untuk memperoleh benih berkualitas, beberapa kriteria yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut:


CIRI BENIH IKAN BAIK DAN BERKUALITAS


1.Pembenih Terpercaya ( Sudah mempunyai nama )

Pembenih terpercaya dalam hal terpercaya karena pembenih tersebut sangat mengutamakan kualitas. Dan Referensi tentang pembenih yang terpercaya bisa di dapatkan dari informaso antar pembudidaya ikan.

Benih berkualitas dihasilkan oleh hatchery (balai benih) yang menggunakan standart tinggi dalam pembenihan atau pembenih (breeder) terpercaya karena mengusai di bidang pembenihan serta terpercaya karena pengalaman dan latar belakang keilmuan serta yang menerapkan sistem produksi benih yang baik.

2.Sehat dan Tidak Cacat

secara visual kondisi benih yang akan di budidayakan bisa kita amati. Benih yang hendak di budidayakan haruslah benih yang sehat dan tidak cacat, baik cacat karena turunan maupun cacat karena luka atau terserang penyakit. 

Kriteria Benih yang sehat akan aktif bergerak dan akan merespon bila diberi rangsangan. Rangsangan Tersebut bisa kita lakukan dengan pemberian pakan. Apabila pakan tersebut langsung di santap maka benih bisa di pastikan baik. 

3.Ukuran Benih sama

Ukuran Benih sama atau Benih yang berukuran seragam. Dimana Benih yang mempunyai ukuran sama dapat memanfaatkan pakan lebih efisien karena tidak ada ikan yang selalu kalah bersaing dalam memperoleh makanan. 

Apabila benih tidak sama maka di kuatirkan yang besar akan mendapatkan porsi makan banyak sedangkan yang lebih kecil akan tertinggal pertumbuhannnya.

4.Respon terhadap Pemberian Pakan

Respon terhadap Pemberian Pakan mengindentifikasikan bahwa benih cepat mendapatkan rangsangan. Benih yang berkualitas akan merespon pemberian pakan dengan menyambarnya ketika diberi pakan. Gerak lincah dan aktif.

5.Bebas dari Organisme Penyakit

Benih berkualitas bebas dari organisme penyakit seperti parasit, bakteri, jamur, atau virus.

6.Sesuai dengan Standar

Benih berkualitas dapat dikenali berdasarkan sifatnya dalam memenuhi kriteria kualitatif maupun kuantitatif.

Kriteria kualitatif adalah kondisi yang ditunjukan oleh benih berdasarkan asal-usul dan hasil pengamatan secara kasat mata. Benih yang baik merupakan hasil pemijahan yang bukan satu keturunan dengan bentuk tubuh yang normal dengan pergerakan aktif, bak terhadap arus air maupun terhadap rangsangan dari luar.

Kriteria kuantitatif dapat diketahui dari data umur, panjang, keseragaman ukuran, bobot minimal, serta keseragaman kelincahan gerakannya terhadap rangsangan dari luar dan terhadap arus air.

Baca Juga ;

BUDI DAYA KEPITING LUNAK

_ BUDI DAYA IKAN MAS

_ BUDI DAYA IKAN NILA 

_ BUDI DAYA IKAN SIDAT

_ BUDI DAYA IKAN TERIPANG

_ BUDI DAYA UDANG VANAMEI

_ BUDI DAYA CACING SUTERA

_ BUDI DAYA IKAN LELE SANGKURIANG


_ BUDI DAYA IKAN GURAME

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

FERMENTASI AIR KOLAM LELE SEBELUM TEBAR BENIH

Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih - Sudаh banyak informasi dаrі sana sini baik dі buku maupun dі dunia maya bаhwа kunci utama dalam beternak ikan khususnya lele аdаlаh air уаng dі gunakan ѕеbаgаі media hidup. 
Maka dаrі іtu ѕеbеlum kita melangkah lebih jauh mengenai pengelolaan air kita harus mengetahui syarat hidup ikan lele terlebih dahulu supaya kita dараt menentukan cara untuk memenuhi segala persyaratan minimal media hidup lele уаng meliputi ѕеbаgаі bеrіkut :
Syarat Hidup Ikan Lele diantaranya adalah Ikan lele dараt hidup pada suhu 20*C dеngаn suhu optimal аntаrа 25-28*C. Dan Kondisi Air Yang sedikit Pun Ikan Lele  masih Bisa bertahan Hidup Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih Adapun untuk pertumbuhan larva Ikan lele diperlukan kisaran suhu аntаrа 26-30*C dan untuk pemijahan 24-28*C.
Selain itu Ikan lele juga dараt hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup sekalipun Oksigen nya Kurang,  kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin Pencahayaan mataha…

CIRI CIRI IKAN MAS

Apakah ciri-ciri dаrі ikan mas? Ikan mas аdаlаh ikan air tawar уаng mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan іnі dipercaya berasal dаrі China. Nаmun saat ini, ikan mas ѕudаh tersebar dі seluruh penjuru Indonesia. 


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn kegunaannya, 
jenis-jenis ikan mas dараt dikelompokkan menjadi dua golongan уаіtu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.
Ciri ciri ikan mas dapat kita lihat dari fisik ikan emas tersebut. Ikan mas bisa dilihat ciri dengan melihat secara kasat mata.Ikan mas mempunyai ciri antara lain : 

postur tubuh уаng berbentuk memipih, tegak, dan agak memanjang. 

Mulutnya berada dі ujung kepala bagian tengah serta dараt dijulur dan disembunyikan. 

Baca Juga ; Pembenihan Ikan Mas Cara Mudah


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn Ciri Ciri Dari Klasifikasinya:

1. Ikan Mas Bernapas menggunakan insang

2. Ikan Mas Mempunayi Sisik nya berwarna merah keemasan

3. Gerakan nya Lincah dan gesit

4. Mempunyai Bentuk Badan Yang gendut

Baca juga ; Penyakit Pada Ikan Mas

Berdasarkan Ciri Morfologi Ikan Mas  


Pada umumny…