CIRI BENIH IKAN BAIK DAN BERKUALITAS

BENIH BERKUALITAS - Dalam Dunia Budidaya Perikanan, Faktor benih berkualitas mempunyai prensentase keberhasilan sekitar 30 persen. Dimana benih yang baik dan berkualitas maka dalam pemanenan hasil akan lebih menguntungkan. 

Sebagai pembudidaya ikan setidaknya mengetahui ciri benih ikan yang baik dan berkualitas.Untuk memperoleh benih berkualitas, beberapa kriteria yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut:

CIRI BENIH IKAN BAIK DAN BERKUALITAS

Ciri Benih Ikan Baik dan Berkualitas
Ciri Benih Ikan Baik dan Berkualitas

1.Pembenih Terpercaya ( Sudah mempunyai nama )

Pembenih terpercaya dalam hal terpercaya karena pembenih tersebut sangat mengutamakan kualitas. Dan Referensi tentang pembenih yang terpercaya bisa di dapatkan dari informaso antar pembudidaya ikan.

Benih berkualitas dihasilkan oleh hatchery (balai benih) yang menggunakan standart tinggi dalam pembenihan atau pembenih (breeder) terpercaya karena mengusai di bidang pembenihan serta terpercaya karena pengalaman dan latar belakang keilmuan serta yang menerapkan sistem produksi benih yang baik.

2.Sehat dan Tidak Cacat

secara visual kondisi benih yang akan di budidayakan bisa kita amati. Benih yang hendak di budidayakan haruslah benih yang sehat dan tidak cacat, baik cacat karena turunan maupun cacat karena luka atau terserang penyakit. 

Kriteria Benih yang sehat akan aktif bergerak dan akan merespon bila diberi rangsangan. Rangsangan Tersebut bisa kita lakukan dengan pemberian pakan. Apabila pakan tersebut langsung di santap maka benih bisa di pastikan baik. 

3.Ukuran Benih sama

Ukuran Benih sama atau Benih yang berukuran seragam. Dimana Benih yang mempunyai ukuran sama dapat memanfaatkan pakan lebih efisien karena tidak ada ikan yang selalu kalah bersaing dalam memperoleh makanan. 

Apabila benih tidak sama maka di kuatirkan yang besar akan mendapatkan porsi makan banyak sedangkan yang lebih kecil akan tertinggal pertumbuhannnya.

4.Respon terhadap Pemberian Pakan

Respon terhadap Pemberian Pakan mengindentifikasikan bahwa benih cepat mendapatkan rangsangan. Benih yang berkualitas akan merespon pemberian pakan dengan menyambarnya ketika diberi pakan. Gerak lincah dan aktif.

5.Bebas dari Organisme Penyakit

Benih berkualitas bebas dari organisme penyakit seperti parasit, bakteri, jamur, atau virus.

6.Sesuai dengan Standar

Benih berkualitas dapat dikenali berdasarkan sifatnya dalam memenuhi kriteria kualitatif maupun kuantitatif.

Kriteria kualitatif adalah kondisi yang ditunjukan oleh benih berdasarkan asal-usul dan hasil pengamatan secara kasat mata. Benih yang baik merupakan hasil pemijahan yang bukan satu keturunan dengan bentuk tubuh yang normal dengan pergerakan aktif, bak terhadap arus air maupun terhadap rangsangan dari luar.

Kriteria kuantitatif dapat diketahui dari data umur, panjang, keseragaman ukuran, bobot minimal, serta keseragaman kelincahan gerakannya terhadap rangsangan dari luar dan terhadap arus air.

0 Response to "CIRI BENIH IKAN BAIK DAN BERKUALITAS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close