ALAT TANGKAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN

Alat tangkap ikan ramah lingkungan - Teknologi penangkapan ikan dari tahun ke tahun semakin berkembang. Perkembangan alat penangkapan ikan didasari pada peningkatan hasil yang maksimal. Kondisi ini mengakibatkan muncul beberapa alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

Alat tangkap ikan di harapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi nelayan. Oleh karena itu pengaturan tentang alat penangkapan ikan menjadi perhatian pemerintah. 

Dan pemerintah melalui kementrian kelautan dan perikanan telah mengeluarkan beberapa peraturan yang melindungi habitat ikan serta kesejahteraan nelayan. Seperti Permen 02 tahun 2015 dan permen 71 tahun 2016.

Alat Tangkap ikan ramah Lingkungan
Alat tangkap ikan ramah lingkungan pada saat ini sedang di gencarkan dengan tujuan menjaga kelestarian sumber daya ikan dan keberlangsungannya.

Adapun kriteria alat tangkap ikan ramah lingkungan antara lain :

- mempunyai Selektiitas yang tinggi

Selektifitas yang di maksud adalah hasil tangkapan bisa di seleksi. Antara yang bisa di manfaatkan dan bisa berkembang biak lagi. Ada dua jenis selektiitas antara lain :

 * Selektifitas berdasarkan Ukuran

 * Selektifitas berdasarkan Jenis

- Tidak Merusak habitat

Alat tangkap ikan jenis ini tidak merusak habitat ikan seperti terumbu karang dan padang lamun. Apabila habitat rusak maka di pastikan sumber daya ikan akan hilang.

- Menghasilkan Ikan yang berkualitas tinggi.

Kualitas ikan yang tinggi di dasarkan pada tingkat harga ikan dan kesegaran ikan. Semakin tinggi harga ikan maka ikan bisa di katakan ikan tersebut mempunyai kualitas tinggi.

- Tidak Membahayakan Nelayan

Alat tangkap ikan ramah lingkunagan di harapkan agar dalam pengoperasian tidak membahayakan nelayan dalam pengoperasiannya baik di saat setting dan hauling.

- Hasil Tangkapan tidak membahayakan Konsumen

Ikan dan produk perikanan yang di hasilkan di harapkan tidak membahayakan konsumen atay pengguna.

-  Dapat diterima secara sosial

Alat tangkap ikan yang tidak mendatangkan konflik maka alat tangkap tersebut termasuk alat tangkap ikan ramah lingkungan.

- Tidak Membahayakan Ikan ikan yang di lindungi

- By catch rendah

Hasil tangkapan ikan yang terbuang rendah

- Dampak Biodiversity rendah

0 Response to "ALAT TANGKAP IKAN RAMAH LINGKUNGAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close