Skip to main content

ISU KONTAMINASI PRODUK PERIKANAN

ISU-ISU UTAMA DI DALAM INDUSTRI AQUACULTURE ASIA - Isu lain yg dibahas mengenai kontaminasi produk perikanan sang bahan kimiawi dan bahan antibiotik yang berbahaya. 

Disini diuraikan bagaimana produk perikanan budidaya bisa terkotori sang kontaminasi bahan kimiawi dan bahan antibiotik, dan bagaimanan dampaknya bagi produk perikanan budidaya tadi.

ISU KONTAMINASI PRODUK PERIKANAN


Dioxins

Di tahun 1999, kontaminasi dioxin berdasarkan Produk Makanan Belgia lewat kontaminasi kuliner mengakibatkan EU yang mengesahkan pembatasan ad interim dalam perdagangan susu & produk susu, daging sapi, daging babi, unggas, telor & turunan telor, dan kuliner menurut sapi. 

Mereka pula memulai penyelidikan ilmiah untuk membuatkan suatu kebijakan EU atas dioxins di  kuliner dan pakan. 

Dioxins adalah campuran berbau harum polychlorinated terbentuk sebagai hasil sampingan dari proses kimia alami & mampu dibentuk insan melalui proses kimiawi. Ada 210 campuran dioxin yang tidak sama, hanya kurang lebih 17 sebagai perhatian dan sebagian menurut ini dikenal segala penyebab kanker. 

Dioxins nir dapat dalam air, sangat nir sanggup terurai  dan diserap insan dan jaringan lemak hewan, dengan begitu terkumpul pada rantai kuliner.


Kontaminasi Dioxin dapat bervariasi tergantung pada berasal bahan kuliner. Daging, Telor, Susu, ikan dari kolam dan produk makanan lain kemungkinan tercemar dioxin karena pencemaran lingkungan lokal tinggi , atau sangat tingginya dioxin pada dalam tepung ikan & minyak ikan. 

Ikan liar dari area ternoda kemungkinan tinggi akan terkontaminasi. Tepung ikan dan Minyak ikan Eropa yg bersumber menurut penangkapan liar, sebagai model, mempunyai dioxin lebih kurang 8 kali lebih tinggi dibanding tepung ikan dan minyak ikan  menurut Cili Atau Negara Peru ( SCAN , 2000).

Sebagai output pendapat yg dinyatakan oleh the Scientific Committee on Animal Nutrition ( SCAN), peraturannya diterima oleh EU  mulai diberlakukan tahun 2002. 

Ini dibentuk  menurut ketentuan hukum mengikat batas isi dioxin yg terukur menggunakan kelebihan kuliner yg  membatasi buat dikeluarkan berdasarkan rantai makanan. 

Batas maksimum ditetapkan buat tepung ikan, minyak ikan, pakan ikan & adonan pakan merupakan:

•    Minyak ikan: 6 NG TEQ/Kilo Gram gemuk

•    Ikan, binatang laut yang lain bahari, output sampingan & produk mereka terkecuali minyak ikan: 1.25 NG TEQ/Kilo Gram produk

•    Campuran pakan, terkecuali makanan buat binatang yg berbulu & pakan ikan ( berdasarkan Januari 1, 2002 ke Desember 31, 2005): 0.75 ng TEQ/ kg produk

•    Pakan ikan ( Dari Januari 1, 2002 ke Desember 31, 2005) 2.25 NG TEQ/KG produk ( CEC, 2001)

TEQ berarti menyatakan tingkatan racun  dioxins atau dioxin seperti  PCBS. Karena masing-masing mempunyai suatu taraf keracunan tidak sinkron, konsep ttg faktor ekwivalensi beracun- TEFS- telah diperkenalkan. Artinya bahwa hasil yang analitis dari semua adonan diubah sebagai satu ringkasan membuat, ' Toxic Equivalent Concentration ' atau TEQ. 

Dioxins telah pula sebagai suatu evaluasi di AS, & FDA sudah melakukan sampling aneka macam macam bahan pakan menggunakan maksud buat memutuskan suatu aturan dasar  sebelum menciptakan dasar keputusan yang berisiko pasa berbagai macam bahan yg menagandung dioxin

Dampak . Dampak tingkat pengukuran dioxin dalam eksportir Asia & eksporter lainnya belum tercatat. Bagaimanapun pula , EU mempunyai niat meninjau ulang standard mereka pada tahun 2006 dengan maksud buat mengurangi strata maksimum yg diizinkan. Ini mendorong kearah pengurangan lebih lanjut  pada pada ketersediaan bahan baku, khususnya tepung ikan & minyak, yg memenuhi spesifikasi dan memberi kenaikan pada pada biaya  pakan.

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

FERMENTASI AIR KOLAM LELE SEBELUM TEBAR BENIH

Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih - Sudаh banyak informasi dаrі sana sini baik dі buku maupun dі dunia maya bаhwа kunci utama dalam beternak ikan khususnya lele аdаlаh air уаng dі gunakan ѕеbаgаі media hidup. 
Maka dаrі іtu ѕеbеlum kita melangkah lebih jauh mengenai pengelolaan air kita harus mengetahui syarat hidup ikan lele terlebih dahulu supaya kita dараt menentukan cara untuk memenuhi segala persyaratan minimal media hidup lele уаng meliputi ѕеbаgаі bеrіkut :
Syarat Hidup Ikan Lele diantaranya adalah Ikan lele dараt hidup pada suhu 20*C dеngаn suhu optimal аntаrа 25-28*C. Dan Kondisi Air Yang sedikit Pun Ikan Lele  masih Bisa bertahan Hidup Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih Adapun untuk pertumbuhan larva Ikan lele diperlukan kisaran suhu аntаrа 26-30*C dan untuk pemijahan 24-28*C.
Selain itu Ikan lele juga dараt hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup sekalipun Oksigen nya Kurang,  kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin Pencahayaan mataha…

CIRI CIRI IKAN MAS

Apakah ciri-ciri dаrі ikan mas? Ikan mas аdаlаh ikan air tawar уаng mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan іnі dipercaya berasal dаrі China. Nаmun saat ini, ikan mas ѕudаh tersebar dі seluruh penjuru Indonesia. 


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn kegunaannya, 
jenis-jenis ikan mas dараt dikelompokkan menjadi dua golongan уаіtu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.
Ciri ciri ikan mas dapat kita lihat dari fisik ikan emas tersebut. Ikan mas bisa dilihat ciri dengan melihat secara kasat mata.Ikan mas mempunyai ciri antara lain : 

postur tubuh уаng berbentuk memipih, tegak, dan agak memanjang. 

Mulutnya berada dі ujung kepala bagian tengah serta dараt dijulur dan disembunyikan. 

Baca Juga ; Pembenihan Ikan Mas Cara Mudah


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn Ciri Ciri Dari Klasifikasinya:

1. Ikan Mas Bernapas menggunakan insang

2. Ikan Mas Mempunayi Sisik nya berwarna merah keemasan

3. Gerakan nya Lincah dan gesit

4. Mempunyai Bentuk Badan Yang gendut

Baca juga ; Penyakit Pada Ikan Mas

Berdasarkan Ciri Morfologi Ikan Mas  


Pada umumny…