Kapal Purse Seine

Kapal Purse Seine - Purse Seine disebut juga “pukat cincin” karena alat tangkap ini dilengkapi dengan cincin untuk mana “tali cincin” atau “tali kerut” di lalukan di dalamnya. Fungsi cincin dan tali kerut / tali kolor ini penting terutama pada waktu pengoperasian jaring. Sebab dengan adanya tali kerut tersebut jaring yang tadinya tidak berkantong akan terbentuk pada tiap akhir penangkapan. Prinsip menangkap ikan dengan Purse Seine adalah dengan melingkari suatu gerombolan ikan dengan jaring, setelah itu jaring bagian bawah dikerucutkan, dengan demikian ikan-ikan terkumpul di bagian kantong. Dengan kata lain dengan memperkecil ruang lingkup gerak ikan. Ikan-ikan tidak dapat melarikan diri dan akhirnya tertangkap. Fungsi mata jaring dan jaring adalah sebagai dinding penghadang, dan bukan sebagai pengerat ikan.

Sedikit tentang definisi Purse seine maka akan membahas tentang Kapal Purse seine dimana Kapal Purse seine yang Seperti apakah yang mampu Optimal dalam melakukan Penangkapan Ikan.

Kapal Purse seine sebagai sarana apung dalam penangkapan Ikan sangat Berpengaruh dengan berhasil atau tidaknya operasi penangkapan ikan. Karena Dalam operasi penangkapan ikan tersebut kapal purse seine memerlukan kecepatan untuk melingkarkan jaring dan membutuhkan ke stabilan agar kapal purse seine tidak oleng dan terjaga stabilitasnya.

Dalam Perkembangannnya Kapal Purse seine kebanyakan menggunakan kayu dan masih banyak yang tradisional. Dilapangan saat ini kapal purse seine di peroleh dari kapal kapal bekas cantrang. Walaupun sejarahnya kapal kapal Cantarang sebelum di larang juga menggunakan kapal purse seine.

Kecepatan Kapal sangat erat dengan bentuk lambung kapal dan kekuatan dari mesin. Maka peranan teknik penggambaran kapal kapal purse seine di perlukan agar mendapatkan bentuk ideal untuk kapal dengan alat tangkap purse seine.

- Menangkap Ikan dengan Purse seine

- Alat Tangkap Purse seine

Related Posts:

0 Response to "Kapal Purse Seine"