BUBU WADONG, ALAT TANGKAP RAWAH LINGKUNGAN

Bubu wadong - pantai utara jawa yang hasilnya sangat memuaskan, adanya jaring bubu banyak sektor-sektor lain sebagai pendukung dari mulai ikan untuk umpan, iindustri es batu dan lain sebainya selain juga ramah lingkungan jaring bubu produksi eka plastik telah berhasil meningkatkan penghasilan nelayan baik yang besar, sedang dan kecil imbas nya pada kesejahteraan para nelayan dan pendapatan negara melalui peningkatan ekspor hasil laut sebesar 2,47 Triliun dari sektor ini ditahun 2012 terus meningkat dari tahun ke tahun sebelumnya

bubu wadong merupakan alat tangkap yang pengoperasiannya mirip dengan jenis alat perangkap lainnya. Bubu yang terbuat dari bahan besi kawat galvanis untuk rangkanya, dilapisi jaring PE pada bagian tubuh bubu, disulam atau di jurai dengan benang d6 biasanya digunakan nelayan tradisional.


Bubu wadong dapat dipasang sampai kedalaman lebih dari 40 meter sedangkan perangkap tradisional hanya mencapai kedalaman tiga meter. 

Selain sebagai alat tangkap ramah lingkungan karena perairan pantai tetap terjaga, jarring bubu juga menciptakan kerjasama antar nelayan sehingga mengurangi konflik yang timbul akibat perebutan wilayah penangkapan.

Perekonomian nelayan juga meningkat karena hasil tangkapan yang diperoleh dalam kondisi segar dan dapat dijual dengan harga tinggi, Cara kerja jaring bubu, menurutnya sangat mudah karena nelayan hanya menaruh umpan ditempat pengait lalu dikancing, jaring bubu dimasukan ke laut dan rajungan pun masuk ke perangkap, sehingga Rajungan dalam kondisi segar dapat dipanen setiap hari.

Penangkapan Rajungan yang dilakukan nelayan tradisional dengan menggunakan berbagai alat tangkap dapat mengakibatkan penurunan stok Rajungan Jumbo dan degradasi lingkungan. Penggunaan Bubu sebagai salah satu upaya nelayan mendapatkan Rajungan. Karena di sekitar Pantai Utara Jawa Untuk Stock Rajungan Terbilang masih banyak walaupun dalam setiap tahunnya ada tren penurunan hasil tangkapan.

Di Wilayah Pantai Utara Jawa saat ini telah terpasang 30 ribu/bulan Jaring Bubu di sepanjang pantai Utara Jawa dan produksi Rajunganya memberi kontribusi terbesar. Nilai Dari Rajungan yang sedikit stabil dan mempunyai Komoditas ekspor inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para nelayan.

Jaring bubu wadong sendiri diproduksi oleh Beberapa kelompok usaha nelayan yang bisa memproduksi jaring bubu. Untuk Produksi Skala besar memang belum banyak pemain usaha atau pengusaha yang mengambil peluang akan pembuatan alat tangkap. Sedangkan pada dewasa ini penggunaan alat tangkap ikan dari hari ke hari semakin berkembang.

 Penangan Rajungan Setelah Penangkap

Selain Bubu wadong Untuk Menangkap rajun ganjuga telah banyak pilihannya ada juga Bubu type kotak dan bubu rajungan Type Kubah.

Selain Mengetahui Jenis Jenis Bubu kita juga harus bisa mengetahui Tentang Bubu dan pembuatan Bubu

Related Posts:

0 Response to "BUBU WADONG, ALAT TANGKAP RAWAH LINGKUNGAN"