Skip to main content

Menteri Susi Raih Sertifikat Kompetensi Setingkat Doktoral

Menteri Susi Raih Sertifikat Kompetensi Setingkat Doktoral - Menteri Kelautan & Perikanan, Susi Pudjiastuti mendapat sertifikat kompetensi profesi bidang pembangunan kelautan dan perikanan menggunakan jenjang kualifikasi level 9.

Sertifikat kompetensi tadi diserahkan eksklusif oleh Kepala BNSP Sumarna F Abdurahman pada Susi hari  Selasa (22/11/2016).

Sumama memastikan bahwa mekanisme serta uji kompetensi yg dilakukan BNSP tersebut telah sinkron menggunakan Standar Kompetensi Kerja Khusus jabatan Ahli Utama Pembangunan Kelautan & Perikanan.


“Profesionalitas & kompetensi Menteri Susi dalam mengawal pembangunan kelautan dan perikanan sudah terbukti serta teruji menggunakan baik,” kata Sumama.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia & Pengembangan Masyarakat Kelautan dan Perikanan, Rifky Effendi, menambahkan, sertifikat kompetensi tadi diberikan menurut output uji kompetensi yang sudah dilaksanakan melalui Peer Review oleh Master Asesor penguji dari BNSP, didampingi tim ahli dari KKP.

Menurut Rifky, level ini merupakan jenjang tertinggi dalam Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) setara gelar Doktoral pada bidang akademik dengan capaian pembelajaran yg didapatkan melalui pendidikan, pembinaan kerja atau pengalaman kerja.

“Hal ini menurut Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 mengenai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia,” ungkapnya.

Rifky menyebutkan, buat meraih sertifikat pada bidang & level tadi, orang yg diuji kompetensi harus mempunyai 16 unit kompetensi yang ditetapkan BNSP. Kompetensi dimaksud, diantaranya mengembangkan keputusan strategis nasional bidang keilmuan kelautan & perikanan untuk menghasilkan kebijakan karya kreatif, original, & teruji; memecahkan permasalahan bidang kelautan dan perikanan melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, & transdisipliner.

Kemudian, membuatkan model perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan, & petambak garam; membuatkan taktik agunan mutu output perikanan; membuatkan/tetapkan strategi batas wilayah kelautan; berbagi strategi, mencegah, menghalangi, & memberantas illegal fishing; dan mengkoordinasikan pengelolaan daerah pesisir.

Kompetensi selanjutnya adalah tetapkan strategi penetapan bidang usaha tertutup dan terbuka pada penanaman kapital; mengembangkan strategi percepatan pembangunan industri perikanan nasional.

Adapula kompetensi memutuskan taktik kebijakan pembangunan moratorium perikanan; membuatkan disiplin ASN pada pelayanan perijinan perikanan; menyebarkan strategi proteksi satwa perikanan; mengembangkan taktik pengaturan pembatasan penggunaan indera tangkap buat kelestarian sumberdaya.

Sedangkan kompetensi lainnya yaitu, mengembangkan strategi pengembangan SDM perikanan; mengelola riset & pengembangan yang bermanfaat bagi kemasalahatan umat manusia dan mampu menerima pengakuan nasional & internasional; memimpin & mengembangkan pengembangan yang berguna bagi kemaslahatan umat insan, serta sanggup mendapat pengakuan nasional & internasional.

“Dalam mengelola riset, misalnya, Susi Pudjiastuti sudah usang melakukannya, salah  satunya tentang rumpon,” ucap Rifky.

Berdasarkan output risetnya, rumpon bisa menggangu migrasi ikan. Adanya rumpon, ikan dapat terjebak di tengah samudera , yg menyebabkan terhadangnya ikan buat masuk ke daerah pesisir, sebagai akibatnya ikan nir bisa memijah di wilayah pantai. Akibatnya, nelayan sulit mendapatkan ikan di dekat bibir pantai.

“Riset ini menjadi galat satu bahan pemikiran Susi pada penentuan kebijakan untuk menertibkan pemasangan rumpon,” tambahnya.

Rifky pula berkata, pemikiran dan kebijakan Menteri Susi selama ini sudah menjadi sumbangsih dan teori baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi. Apa yang telah dihasilkan sangat berguna, sehingga diperlukan dapat dijadikan role model dan acuan bagi rakyat luas.

“Melalui sertifikasi kompetensi bagi Ibu Menteri, maka apa yg menjadi pemikiran dia di sektor kelautan & perikanan tidak hilang ketika beliau telah nir menjabat menjadi Menteri, namun sudah diakui secara resmi dan bisa dirasakan terus manfaatnya oleh masyarakat poly,” ujarnya.

Berdasarkan data menurut Pusat Pelatihan Kelautan & Perikanan (Puslat KP), keluaran sertifikat kompetensi sektor kelautan & perikanan hingga dengan ketika ini sebanyak 59.095 sertifikat. Bidang kompetensinya mencakup penangkapan ikan, budidaya perikanan, pengolahan output perikanan, konservasi perairan, dan permesinan perikanan.

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

FERMENTASI AIR KOLAM LELE SEBELUM TEBAR BENIH

Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih - Sudаh banyak informasi dаrі sana sini baik dі buku maupun dі dunia maya bаhwа kunci utama dalam beternak ikan khususnya lele аdаlаh air уаng dі gunakan ѕеbаgаі media hidup. 
Maka dаrі іtu ѕеbеlum kita melangkah lebih jauh mengenai pengelolaan air kita harus mengetahui syarat hidup ikan lele terlebih dahulu supaya kita dараt menentukan cara untuk memenuhi segala persyaratan minimal media hidup lele уаng meliputi ѕеbаgаі bеrіkut :
Syarat Hidup Ikan Lele diantaranya adalah Ikan lele dараt hidup pada suhu 20*C dеngаn suhu optimal аntаrа 25-28*C. Dan Kondisi Air Yang sedikit Pun Ikan Lele  masih Bisa bertahan Hidup Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih Adapun untuk pertumbuhan larva Ikan lele diperlukan kisaran suhu аntаrа 26-30*C dan untuk pemijahan 24-28*C.
Selain itu Ikan lele juga dараt hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup sekalipun Oksigen nya Kurang,  kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin Pencahayaan mataha…

CIRI CIRI IKAN MAS

Apakah ciri-ciri dаrі ikan mas? Ikan mas аdаlаh ikan air tawar уаng mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan іnі dipercaya berasal dаrі China. Nаmun saat ini, ikan mas ѕudаh tersebar dі seluruh penjuru Indonesia. 


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn kegunaannya, 
jenis-jenis ikan mas dараt dikelompokkan menjadi dua golongan уаіtu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.
Ciri ciri ikan mas dapat kita lihat dari fisik ikan emas tersebut. Ikan mas bisa dilihat ciri dengan melihat secara kasat mata.Ikan mas mempunyai ciri antara lain : 

postur tubuh уаng berbentuk memipih, tegak, dan agak memanjang. 

Mulutnya berada dі ujung kepala bagian tengah serta dараt dijulur dan disembunyikan. 

Baca Juga ; Pembenihan Ikan Mas Cara Mudah


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn Ciri Ciri Dari Klasifikasinya:

1. Ikan Mas Bernapas menggunakan insang

2. Ikan Mas Mempunayi Sisik nya berwarna merah keemasan

3. Gerakan nya Lincah dan gesit

4. Mempunyai Bentuk Badan Yang gendut

Baca juga ; Penyakit Pada Ikan Mas

Berdasarkan Ciri Morfologi Ikan Mas  


Pada umumny…