Peran Penyuluh Perikanan Untuk Pembangunan

Peran Penyuluh Perikanan Untuk Pembangunan - Seperti kita sadari bersama bahwa pembangunan perikanan di era menteri susi pudjiastuti sedang gencar gencarnya Dan take bisa di tampik untuk membantu para pelaku utama Dan.pelaku usaha perikanan maka peran penyuluh perikanan disini sangat di perlukan.
Penyuluh perikanan adalah ujung tombak dalam pembangunan perikanan. Dan penyuluh perikanan adalah bagiam penting dalam meningkatkan sumber daya manusia kelautan dan perikanan yaitu berperan dalam pemberian pembinaan dan bimbingam terhadapap pelaku usaha perikanan dan pelaku utama perikanan. Tujuan dari peningkatan Sumber daya manusia kelautan dan perikanan antara lain : peningkatan wawasan, pengetahuan perikanan, ketrampilan dan sikap dalam bidang perikanan dan kelautan.

Pembangunan perikanan akan berhasil apabila stakeholders di dalamnya mampu untuk meningkatkan SDM bail teknis maupun non teknis. Selain peningkatan SDM tentunya adanya faktor kerjasama bail penyuluh ke penyuluh maupun penyuluh ke pelaku utama usaha perikanan.

Perlu di ketahui bersama bawa tingkat keberhasilan dari penyuluhan perikanan adalah terjadinya gimbal balik antara penyuluh dan pelaku usaha usaha perikanan. Dan terjadinya perilaku partisipasi aktip dari pelaku usaha perikanan dan pelaku utama perikanan.

Peran Penyuluh Perikanan Untuk Pembangunan

Peran Penyuluh Perikanan Untuk Pembangunan
Sedangkam untuk peranan penyuluh perikanan itu sendiri diantara  dan dapat dijelaskan sebagai berikut :

- Memperkuat Pengembangan perikanan yang maju dan modern dengan tetap memperhatikan keberdayaan, kelesarian dan keberlanjutan Sumber daya ikan yang terjaga.

- Pemerdayaan masyarakat  pelaku utama usaha dan pelaku utama perikanan. Peningkatan kemampuan melalui penciptaan iklim dan kondisi Yang terbilang kondusif, penumbuhan motivasi bail motivasi untuk sukses dalam berusaha dan bergerak di bidang perikanan.

- pengembangan potensi dan pemberin peluang kepada pelaku utama dan pelaku usaha perikanan. Pengembangan potensi bisa bekerja sama dan menerapakan teknologi terapan yang telah di kembangkan oleh balai balai riser teknologi milik kementrian kelautan dan perikanan seperti BBPI Semarang ( milik Dirjen Tangkap )

- Memberikan kepastian hukum bagi pelaku utama dan pelaku usaha perikanan

Dan terakhir untuk bentuk peranan penyuluh perikanan adalah mengembangkan sumber daya manusia perikanan yang maju, propesional, sejahtera sebagai pelaku dan sasaran utama pembangunan perikanan.

Semoga artikel yang sedikit ini bisa memberi manfaat tentang peran penyuluh perikanan dalam pembangunan perikanan.Di artikel Selanjutnya akan kits bahas bersama mengenai tahapan pembangunan perikanan.








close
Peran Penyuluh Perikanan Untuk Pembangunan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

1 komentar:

Mang Lembu said...

semoga pemberdayaan kepada para petani ikan oleh para penyuluh perikanan dapat mensejahterakan masyarakat petani ya mang.

mampir karena kangen sama blogger lawas sambil baca baca
salam sehat dan ceria selalu sepanjang masa ya kang