Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya

jenis arwana serta negara Asalnya - Arwana biasanya hidup di daerah yang beriklim tropis. Kadang keindahan ikan arwana berdasarkan pada warna di sisiknya. Semakin terang warna sisik maka semakin mahal. 

Ikan arwana telah menjadi salah satu komoditas perdagangan perikanan yang sangat menguntungkan , karena permintaan akan ikan arwana tidak hanya pasar dalam negeri tetapi sudah merambah ke pasar luar negeri.

Sebagai pembudidaya ikan arwana setidaknya kita harus mengetahui dan faham akan jenis ikan arwana dan asal negaranya.
Jenis Ikan Arwana Serta Asal Negaranya.

Inilah jenis jenis ikan arwana diantaranya :

A. Arwana asia


Arwana asia
Arwana asia
Diklaim menjadi ikan arwana asia sebab ada di asia tenggara. Terdapat 4 katagori, antara main: indonesian red arwana, indonesia red tail golden arwana, malaysian golden arwana,dan  green arwana.

Sebenarnya mereka satu jenis, hanya varietas atau varian warna tubuhnya saja tidak sama.Ciri khas ikan ini merupakan adanya satu pasang sungut (barbel), bersisik besar  dan  dapat tumbuh sampai 90 cm. 

Ikan arwana muda memakan serangga, sedangkan yang dewasa memakan ikan. Arwana merupakan jenis pengeram telur di verbal menggunakan jumlah  anak sekitsr  50 ekor. Waktu minimal penggadaan populasi kurang lebih 4,5 – 14 tahun.

B. Arwana irian

Ukuran aporisma lebih kurang  1 meter, memiliki  hiasan noktah titik - titik sehingga dianggap  spoted bonytounge. Ikan ini terdapat di sungai fitzroy queensland, australia dan  melimpah pada papua sehingga dianggap arowana irian.

Arwana ini beradapasi  di air menggenang, terutama di anak – anak sungai.Hayati di permukaan sungai dekat vegetasi air. Ikan territorial serta proaktif terhadap ikan lain. Ikan predator serta kawin waktu musim hujan menggunakan suhu 20-30 derajat celcrwana australia

Ukuran maksimal  sekitar  1 meter. Pernah dilaporkan mempunyei berat lebih kurang 12,5 Kilo Gram, hayati pada air menggenang, di anak-anak sungai  dan  rawa-rawa hutan. 

Seperti arwana lain, jenis ini pula hayati di prmukaan sungai dekat vegetasi air. Ikan territorial,agresif terhadap ikan lain. Trend kawin waktu demam isu hujan dengan suhu kurang lebih 30oc. Ikan ini mengerami anaknya di ekspresi.Jumlah telur lebih kurang 30-130 ekor.

C. Arwana brazil silver


Arwana brazil silver
Arwana brazil silver
Mempunyai ukuran maksimal  1,2 meter, berwarna keperakkan (silver) serta sirip-sirip cerah kemerahan. Distribusi serta tempat asal dialam ada pada sungai amazone, rupununi dan  oyapock di amerika selatan.Hayati di air menggenang, pada anak-anak sungai. Hayati dipermukaan sungai dekat vegetasi air, ikan territorial,proaktif terhadap ikan lain.

Ikan ini artinya kelompok predator yg menyerap ikan, udang,reptile,mamalia air,serta serangga menggunakan melompat keluar air.

D. Arwana brazil black


Arwana brazil Black
Arwana brazil Black
Bisa tumbuh hingga 1 meter, berwarna keperakkan (silver) dengan sirip kehitaman.Saat mungil mempunyai gelembung hitam seperti kutil yg di bawah tutup insangnya.

Hayati di sungai negro di amerika selatan.Hidup di air menggenang, sering terdapat dipermukaan sungai dekat vegetasi air. Ikan territorial, proaktif terhadap ikan lain. Ikan predator yang memakan ikan, udang dan  serangga yg ditangkap menggunakan cara melompat keluar dari air.

E. Arwana aureus


Arwana aureus
arwama aureus
Terdapat di indonesia serta layak dianggap menjadi ikan arwana indonesia.Ikan ini baru ditemukan di 2003 sang beberapa ahli ikan dari luar serta dalam negeri. Anak ikan yg terdapat didalam ekspresi induknya bisa mencapai 100 ekor.

Demikian artikel tentang jenis arwana dan asal negaranya semoga memberikan manfaat untuk para pem budidaya ikan arwana

Baca Juga ;
  • Pemijahan Ikan Arwana
  • 9 Jenis Pakan Ikan Arwana
  • Cara Packing Ikan Arwana Untuk Kirim Keluar Kota
  • Dosis Pemberian Pakan Pada Ikan Arwana
  • Penyebab Insang pada Ikan Arwana Melipat
  • Mata Turun Pada Ikan Arwana
  • Penyebab Ikan Arwana Muntah
  • Penyebab Ikan Arwana Putus Sungut
  • Cara Mengatasi Arwana Mogok Makan
  • Cara Mengeluarkan Warna Ikan Arwana Dengan Teknik Tanning
  • Penyebab Arwana Melompak keluar Aquarium
  • Penyakit Dan Mengatasinya pada Budidaya Ikan Arwana
  • Cara Merawat Ikan Arwana Agar Lincah Dan gesit
  • Teknik Sederhana Budidaya Ikan Arwana
  • Perbedaan Ikan Arwana Jantan Dan Betina

Post a Comment

Previous Post Next Post