Budidaya kakap putih

Kakap putih memang tak semahal harga ikan kakap merah. Tetapi pesona dan prospek ekonomis dari ikan kakap putih semakin menarik karena kakap putih bisa di budidayakan. Dan kelebihan lainnya budidaya ikan kakap putih terbilang gampang dan sangat murah.
Habibat dari ikan kakap putih berbeda dengan ikan kakap merah. Kalau kakap merah senang di dasar perairan karang dan di air laut. Ikan kakap putih hidup di air payau dan perairan berlumpur.
Dalam melakukan budidaya ikan kakap putih yang harus di perhatikan diantaranya :
1. Pemilihan lahan
Lahan untuk budidaya ikan kakap putih dianjurkan harus terlindung dari gelombang air laut dan pasang surut yang tinggi. Dan untuk kedalaman lahan yang ideal untuk budidaya ikan kakap putih adalah di kisaran 8-7meter dari surut terendah.
Dan untuk pemilihan lahan juga di usahakan jauh dari sungai langsung. Di khawatirkan air yang terbawa dengan sungai akan membawa bahan tercemar dan bisa mematikan usaha budidaya ikan kakap putih. Pemilihan lahan mempunyai porsi dalam keberhasilan budidaya ikan kakap putih sebesar 20 persen.
2. Pemilihan bibit unggul.
Bibit unggul mempunyai peranan yang sangat tinggi dalam usaha budidaya ikan kakap putih. Dan prosentasi keberhasilannya bisa mencapai 30 persen. Jadi dengan kita mendapatkan bibit unggul setidaknya kita sudah mengantongi 30 persen berhasil dalam usaha budidaya ikan kakap putih.
Untuk mendapatkan bibit unggul kita bisa membelinya di balai balai besar ikan payau yang hampir tersebar di semua wilayah indonesia. Balai balai ini bisa di percaya di karenakan di dalamnya terdapat para peneliti peneliti yang selalu mengawasi dan membuat indukan kakap putih sehingga hasil bibitnya pum terbilang unggul.
3. Perawatan dan pemberian pakan
Sebagai pembudidaya yang handal maka perawatan harus lebih profesional dan pemberian pakan pun setidaknya bisa lebih murah untuk mengurangi biaya produksi. Bagaimanapun juga perawatan dan pemberian pakan juga mempunyai porsi 30 persen untuk keberhasilan dalam bisnis atau usaha budidaya ikan kakap putih.
Pemberian pakan
Ikan kakap putih termasuk ikan karnivora atau memangsa ikan kecil yang lainnya. Dan apabila telat dalam pemberian pakan di khawatirkan masing masing ikan kakap putih akan saling memangsa. Pemberian pakan terhadap ikan kakap putih di utamakan pakan yang mengandung protein tinggi. Kurangi pemberian pakan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti. Lebih diutamakan pemberian pakan berupa pelet. Tetapi sebagai pengusaha maka apabila terus menerus menggunakan pelet maka keuntungan yang akan kita dapat lebih kecil karena biaya produksi membengkak di karenakan harga pelet ikan sangat mahal.
Maka di sarankan agar para pembudiya ikan kakap putih menggunakan ikan ikan rucah sebagai pakan alternatif.
4. Penanganan panen.
Penanganan panen ini mempunai bobot skor dalam usaha budidaya ikan kakap putih sebesar 20 persen. Apabila di tangani dengan baik di saat panen maka pembudidaya ikan kakap putih jelas akan semakin untung.

close
Budidaya kakap putih Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment