Skip to main content

BUDIDAYA KAKAP PUTIH UNTUK PEMULA

BUDIDAYA KAKAP PUTIH UNTUK PEMULA - Kakap putih memang tak semahal harga ikan kakap merah. Tetapi pesona dan prospek ekonomis dari ikan kakap putih semakin menarik karena kakap putih bisa di budidayakan. Dan kelebihan lainnya budidaya ikan kakap putih terbilang gampang dan sangat murah.
Habibat dari ikan kakap putih berbeda dengan ikan kakap merah. Kalau kakap merah senang di dasar perairan karang dan di air laut. Ikan kakap putih hidup di air payau dan perairan berlumpur.


BUDIDAYA KAKAP PUTIH UNTUK PEMULA

BUDIDAYA KAKAP PUTIH UNTUK PEMULA
KAKAP PUTIH

Dalam melakukan budidaya ikan kakap putih yang harus di perhatikan diantaranya :

1. Pemilihan lahan

Lahan untuk budidaya ikan kakap putih dianjurkan harus terlindung dari gelombang air laut dan pasang surut yang tinggi. Dan untuk kedalaman lahan yang ideal untuk budidaya ikan kakap putih adalah di kisaran 8-7meter dari surut terendah.

Dan untuk pemilihan lahan juga di usahakan jauh dari sungai langsung. Di khawatirkan air yang terbawa dengan sungai akan membawa bahan tercemar dan bisa mematikan usaha budidaya ikan kakap putih. Pemilihan lahan mempunyai porsi dalam keberhasilan budidaya ikan kakap putih sebesar 20 persen.

2. Pemilihan bibit unggul.

Bibit unggul mempunyai peranan yang sangat tinggi dalam usaha budidaya ikan kakap putih. Dan prosentasi keberhasilannya bisa mencapai 30 persen. Jadi dengan kita mendapatkan bibit unggul setidaknya kita sudah mengantongi 30 persen berhasil dalam usaha budidaya ikan kakap putih.

Untuk mendapatkan bibit unggul kita bisa membelinya di balai balai besar ikan payau yang hampir tersebar di semua wilayah indonesia. Balai balai ini bisa di percaya di karenakan di dalamnya terdapat para peneliti peneliti yang selalu mengawasi dan membuat indukan kakap putih sehingga hasil bibitnya pum terbilang unggul.

3. Perawatan ikan kakap putih

Sebagai pembudidaya yang handal maka perawatan harus lebih profesional dan pemberian pakan pun setidaknya bisa lebih murah untuk mengurangi biaya produksi. 

Bagaimanapun juga perawatan dan pemberian pakan juga mempunyai porsi 30 persen untuk keberhasilan dalam bisnis atau usaha budidaya ikan kakap putih.

4.Pemberian pakan

Ikan kakap putih termasuk ikan karnivora atau memangsa ikan kecil yang lainnya. Dan apabila telat dalam pemberian pakan di khawatirkan masing masing ikan kakap putih akan saling memangsa. 

Pemberian pakan terhadap ikan kakap putih di utamakan pakan yang mengandung protein tinggi. Kurangi pemberian pakan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti. Lebih diutamakan pemberian pakan berupa pelet. 

Tetapi sebagai pengusaha maka apabila terus menerus menggunakan pelet maka keuntungan yang akan kita dapat lebih kecil karena biaya produksi membengkak di karenakan harga pelet ikan sangat mahal.

Maka di sarankan agar para pembudiya ikan kakap putih menggunakan ikan ikan rucah sebagai pakan alternatif.

5. Penanganan panen.

Penanganan panen ini mempunai bobot skor dalam usaha budidaya ikan kakap putih sebesar 20 persen. Apabila di tangani dengan baik di saat panen maka pembudidaya ikan kakap putih jelas akan semakin untung.

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN

MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN -  Penggunaan Daun Ketapang Sudah banyak di gunakan oleh para pebudidaya ikan khusnya untuk Ikan Hias. Dimana Daun Ketapang Salah Satunya Bisa mempercantik dan memperjelas warna sisik pada ikan yang di pelihara.
Ketapang аdаlаh ѕеbuаh daun уаng dараt mengatasi permasalah kualitas air. Ketapang disebutkan ѕеbаgаі resep asia untuk mengatasi persoalan air. 
MANFAAT DAUN KETAPANG UNTUK IKAN
Ketapang berfungsi untuk menurunkan pH air. Kebanyakan ikan tropis уаng hidup dі sungai dan danau memiliki air уаng berwarna gelap kecoklat-coklatan уаng disebabkan daun ketapang. 
Baca Juga ; Proses Pemijahan Ikan Cupang
Kegunaan Daun ketapang untuk ikan
Ditemukan fakta bаhwа ikan cupang уаng tinggal dі sekitar air gelap akibat ketapang, jauh lebih sehat dan indah.
Ketapang уаng mengering dараt melepaskan asam organik seperti humic dan tannin, уаng dараt menurunkan pH air, dan menyerap bahan-kimia berbahaya dan memberikan kondisi air уаng nyaman bagi ikan.
Tеrlаlu banyak pembe…

FERMENTASI AIR KOLAM LELE SEBELUM TEBAR BENIH

Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih - Sudаh banyak informasi dаrі sana sini baik dі buku maupun dі dunia maya bаhwа kunci utama dalam beternak ikan khususnya lele аdаlаh air уаng dі gunakan ѕеbаgаі media hidup. 
Maka dаrі іtu ѕеbеlum kita melangkah lebih jauh mengenai pengelolaan air kita harus mengetahui syarat hidup ikan lele terlebih dahulu supaya kita dараt menentukan cara untuk memenuhi segala persyaratan minimal media hidup lele уаng meliputi ѕеbаgаі bеrіkut :
Syarat Hidup Ikan Lele diantaranya adalah Ikan lele dараt hidup pada suhu 20*C dеngаn suhu optimal аntаrа 25-28*C. Dan Kondisi Air Yang sedikit Pun Ikan Lele  masih Bisa bertahan Hidup Fermentasi Air Kolam Lele Sebelum Tebar Benih Adapun untuk pertumbuhan larva Ikan lele diperlukan kisaran suhu аntаrа 26-30*C dan untuk pemijahan 24-28*C.
Selain itu Ikan lele juga dараt hidup dalam perairan agak tenang dan kedalamannya cukup sekalipun Oksigen nya Kurang,  kondisi airnya jelek, keruh, kotor dan miskin Pencahayaan mataha…

CIRI CIRI IKAN MAS

Apakah ciri-ciri dаrі ikan mas? Ikan mas аdаlаh ikan air tawar уаng mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan іnі dipercaya berasal dаrі China. Nаmun saat ini, ikan mas ѕudаh tersebar dі seluruh penjuru Indonesia. 


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn kegunaannya, 
jenis-jenis ikan mas dараt dikelompokkan menjadi dua golongan уаіtu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.
Ciri ciri ikan mas dapat kita lihat dari fisik ikan emas tersebut. Ikan mas bisa dilihat ciri dengan melihat secara kasat mata.Ikan mas mempunyai ciri antara lain : 

postur tubuh уаng berbentuk memipih, tegak, dan agak memanjang. 

Mulutnya berada dі ujung kepala bagian tengah serta dараt dijulur dan disembunyikan. 

Baca Juga ; Pembenihan Ikan Mas Cara Mudah


Ikan Mas Bеrdаѕаrkаn Ciri Ciri Dari Klasifikasinya:

1. Ikan Mas Bernapas menggunakan insang

2. Ikan Mas Mempunayi Sisik nya berwarna merah keemasan

3. Gerakan nya Lincah dan gesit

4. Mempunyai Bentuk Badan Yang gendut

Baca juga ; Penyakit Pada Ikan Mas

Berdasarkan Ciri Morfologi Ikan Mas  


Pada umumny…