Budidaya Ikan Emas, Semakin Mengkilap

Ikan Emas ini merupakan salah satu dari jenis Ikan Air tawar yang sudah tisak asing lagi dan banyak dibudidayakan oleh para petani dan masyarakat lainnya terutama yang memiliki Hoby atau juga sebgai usaha Bisnis untuk mencari dan menambah Pendapatan. Usaha Budidaya Ikan Emas yang dilaksanakan oleh Masyarakat kita juga banyak jenisnya. Mereka masyarakat kita mengusahakan Budidaya Ikan Emas karena Ikan ini banyak disukai oleh Konsumen karena Rasanya yang enak dan nikmat sehingga harga jualnyapun cukup menggembirakan.
Ikan Mas ini  hidup disuatu perairan bebas pada sungai berarus tenang sampai sedang dan area perairan air tawar lainnya, seperti di pinggiran sungai, danau dan waduk. Ikan ini menempati perairan dengan kedalaman yang dangkal sampai sedang, dapat hidup dan berkembang biak diwilayah perairan dengan ketinggian 150--600 meter di atas permukaan air laut (dpl) dan pada suhu 25-30° C. Ikan Mas menyukai perairan yang agak hangat dan keruh yang banyak menyediakan pakan alami. Meskipun tergolong ikan air tawar, ikan mas kadang-kadang ditemukan di perairan payau atau muara sungai yang bersalinitas (kadar garam) 25-30%o.

 Tempat yang paling disukai oleh Ikan emas ini biasanya pada suatu perairan yang sifatnya Tawar di area kecil namun cukup dalam dan tempatnya agak terlindung oleh pohon yang rindang juga banyak ditemui dipinggiran sungai yang banyak pelindung termasuk juga di danau yang banyak ditumbuhi pohon teratai. Ikan ini memang suka pada keadaan yang demikian dikarenakan tempat seperti itu banyak ditemukan berbagai makanan alami baik plankton zooplangton maupun phytoplankton disamping sebagai tempat untuk memijah.

karena sifatnya yang demikian dan rasanya juga nikmat sehingga Ikan ini banyak disukai oleh masyarakat sebagai konsumen. Oleh Karena itu Budidaya Ikan emas sangat baik dan merupakan peluang yang sangat tepat dalam menghadapi situasi jaman sekarang akibat kenaikan BBM pada beberapa hari yang lalu. Untuk anda yang sedang mengalami kesulitan dalam meningkatkan perekonomian atau penoingkatan pendapatan keluarga maka budidaya Ikan Emas sangat menjanjikan.


Ikan emas juga jenisnya bermacam macam yaitu Ikan emas Konsumsi dan juga Ikan emas hias. Ikan emas konsumsi terdiri dari 

1. Ikan Mas Punten
 2. Ikan Mas Sinyonya atau Putri Yogya 
3. Ikan Mas Taiwan 
4. Ikan Mas Merah 
5. Ikan Mas Majalaya 
6. Ikan Mas Yamato 
7. Ikan Mas Lokal  dll

sedangkan Ikan Emas Hias terdiri dari
1. Ikan Mas Kumpay 
2. Ikan Mas Kancra Domas 
3. Ikan Mas Kaca 
4. Ikan Mas Fancy 
5. Ikan Mas Koi  dan masih banyak lagi

Karena masyarakat Indonesia dan luar negeri juga suka dengan Ikan Emas baik sebagi konsumsi maupun untuk hiasan maka kesempatan untuk melakukan Budidaya sebagai usaha meningkatkan pendapatan ini sangat cocok bila kita lakukan


Demikan dan salam..................

Related Posts:

3 Responses to "Budidaya Ikan Emas, Semakin Mengkilap"

Saud Karrysta said...

Salam Malam Pak PP. Dengan niknya BBM Pasti sedikit membebani untuk laju nya dalam perikanan apa giman tuh Pak?

Saud Karrysta said...

Asyik nih bisa dapat Pertamax disini

Runny hiany said...

Keren pak...