Menangkap Ikan dengan Long Line

Menangkap ikan adalah salah satu mata pencaharian bagi nelayan. Kita sudah bisa membedakan bagaimana menangkap Ikan dengan Purse seine dan Juga Gillnet. Untuk Postingan sekarang ini kita akan membicarakan bagaimana asyiknya menangkap Ikan dengan menggunakan Long line. 

Dalam menangkap Ikan yang sudah kita bicarakan pada sebelumnya soal menangkap Ikan dengan Purse seine itu enaknya kita bisa menggunakan Gerombolan Ikan dengan Media Rumpon yang selebihnya gerombolan ikan tertangkap dengan kantong Purse seine, sedangkan pada Gillnet adalah memasang jaring yang prinsipnya Ikan tertangkap karena terjerat melalui jaring terpasang. nah pada kesempatan ini kita bahas sedikit soal menangkap Ikan dengan Long Line.
Menangkap Ikan dengan Long Line ini prinsipnya Ikan dapat memakan Umpan yang kita pasang sedemikian Rupa sehingga Ikan memakannya, tidak lepas dari mata pancing , akhirnya ikan dapat tertangkap. Long berarti panjang sedangkan Line adalah Tali pancing jadi Long line adala tali yang panjang dan diatur sedemikian rupa dan terdapat pancing sesuai dengan kemampuan Target sasaran ikan kita..
 
Long line memang banyak digunakan oleh kapal Perusahaan besar dan pada umumnya sasaran penangkapan ini adalah Ikan Tuna sehingga dibutuhkan mata pancing dan tali yang sangat panjang bahkan bisa mencapai 300 km panjangnya dan biasa itu dilakukan pada wilayah samudra. Long line juga jenisnya banyak mulai dari kapal sederhana yang cukup hingga kapal besar. Pada kapal kecil atau menengah mungkin itu dengan menggunakan Rawai biasanya sasaran target penangkapannya adalah jenis ikan cakalang tapi apabila ukuran kapal dan jangkauan operasionalnya besar baru kapal besar yang namanya Long line Tuna sedangkan target sasarannya adalah ikan Tuna.

Pada saat melakukan Operasi penangkapan menggunakan long line bisa memakan waktu nunggu cukup lama antara 5-8 jam dan saat penurunan pancing biasanya dilakukan di belakang atau buritan kapal sedangakan waktu penarikan dapat dilakukan di depan kapal.

Wilayah Operasi penangkapan long line Untuk ikan tuna jenis southern bluefin berada di selatan Jawa (Samudra Hindia), untuk tuna jenis albacore, yellowfin, bigeye dan longtail hampir menyebar mulai dari perairan Indonesia bagian Utara sampai ke selatan

Memancing Ikan dengan menggunakan Long Line ini merupakan alt tangkap yang modern dan waktunya cukup lama pada perusahaan biasanya kelengkapan kapal cukup lengkap dan memadahi sehingga seluruh pekerjaan ini cepat walaupun panjang talinya

Related Posts:

1 Response to "Menangkap Ikan dengan Long Line"

okeball 38 said...

sippp nih perikanan indonesia maju terus