Menangkap Ikan dengan Gill-Net

Kalau sebelumnya kita sudah membicarakan soal asyiknya menangkap ikan dengan alat tangkap Pursei seine dan untuk kesempatan ini saya akan sedikit membicarakan soal penangkapan ikan dengan menggunakan alat Tangkkap Gillnet. Alat penangkapan Ikan Gillnet ini tidak sama dengan Purse seine. kalau Purse seine prinsipnya menangkap ikan dimana ikan sedang bergerombol yang sedang berada didalam rumpon Namun pada penangkapan ikan dengan Menggunakan alat Gillnet ini prinsipnya adalah membentangkan jaring dimana ikan yang ada disekitar tempat tersebut terjerat oleh Jaring pada insangnya sehingga Ikan tidak akan bisa lolos dari jaring tersebut yang selanjutnya Gillnet ditarik ke kapal kemudian ikan diambil sebagai hasil produksinya.



Alat tangkap Gillnet ini memnag sudah banyak dilakukan oleh Para Nelayan baik nelayan Tradisional maupun Nelayan Modern dan biasanya alat tangkap ini tidak membutuhkan besar kecilnya kapal kapasitas ukuran kapal juga sangat menentukan disamping lebar atau besar kecilnya mata jaring akan sangat mempengaruhi jenis ikan apa yang menjadi Target bagi penangkapan.

Alat tangkap ini sangat banyak dan pada umumnya semua kapal perikanan memiliki alat ini karena fungsinya alat tangkap dengan jenis Gill-net ini sangat berguna.  Gill-net termasuk jenis alat tangkap perikanan yang lumayan bagus walaupun sifatnya menunggu Namun Produksinya sangat menentukan dan itu tergantung pada Potensi Daerah serta Fishingground yang akan kita tuju sebagai sasaran Daerah Penangkapan.
Dalam Proses Penangkapan Ikan dengan Gill-net ini juga diperlukan ketrampilan untuk mengetahui arah arus maupun angin perlu diperhitungkan sesuai dengan karakteristik ikan sehingga ikan dapat tertangkap dengan mudah. Ini sebenarnya pekerjaan yang sangat menyenangkan dan asyik karena kita bisa menangkap ikan dengan mudah dan banyak tanpa harus melalui sistim budidaya yang memerlukan modal cukup besar. Inilah salah satu kasih sayang Tuhan Yang maha Kuasa begitu banyaknya Ia Menciptakan jenis Ikan untuk keperluan manusia. Maka syukurilah semua itu agar kenikmatan kita juga bertambah oleh yang Kuasa.

Memang untuk menangkap ikan ini caranya berbeda beda dan juga alat tangkap ikan pun bermacam macam jumlahnya namun itu semua disesuaikan dengan selera kita juga tergantung target daripada sasaran ikan yang akan kita tangkap berdasarkan ukuran dan jenis ikannya.
Jadi Jenis Alat tangkap Gillnet ini juga spisefikasinya tergantung kita yang akan menggunakannya mulai dari Gilnet permukaan, gillnet pertengahan dan Gillnet dasar. 
Yuk Kita menangkap Ikan

close
Menangkap Ikan dengan Gill-Net Rating: 4.5 Diposkan Oleh: RUSTADI MM

0 komentar: